Friday 29 May 2015

KEUTAMAAN BULAN SYA'BAN


السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Sebelum saya sampaikan tentang keutamaan bulan sya'ban kita harus tahu dulu apakah bulan sya'ban itu, dan mengapa dinamakan bulan sya'ban?

Bulan sya'ban merupakan bulan yang ke-8 dalam perhitungan kalender Hijriyah ( sebagai muslim kita harus tahu nama-nama bulan dalam kalender hijriyah yaitu : 1. Muharrom  2. Shofar 3. Robi'ul Awwal 4. Robi'ul Akhir 5. Jumadil Ula 6. Jumadits Tsaniyah 7. Rojab 8. Sya'ban 9. Romadlon  10. Syawwal  11. Dzul Qo'dah  12. Dzul Hijjah ) , dan mengapa dinamakan bulan sya'ban? Dalam sebuah hadits Rosulullah SAW. mengatakan bahwa disebut bulan Sya'ban adalah karena di dalam bulan tersebut ada banyak kebaikan yang bercabang-cabang.

Bila dibandingkan dengan bulan - bulan hijriyah yang lain bulan sya'ban adalah bulan yag sangat mulya, Rosulullah SAW. bersabda:

فضل شعبان على سائرالشهوركفضلي على سائرالأنبياءوفضل رمضان على سائرالشهوركفضل الله على عباده

Artinya: Keutamaan bulan Sya'ban melebihi bulan-bulan yang lain adalah seperti keutamaanku (Rosulullah SAW) mengalahkan Nabi - Nabi yang lain, dan keutamaan bulan Romadlon mengalahkan bulan - bulan yang lain adalah seperti keutamaan Allah SWT. mengalahkan hamba - hambaNya.

Ada beberapa hal yang menjadikan bulan Sya'ban itu mempunyai keutamaan melebihi bulan - bulan yang lain yaitu antara lain:
  1. Merupakan bulan diangkatnya semua amal hamba - hamba Allah ke langit.
  2. Diriwayatkan dari Anas RA,  bahwa Allah SWT. menjadikan sebuah lautan dari cahaya kemudian menjadikan sorang malaikat yang mempunyai dua sayap, sayap yang satu berada di barat dan sayap yang satu lagi berada di timur, kepalanya berada di bawah arasy dan ke dua kakinya berada di bumi tingkat ke tujuh, Apabila ada orang membaca sholawat kepada Rosulullah di bulan sya'ban, maka Allah SWT memerintahkan Malaikat tersebut menyelam ke dalam lautan, kemudian setelah malaikat tersebut keluar dari laut dia akan mengepakkan ke dua sayapnya dan setiap tetesan dari air yang keluar dari ke dua sayap Malaikat tersebut akan dijadikan Seorang Malaikat oleh Allah SWT, dan Malaikat tersebut akan memohonkan ampunan untuk orang yang membaca sholawat di bulan Sya'ban sampai hari kiamat.
  3. Di dalam bulan Sya'ban terdapat malam yang sangat mulia yang disebut dengan malam nisfu Sya'ban yaitu malam ke lima belas atau malam bulan purnama, dalam kitab Durotun Nashihin diterangkan bahwa tidak ada malam yang paling mulya sesudah malam Lailatul Qodar melebihi malam Nisfu Sya'ban.
Malam Nisfu Sya'ban merupakan malam dibukanya pintu - pintu langit dan dibukanya tiga ratus pintu rohmat, malam diampuninya semua orang selama dia tidak menyekutukan Allah SWT dengan sesuatu apapun, namun demikian ada beberapa golongan yang tidak diampuni oleh Allah SWT, pada malam Nisfu Sya'ban kecuali bila golongan tersebut mau bertobat dan meninggalkan kebiasaan jelek mereka.

Golongan yang tidak mendapatkan pengampunan pada malam Nisfu Sya'ban sebelum bertobat dan meninggalkan perbuatan jeleknya adalah:  1. Tukang Sihir 2. Tukang Ramal 3. Orang yang Saling dendam 4. Peminum Khomr  ( Pemabuk ) 5. Pezina 6. Pemakan riba 7. Orang yg durhaka kepada kedua orang tua 8. Tukang adu domba dan  9. Pemutus tali persaudaraan, semoga kita tidak termasuk dari ke sembilan golongan tersebut,  Amin.

Begitu mulyanya malam Nisfu Sya'ban karena itu marilah kita hidupkan malam Nisfu Sya'ban dengan banyak berdzikir,  membaca sholawat dan kebaikan - kebaikan yang lain, karena Rosulullah SAW. bersabda: 

من أحياليلة العيدين وليلةالنصف من شعبان لم يمت قلبه حين يموت القلوب

Artinya: barang siapa mau menghidupkan malam dua Hari Raya ( Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha ), dan malam Nisfu Sya'ban maka hatinya tidak akan mati ketika banyak hati yang mati.

Demikian semoga bermanfaat, Amin

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Penulis  :  Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber : درة الناصحين  karya : Syaikh Utsman bin Hasan bin Ahmad Asy Syakir

No comments:

Post a Comment