Friday 6 November 2015

LIMA KEMULIAAN ORANG YANG MENJAGA SHOLAT LIMA WAKTU


Masih dalam balutan keguyupan warga desa kembangan, dan manfaat mimbar dakwa cangkru'e desa kembangan , pada kesempatan kali ini Ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur akan menyampaikan kemasan yang berjudul "LIMA KEMULIAAN ORANG YANG MENJAGA SHOLAT LIMA WAKTU".

Monggo sareng - sareng ngaos bersama Ustadz Yusron Hasan. mboten aras - arasen maos nggeh , , ,. monggo !!
 
السلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته


عن النبي صلى اللّٰه عليه وسلم أنه قال: من حافظ على الصلاة اكرمه اللّٰه بخمس خصال: يرفع عنه ضيق العيش وعذاب القبر ويعطي كتابه بيمينه ويمر على الصراط كالبرق ويدخل الجنة بغير حساب
 
Dari Hadits di atas dapat diambil sebuah pelajaran bahwa orang yang menjaga sholat lima waktu itu akan diberi lima kemuliaan oleh Allah SWT.

1. Dihilangkan darinya kesempitan dalam hidup

Hidup sempit itu bukan berarti tidak punya harta tapi bisa juga banyak harta namun tidak ada ketetraman dalam hidupnya, sedagkan orang yang selalu menjaga sholat lima waktu hidupnya akan diliputi ketenangan sekalipun terkadang hidup dalam kesederhanaan.

2. Dibebaskan dari siksa kubur

Kubur merupakan permulaan kehidupan akherat karena itu bila seseorang selamat dari siksa di alam kubur maka dia akan selamat besuk di akherat, begitu pula sebaliknya bila seseorang disiksa di alam kubur maka di akherat siksaannya akan lebih pedih karena itu bila kita ingin bebas dari siksa kubur dan juga bebas dari siksaan di akherat maka kita harus senantiasa menjaga sholat lima waktu.

3. Akan diberikan catatan amalnya dengan tangan kanan

Ada tiga macam cara manusia dalam menerima catatan amal besuk di padang mahsyar yaitu: dengan tangan kanan, dengan tangan kiri dan dari belakang punggung dengan tangan kiri menembus dada, bagi mereka yang menerima catatan amal dengan tangan kanan adalah termasuk orang yang beruntung sedangkan bagi mereka yang menerima catatan amal dengan tanga kiri atau dari belakang punggung adalah termasuk golongan orang yang celaka. Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al Insyiqoq ayat 7 s,d 12

فَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ بِيَمِينِهِ

فَسَوْفَ يُحَاسَبُ حِسَابًا يَسِيرًا

وَيَنقَلِبُ إِلَى أَهْلِهِ مَسْرُورًا

وَأَمَّا مَنْ أُوتِيَ كِتَابَهُ وَرَاءَ ظَهْرِهِ

فَسَوْفَ يَدْعُو ثُبُورًا

وَيَصْلَى سَعِيرًا

Artinya:

Adapun orang yang diberikan kitabnya dari sebelah kanannya
maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah,
dan dia akan kembali kepada kaumnya (yang sama-sama beriman) dengan gembira.ِ
Adapun orang-orang yang diberikan kitabnya dari belakang,
maka dia akan berteriak: "Celakalah aku".
Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).
4. Akan berjalan di atas shiroth secepat kilat

Shiroth merupakan jembatan yang terbentang di atas neraka jahannam, terbuat dari bulu mata Malaikat Malik, lebih tajam dari pada pedang, jembatan tersebut panjangya tiga ribu tahun perjalanan dan ada yang mengatakan lima belas ribu tahun perjalanan, semua orang akan melewati jembatan tersebut untuk menuju ke sorga, untuk orang kafir mereka akan tergelincir ke neraka sedangkan untuk orang beriman sebagian selamat dan sebagian tergelincir, dalam melewati shiroth perjalanan orang berimanpun berbeda-beda , ada yang berjalan secepat kilat, ada yang berjalan seperti angin yang menyambar, ada yang berjalan seperti kuda lari kencang, ada yang berlari, ada yang berjalan santai bahkan ada yang merangkak, dan orang yang selalu menjaga Sholat lima waktu akan berjalan secepat kilat.

5. Akan dimasukkan ke sorga tanpa dihisab

Hisab adalah perhitungan amal manusia besuk di padang mahsyar, setiap orang akan ditanya satu persatu tentang perbuatan yang dilakukan selama hidup di dunia dan yang dihisab pertama kali adalah urusan sholat karena itulah orang yang Sholat lima waktunya terjaga akan lebih cepat prosesnya bahkan akan dimasukkan sorga tanpa harus dihitung amalnya, dalam sebuah riwayat disebutkan.

أول مايحاسب عليه العبد يوم القيامة الصلاة فإن وجدت تامة قبلت وسائر عمله وإن وجدت ناقصة ردت وسائر عمله  

Artinya: Hal pertama kali yang dihitung atas hamba besuk di hari kiamat adalah sholat, bila sholatnya sempurna maka sholatnya akan diterima begitu pula amal - amal yang lain, dan bila sholanya kurang maka sholatnya ditolak dan juga semua amalnya.

Begitu besar kemuliaan yang diberikan oleh Allah SWT terhadap orang yang menjaga sholat lima waktu karena itu marilah kita jaga sholat kita dengan senantiasa melaksaakan sholat tepat waku dengan cara yang benar dan sebisa mungkin untuk bisa melaksanakannya dengan berjama'ah sekalipun hanya dua orang,
Semoga kita senantiasa dberi pertolongan oleh Alla SWT untuk bisa menjaga sholat lima waktu dengan baik Amiin

والسلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته

Penulis: Yusron Hasan bin H.. Ahmad Mansur
Sumber : 1. :مجموع أربع رسائل karya : Imam Ahmad bin Zaini Dahlan A         
              2. فتح المجيد karya : Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Al-Jawi
Lainnya  : Link Mimbar dakwa desa kembangan

No comments:

Post a Comment