Thursday 28 May 2015

Diklat Pembuatan Pupuk Organik _ Khayalan warga Desa Kembangan

image koleksi desa kembangan
Indonesia sehat , jawa sehat , jawa timur sehat , Lamongan sehat , kec, sekaran sehat dan juga Desa Kembangan sehat itu semua karena warganya sehat , sehat yang meliputi jasmani dan rohani , tetapi sepertinya sehat ekonomi yang paling diharap para pembaca ,. hehehe

Hal ini mungkin masalah sepele tetapi bila tidak ada perhatian khusus maka bisa menjadi hal yang patut di pikirkan keras , dan cost -nya (biaya) akan menjadi jauh lebih mahal.

Dalam suatu kesempatan  komen di grup CDK , Bpk Syarif Hidayat mengajak petani Desa Kembangan untuk membangun diklat pembuatan pupuk organik , berikut kutipannya : "piye yo kalo diadain diklat pembuatan pupuk organik untuk konco - konco / teman - teman petani? Kiro - kiro gelem po ra yo?".

Menurut beliau diharapkan teman - teman petani bisa meningkatkan kualitas produk taninya, dengan cara berorganik ( Kembali kealam ). Agar bisa membuat pupuk secara mandiri , ketika petani yang lain pada bingung mendapatkan pupuk , petani yang tergabung dalam diklat sudah bisa membuat pupuk sendiri sehingga tidak perlu bingung lagi yang mana bahan bakunya di ambil dari lingkungan sekitar.


Terlebih pada kualitas produk, diharapkan akan lebih baik, baik itu kualitas secara ekonomis maupun praksis ( di konsumsi langsung) . Karena kenyataanya produk - produk pertanian kita kurang mendapat respon yang baik dari pasar international , itu semua di sebabkan kandungan risedunya terlalu tinggi kalau di konsumsi oleh manusia dan lambat laun akan membahayakan kesehatan.

Sehingga timbul pertanyaan , Mengapa tidak mendapat respon yang baik ? ya karena pola tanamannya mash di dominasi oleh pupuk kimia / pupuk instan , memang menghasilkan kuantitas produk yang  tinggi dan waktu panen juga relatif lebih singkat tetapi sayangnya harga jual dan kualitasnya sangat rendah.



Padahal di negara - negara maju sudah mengembangkan pola tanam organik untuk melindungi bangsanya dari racun - racun yang berada dimakanan yang di konsumsi oleh bangsanya , sementara di kita malah sebaliknya ,  konon dari cerita orang - orang tua bahwa nenek moyang kita dulu kalau menanam juga menggunakan pola organik sehingga sehat - sehat . Karena desakan ekonomi maka warisan nenek moyang dulu sekarang sudah hilang dimata anak turunnya.

" warisan tandur ala organik mungkin wes gak payu, saiki sing payu adalah warisan batu akik .......peace ! " celotehnya lagi di suatu komen CDK.

" Mungkin ini bisa jadi salah satu cara perpaduan dalam memahami agama (ibadah ritual & ibadah sosial) dengan menggunakan ayat - ayat kauliyah dan dalil ayat - ayat kauniyah " ...Tambahnya seraya berharap terbentuknya Diklat Pembuatan Pupuk Organik .


Tambahan dari admin Yang tidak kalah bermanfaat adalah jika sudah terealisasi diklat tersebut , mungkin hasil dari kegiatan  warga  petani desa kembangan yang ikut tergabung , dengan manejemen yang solit baik ikut menajemen lumbung pangan atau di bentuk manajemen tersendiri. bisa menjadi pendapatan mandiri desa dari penjualan stok pupuk yang berlebih yang di produksi oleh kawan - kawan petani yang tergabung dalam diklat.

Itulah sumbangsi warga desa kembangan bermula dari khayalan , semoga bisa direalisasikan karena manfaatnya sangat banyak ,. dari penghematan biaya bertani , kesehatan , kualitas produk, kebersamaan dalam satu kegiatan warga dan lain - lain. 

Ayo merapat , para perangkat desa , dan juga penyulu kegiatan , serta juga calon peserta diklat , mari bangun desa kembangan di mulai dari kesadaran hidup sehat . semoga terealisasi , amiiin

Penulis : Admin Desa kembangan
Ide Gagasan : di kutip dari the coment CDK , Syarif Hidayat.
Lainnya : 

No comments:

Post a Comment