Friday, 13 May 2016

Salam Untuk Ahli Kubur ( Tata Cara Ziarah Kubur Bag-1 )


Masih di mimbar dakwa cangkru'e Desa Kembangan bersama ustadz Yusron Hasan Bin. H. Ah. Mansur, Kali ini Ustadz akan mnyampaikan kemasan yang berjudul  " Salam Untuk Ahli Kubur ( Tata Cara Ziarah Kubur Bag-1 ) ".

Monggo ngaos jarak jauh bersama ustadz Yusron Hasan..

 السلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته 

Menjelang datangnya Bulan Ramadhan biasanya banyak sekali umat Islam yang berziarah ke makam orang tua, kerabat dan juga teman ataupun siapa saja bahkan mereka rela pulang dari perantauan agar bisa berziarah ke makam orang yang sudah meninggal khususnya ke makam ke dua orang tua.

Sebenarnya ziarah kubur itu bisa dilakukan kapanpun tanpa harus menunggu momen khusus, namun ada beberapa hari yang lebih dikukuhkan ( menurut madzhab syafi"i ) sebagai waktu untuk ziarah kubur yaitu: mulai masuk waktu ashar pada hari kamis sampai munculnya matahari pada hari sabtu. Imam Hakim meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Hurairoh yang berbunyi :

 من زار قبر ابويه او أحدهما في كل جمعة مرة غفر اللّٰه له وكان بارا بوالديه 


Artinya: Barang siapa berziarah ke kuburan ke dua orang tuanya atau ke salah satunya di setiap jum"at sekali maka Allah SWT mengampuni dosanya dan dia adalah termasuk orang yang berbhakti kepada ke dua orang tuanya.

Salah satu Hadits yang digunakan sebagai dasar disunatkannya ziarah kubur itu adalah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Abu Dawud,Turmudzi Ibnu Hibban dan Hakim yang berbunyi:

 كنت نهيتكم عن زيارة القبور فزوروها فإنها تذكركم الآخرة 


Artinya :Aku ( Rasulullah SAW ) Telah melarang kalian ziarah kubur ( waktu dulu ), maka ziarahkuburlah kalian ( sekarang ), maka sesunggugnya ziarah kubur itu mengingatkan kalian akan kematian.

Sebelum masuk ke area makam kita dianjurkan untuk mengucapkan salam secara umum kepada semua ahli kubur yang ada di pemakaman, ada banyak versi salam yang bisa kita ucapkan kepada para ahli kubur dan yang paling umum adalah:

 السلام عليكم دار قوم مؤمنين وإنا إن شاء الله بكم لاحقون 

Artinya : Semoga keselamatan senantiasa selalu atas kalian golongan kaum orang - orang beriman, dan sesunggunya kami adalah orang - orang yang akan menyusulmu bila Allah menghendaki.

Sesudah mengucapkan salam barulah kita masuk ke area makam, setelah kita sampai pada salah satu makam yang kita tuju maka kita kembali mengucapkan salam namun khusus untuk makam yang kita tuju. Misal makam yang kita tuju adalah orang tua kita ucapan salamnya adalah sebagai berikut: السلام عليك ياوالدي ) Assalamu"alaika ya waalidi ) Untuk kata waalidi bisa diganti dengan kata ابي yang artinya bapakku, atau امي yang artinya ibuku, زوجي yang artinya suamiku atau زوجتي yang artinya istriku dan lain - lain.

Bila kita ingin meengucapkan salam hanya sekali saja maka yang lebih dianjurkan adalah ucapan salam yang kita khususkan kepada salah satu ahli kubur yang kita tuju tanpa harus mengucapkan salam secara umum.

