Monday 1 June 2015

Tanaman Obat Keluarga (TOGA)


Masih di galaksi yang sama , di bumi tercinta nan hijau ini , kita masih di beri kesehatan sampai detik ini untuk menghirup udara yang gratis  ,., Alhamdulillahi robbil Alamiin,. ucap syukur kita Kepada Allah SWT ,.

Pernah kita berhayal untuk hijauh dan sejukkan desa kita yang di kemas dalam artikel yang berjudul " Keindahan dan kesejukan di sepanjang jalan desa kembangan " ..  Namun khayalan itu sampai sekarang sepertinya belum sepenuhnya terwujud ., karena menghayal itu gratis tidak membutuhkan biaya ,., jadi mari kita berhayal lagi menuju kebaikan bersama .. hehehe

Pada halaman kali ini , mari kita lanjutkan berhayal ,., ide khayalan kali ini keluar dari setelah admin memantau aktifitas grup Cangkru'e Desa Kembangan ,. disana  Bapak syarif Hidayat mengajak warga desa kembangan pada khususnya agar menjadi warga yang mandiri ,. tidak terlalu bergantung pada pemerintahan pusat. 

Ajakan dari suami mbak Usdiana (RT 2) itu sungguh mulia,. dan baik jika diterapkan ,. pasalnya ide cemerlang itu mengajak warga menanam " Tanaman Obat Keluarga " ,., jadi jika di sekeliling rumah sendiri sudah ada obat - obatan maka tidak lagi bergantung pada Kartu Sehat / Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

TOGA , dan tanaman BUNGA sama - sama bermanfaat ,., tinggal di lihat dari segi mana pemanfaatannya ,. intinya semua yang di ciptakan Allah SWT dimuka bumi ini sebenarnya semua bermanfaat kita harus menyakini itu,., bahkan bakteri sekalipun masih memiliki manfaat..  mungkin nalar kita saja yang belum mengetahui semua. Mungkin admin bisa sedikit menggambarkan keduanya dalam manfaat TOGA dan BUNGA bagi kehidupan manusia.

Tanaman Obat keluarga yang di tanam di sekeliling rumah , konon mampu mengobati segala penyakit bahkan penyakit - penyakit yang kronis sekalipun tergantung jenis tanaman obat yang ditanam ,. tetapi kembali lagi , hanya Allah SWT yang mampu menyembuhkan segala penyakit.

Tanaman bunga atau sejenisnya ,. mungkin berperan untuk mengobati otot - otot yang tegang pada syaraf - syaraf setiap manusia. warna - warninya memberi sentuhan tersendiri alami tanpa paksaan ,,. sedikit mengagumi lekukan bunga keelokan warna seraya mengagumi ciptaan Allah SWT sehingga mempertebal iman islam kita,. dan tanaman hijauh lainnya memberi nada yang fress , udara yang sejuk mendorong kita untuk selalu berfikir positif ,.,

Itulah sedikit gambaran TOGA dan tanaman BUNGA ,.,  si penghayal tidak memaksakan kepada si pembaca untuk memasuki dunia TOGA atau dunia yang penuh bunga ,., tetapi saran si penghayal ,. masuki keduanya karena masing - masing mempunyai manfaat baik untuk kita semua.

Kembali kejudul ,. Tanaman Obat Keluarga (TOGA) ,. merupakan hasil budi daya rumahan yang di hasilkan dari penanaman tanaman yang berhasiat sebagai obat obatan. bisa di tanam di ladang , kebun , atau sepetak tanah. budidaya TOGA sendiri memiliki tujuan untuk mencukupi ketersediaan obat -obatan yang dibutuhkan keluarga yang di hasilkan secara mandiri ,., tidak menggantungkan obat - obatan baik dari pemerintah atau suasta (warungan).

Dibawah ini beberapa macam - macam tanaman obat keluarga ,.sebagai contoh , mungkin pembaca bisa menambahkan sendiri karena banyak sekali jika di ketik semua ,., ( takut pretel jari ini ) hehehe

  1. Yodium : Rekomendasi tanaman obat pertama ini sangatlah berkhasiat untuk menyembuhkan luka terkena benda tajam ,. bahkan koreng sekalipun.
    image pinjam mbah google
  2. Seledri : Seledri di gunakan untuk mengobati hipertensi ( darah tinggi ).
    image pinjam mbah google
  3. Blimbing :Manfaatnya  sama dengan manfaat seledri
    image pinjam mbah google
  4. Kelor : Daun kelor di gunakan untuk menurunkan suhu badan ( awak panas ) ,., bahkan ada yang bilang menyembuhkan non medis seperti sawanen ,.,
    image pinjam mbah google
  5. Bayam :Mengatasi anemia ,.,
    image pinjam mbah google
  6. Kangkung : Membantu anda yang susah tidur ,.
    image pinjam mbah google
  7. Temu lawak : Memiliki banyak manfaat , dari penyakit kuning , perut kembung sampai kekebalan tubuh (imunitas).
    image pinjam mbah google
  8. Jahe : Menghilangkan batuk , masuk angin,  kepala pusing ,. ada satu zat dalam jahe yang konon memperlambat penuaan , dan menghambat oksidasi kolestrol.
    image pinjam mbah google
  9. Bawang Putih : Hampir seperti temu lawak memiliki banyak manfaat dari flu , batuk , bahkan bisa membunuh bakteri dan virus dalam tubuh.
    image pinjam mbah google
  10. Kunyit / kunir : Meredahkan sakit mag , Menyembuhkan batuk , menyembuhkan amandel . menghambat pertumbuhan tumor, menyembuhkan jerawat , memperlancar asi, mengurangi bau amis saat menstruasi dan meredahkan sakit saat menstruasi .
    image pinjam mbah google
  11. Mengkudu : Memiliki anti oksidan yang tinggi , dan memiliki kandungan nutrisi yang di butuhkan tubuh sangat cukup , seperti vitamin , protein dan mineral penting. dan masih banyak manfaatnya.
    image pinjam mbah google
  12. Gingseng : Memperbaiki aliran darah merah serta meningkatkan sel darah merah dan memperkuat daya tubuh
    image pinjam mbah google
  13. Manggis :Untuk mengatasi diare dan mebgurangi keracunan makanan
    image pinjam mbah google
  14. Kemangi : Lalapan yang bisa biasa di pecel lele ini ,. berkhasiat untuk mengobati infeksi pada pencernaan.
    image pinjam mbah google
  15. Daun jambu : Menyembuhkan diare ( mencret - mencret ) ,. hehehe
    image pinjam mbah google
Itulah sedikit gambaran dan contoh tanaman obat keluarga , silahkan mencari refrensi lain selain contoh di atas yang cocok ditanam di sekitar rumah kita,. Rumusan obat - obat yang di kemas sebenarnya mempelajari alam dalam mencari rumusan , sehingga menjadi formula untuk obat - obat tertentu. jadi sebenarnya sama saja obat yang dijual diapotik - apotik dengan apa yang kita khayalkan kali ini, tanaman obat di sekitar rumah kita, alangkah indah dan hebatnya jika desa kita menerapkannya di setiap rumah. hehehe. . Semoga bermanfaat untuk pembaca . oia bagi yang tidak punya lahan tanam (tanah) sama sekali biasanya warga yang merantau kekota,, cara tanam hidroponik (pot tanpa tanah ) mungkin bisa menjadi alternatif media tanam. sekian dan terimaksh , semoga kita dihindarkan dari segala penyakit , terutama penyakit hati. amiiiin

Penulis : Admin Desa kembangan
Ide Gagasan : di ambil dari posting di CDK , Syarif Hidayat.

4 comments:

  1. Admin tolong disertai gambarnya biar lebih jelas

    ReplyDelete
  2. hehe .,, kalau gambar bisa di cari di mbah google banyak peng ,., tapi nanti saya usahakan ,., tak kasih gambar secepatnya hehehe,.,

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah sudah tak tambahkan gambarnya,.,

    ReplyDelete