Ucapan salam untuk ahli kubur itu bukan hanya dikhususkan bagi orang yang ingin berziarah saja namun juga dianjurkan untuk orang - orang yang lewat di area makam. Dalam sebuah hadits diterangkan:

 عن أبي هريرة قال:أبو رزين: يارسول اللّٰه ان طريقي على الموتى فهل لي كلام أتكلم به إذا مررت عليهم قال: قل السلام عليكم ياأهل القبور من المسلمين والمؤمنين أنتم لنا سلف ونحن لكم تبع وإنا إن شاء اللّٰه بكم لاحقون قال أبو رزين: هل يسمعون قال : يسمعون ولا يستطيعون أن يجيبوا أي جوابا يسمعه الحي قال: ياابا رزين الا ترضى ان ترد عليك بعددهم الملائكة 


Artinya: Dari Abu Huroiroh RA bahwa Abu Razin berkata kepada Rasulullah SAW: " Ya Rasulallah sesungguhnya jalanku adalah melewati orang - orang mati ( kuburan ), Apakah ada perkataan yang aku katakan bila aku melewati mereka ( ahli kubur ) ? Rasulullah SAW bersabda: ucapkanlah السلام عليكم ياأهل القبور من المسلمين والمؤمنين أنتم لنا سلف ونحن لكم تبع وإناإن شاءاللّٰه بكم لاحقون ( semoga keselamatan senantiasa tetap atas kalian wahai penduduk kubur dari golongan orang - orang islam dan orang - orang beriman, kalian telah mendahului kami, kami adalah orang yang mengikutimu, dan kami adalah orang - orang yang menyusul kalian bila Allah menghendaki ) Abu Razin kemudian bertanya : Apakah mereka ( ahli kubur ) bisa mendengar? Rasulullah SAW bersabda: mereka ( ahli kubur ) itu bisa mendengar tapi mereka tidak bisa menjawab (maksudnya seperti jawaban yang bisa didengar oleh orang yang masih hidup ), Rasulullah SAW kemudian bersabda : wahai Aba Razin Tidakkah engkau ridlo bila salammu dijawab oleh malaikat sejumlah ahli kubur?.

Dari hadits di atas bisa disimpulkan bahwa ucapan salam yang kita ucapkan kepada ahli kubur itu bisa didengar bahkan dijawab oleh penduduk kubur namun kita tidak bisa mendengar jawabannnya, kalaupun tidak dijawab maka akan dijawab oleh malaikat sejumlah ahli kubur. Dalam hadits yang lain diterangkan:

 روي عنه صلى اللّٰه عليه وسلم أنه قال: ما من أحد يمر بقبر أخيه كان يعرفه في الدنيا فيسلم عليه الا عرفه 


Artinya: Diriwayatkan dari Nabi SAW sesungguhnya Beliau bersabda : Tidak ada seorangpun yang yang melewati kuburan saudaranya yang dia kenal kemudian dia mengucapkan salam kepadanya ( saudara yang sudah meninggal ) kecuali saudara saudara yang sudah meninggal itu mengenalinya.

Demikian semoga bermafaat, Amiin

 والسلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته 

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur 
Sumber 1: فتح المعين karya : Syaikh Zainuddin bin Abdul Aziz 
Sumber 2: إعانة الطالبين karya : Sayyid Abu Bakar bin Sayyid Muhammad Syatho Ad Dimyathi
Lainnya  : Link Mimbar dakwa desa kembangan

Friday, 6 May 2016

Memperbanyak Tanaman Sorga ( Rahasia di balik kisah isro' mikroj bag-3 )



" Banyak bicara yang tak ada manfaatnya suatu saat akan menjadi bumerang bagi dirinya " _Kata Mukhsin Bin Karno . Dari pada berkata - kata panjang kali lebar, langsung saja kita kembali mengikuti ngaos jarak jauh, bersama ustadz yang masih ikhlas memberikan wawasan / ilmu islami yang senantiasa selalu kita rindukan. Perjuangan Ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur untuk mempertahankan keistiqomahan ngaos Jarak jauh di CDK terbukti degan beliau yang sempatkan untuk mengemas kajian islam meski ustadz sedang menemani Putri beliau Halia Fadhilah Al Hasan yang tengah dalam keadaan sakit dan di rawat dipuskesmas Kr. Geneng karena Demam Berdarah.

Kemasan kali ini bisa dibilang istimewah, ditulis dipukesmas dan bertepatan dengan ( jumat legi ) adalah hari jumat terakhir Bulan Rajab pada tahun ini. Monggo kita berdo'a untuk kerabat , family, saudara- saudari se islam , semoga yang sedang sakit diberi kesehatan, yang sedang berduka diberi ketabahan. Amiin. Amiiin.

Monggo ngaos jarak jauh bersama Ustadz Yusron Hasan,....


السلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته 


Tanaman yang ada di sorga memang tidak sama dengan tanaman yang ada di dunia, baik batang, ranting, daun ataupun juga buahnya. Ka'ab ibnul Akhbar mengatakan bahwa ketika Rosulullah SAW ditanya tentang pohon sorga maka beliaupun mengatakan bahwa: pohon di sorga itu tangkainya tidak pernah kering, daunnya tidak pernah runtuh. Dan pohon terbesar yang ada di sorga adalah pohon thuba dengan spesifikasi berikut ini: batang pohonnya terbuat dari permata, tangkainya terbuat dari zabarjud, daunnya terbuat dari sutera, pohon tersebut mempunyai tujuh puluh tangkai, tangkai paling atas tertambat di atap arsy sedangkan tangkai paling bawah berada di langit, semua kamar dan kubah yang ada di sorga dilingkupi oleh tangkai pohon tersebut dan pohon tersebut mempunyai buah-buahan yang menggoda selera.

Imam Ali Karramallahu wajhahu mengatakan bahwa : pohon-pohon di sorga itu ada yang terbuat dari emas dan ada yang tebuat dari perak, bila batangnya terbuat dari emas maka tangkainya terbuat dari perak sedangkan bila batangnya terbuat dari perak maka tangkainya terbuat dari emas, pohon di dunia itu batangnya di bawah dan tangkainya ada di atas karena dunia merupakan tempat yang menyusahkan, tidak demikian dengan pohon di sorga sebab pohon di sorga batangnya di atas dan tangkainya ada di bawah sebagaimana firman Allah SWT ( dalam Surat Al- Haqqoh ayat : 23 ) قُطُوفُهَا دَانِيَةٌ buah-buahannya dekat, Maksudnya adalah bahwa buah-buahan sorga itu sangat dekat sehingga bisa diambil sambil berdiri, duduk, bahkan sambil tidur.

Saat naik ke langit yang ke tujuh dalam perjalanan mikroj Rosulullah SAW berjumpa dengan Nabi Ibrahim AS, dalam perjumpaan tersebut Nabi Ibrahim menyampaikan sebuah pesan kepada Rosulullah SAW agar disampaikan kepada umat Islam yaitu: agar memperbanyak tanaman sorga karena sesungguhnya tanah sorga itu bagus dan bumi sorga itu luas. Cara memperbanyak tanaman sorga adalah dengan memperbanyak membaca kalimat:

 لاحول ولاقوة الا بالله العلي العظيم 

Dalam riwayat yang lain diceritakan bahwa: Nabi Ibrahim menyampaikan salam kepada umat Rasulullah SAW dan menyampaikan bahwa: Sesungguhnya sorga itu bersih tanahnya, halus airnya dan tanaman sorga adalah ucapan:

 سبحان اللّٰه والحمدلله ولا إله الا الله والله أكبر

Dalam salah satu Hadits diterangkan:

 عن ابي هريرة رضي اللّٰه عنه أن النبي صلى اللّٰه عليه وسلم مر به وهو يغرس غرسا فقال : يا ابا هريرة ما الذي تغرس ؟ غراسا.. قال: الا ادلك على غراس خير من هذا ؟ سبحان اللّٰه والحمدلله ولااله الا اللّٰه والله أكبر تغرس لك بكل واحدة شجرة في الحنة ( أخرجه ابن ماجه باسناد حسن واللفظ له ؛ والحاكم وقال صحيح الاسناد) 


Artinya : Dari Abu Huroiroh RA bahwa sesungguhnya Rosulullah SAW berjalan dan bertemu dengan Abu Hurairoh yang sedang menanam sebuah tanaman, kemudian Rosulullah SAW bertanya : wahai Abu Huroiroh apa yang kau tanam? Aku berkata : tanaman, kemudian Rosulullah SAW bersabda : tidakkah aku telah menunjukkan kamu tanaman yang lebih baik dari pada tanaman ini? Yaitu:ucapan :

 سبحان اللّٰه والحمدلله ولااله الا الله والله أكبر 

karena akan ditanam untukmu sebuah pohon di sorga untuk setiap satu dari ucapan tersebut ( hadits dikeluarkan oleh Imam Ibnu Majah dengan sanad yang bagus dan kafadznya oleh Imam Ibnu Majah, dan dikeluarkan oleh Imam Hakim dan Dia mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shoheh) Dari haditst di atas bisa diambil beberapa pelajaran antara lain:

1. Sekalipun semua umat islam akan masuk sorga namun kenikmatan yang mereka terima berbeda - beda. 

2. Kenikmatan yang diterima oleh penduduk sorga adalah sesuai amal ibadah mereka ketika hidup di dunia.

3. Salah satu cara untuk memperbanyak kenikmatan di sorga adalah dengan memperbanyak membaca, tasbih ( سبحان الله ), tahmid ( الحمد لله ), tahlil ( لا إله الا اللّٰه ) dan takbir ( اللّٰه أكبر ) selama hidup di dunia.

Demikian semoga bermanfaat, Amiin

 والسلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته 

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur 
sumber :1. نور الظلام karya : Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Al-Jawi sumber 
            2. وصايا الرسول karya : Hamzah Muhammad Sholeh Ajjaj sumber 
            3.  حاشية دردير على قصة المعراج

Friday, 29 April 2016

Misteri tentang Buroq ( Rahasia di balik kisah isro' mikroj bag-2)


Masih di mimbar dakwa cangkru'e Desa Kembangan, kali ini ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur Akan melanjutkan Kisah Isro' Mikroj, dan pada kesempatan ini ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul " Misteri tentang Buroq ( Rahasia di balik kisah isro' mikroj bag-2) ".

Monggo ngaos sareng ustadz Yusron Hasan...

السلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته 

Mungkin di antara kita sudah banyak yang tahu dan pernah mendengar bahwa kendaraan yang dipakai oleh Rosulullah SAW dalam perjalanan Isro dan mikroj adalah buroq, namun apakah kita tahu apa itu buroq ?

Ada dua pendapat tentang makna kata buroq yaitu :

1. Berasal dai kta البريق yang berarti putih, jadi kendararaan yang dipakai oleh Rosulullah SAW itu berwarn putih karen putih merupakan warna yang paling utama, 

2. Berasal dari kata البرق yang berarti kilat, jadi kendaraan yang dipakai oleh Rosulullah SAW itu bisa bergerak secepat kilat karena itulah peristiwa Isro' dan mikroj itu bisa terjadi dengan sangat cepat.

Buroq merupakan hayawan berkaki yang didatangkan dari sorga untuk menjemput Rosulullah SAW dalam perjalanan Isro' dan mikroj, sebagai penghormatan kepada orang yang mulia dan merupakan kebiasaan Penguasa ketika memanggil orang mulia maka akan dijemput dengan kendaraan yang mulia juga.

Buroq merupakan hewan yang berasal dari alam ghoib, tidak berjenis laki - laki ataupun perempuan. Tinggi Buroq itu melebihi tinggi himar ( keledai ) dan di bawah tinggi bighol, ini memberikan isyarat bahwa buroq itu itu bukan seperti kuda dan merupakan hewan yang tidak biasa.

Ada tiga hal yang membedakan buroq dengan hewan yang lain yaitu :

1. Buroq tidak seperti hewan di dunia pada umumnya, karena buroq itu mempunyai dua sayap dan di antara ke dua matanya tertulis dua kalimat yaitu : لا إله الا اللّٰه محمد رسول الله . 

2. Kecepatan buroq melebihi kecepatan hewan yang ada di dunia seperti kuda bahkan hewan yang lebih cepat dari pada kuda.

3. Lompatan kaki Buroq bisa mencapai tempat terjauh dari pandangan matanya 

4. Ke empat kakinya bisa memanjang dan memendek, terkadang yang depan lebih panjang dari pada yang belakang dan sebaiknya. Saat akan melompat maka dua kaki buroq bagian belakang akan memanjang sedangkan ketika akan turun maka kaki bagian depan akan memajang.

Menurut riwayat dari Said bin Al Musayyab Buroq merupakan kendaraan yang dinaiki oleh Nabi Ibrahim AS saat Beliau pergi ke Baitul Haram ( Makkah ) untuk mengunjungi putra Beliau yang bernama Ismail dan Istri Beliau yang bernama Hajar ketika Beliau tinggal di Negeri Syam ( sekarang disebut syria). Sekalipun Buroq merupakan kendaraan Nabi Ibrahim AS, namun Buroq yang menjadi kendaraan saat Rosulullah Isro' dan mikroj itu lebih istimewa karena tali kendalinya adalah terbuat dari yaqut berwarna merah dan pelananya terbuat dari lu'lu' ( sejenis permata ) yang berwarna putih.

Sebenarnya Buroq bukanlah satu-satunya hewan yang berada di sorga karena ada sepuluh hewan di dunia ini yang akan dimasukkan sorga oleh Allah SWT Yaitu : 1. Buroq 2. Unta milik Nabi Sholeh AS 3. Hima milik Nabi Uzair AS 4. Anak sapi milik Nabi Ibrahim AS 5. Domba Nabi Ismail AS 6. Burung hud hud milik Nabi Sulaiman AS 7. Semut milik Nabi Sulaiman AS 8. Anjing milik Ashabul kahfi 8, Ikan Nabi Yunus AS 10. Sapi milik Bani Israil. Dari kesepuluh hewan tersebut hanya Buroq yang memang diciptakan untuk menjadi penghuni sorga karena akan menjadi kendaraan para penduduk sorga ( semoga kita termasuk di dalamnya, Amiin ) sedangkan sembilan yang lain adalah masuk sorga karena mengikuti pemiliknya yang sholeh.

Bila hewan saja bisa masuk sorga karena ikut dengan orang sholeh, apakah masih ada keraguan di dalam hati kita bahwa kita umat manusia ( yang derajatnya lebih tinggi dari hewan ) akan selamat besuk di akherat bila di dunia mau berteman dengan orang - orang sholeh, silahkan direnungkan sendri-sendiri !

Demikian semoga bermanfaat, Amin,

 والسلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته 

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
sumber ::حاشية احمد دردير على قصة المعراج

Friday, 22 April 2016

Makna Isro' dan Mikroj ( Rahasia di balik kisah isro' mikroj bag-1)


Alhamdulillah kita masih diberi kesehatan di hari ini sehingga kita masih mampu mengikuti ngaji jarak jauh di Cangkru'e Desa Kembangan bareng Ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur . Pada kemasan kali ini ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul " Makna Isro' dan Mikroj ( Rahasia di balik kisah isro' mikroj bag-1) " .

Monggo ngaos sareng Ustadz Yusron....



السلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته


Yang disebut Isro' adalah perjalanan Rosulullah SAW dari Masjidil Haram yang ada di Makkah ke Masjidil Aqsho di Palestina.

Bagi kita umat islam memang wajib hukumnya mempercayai terjadinya peristiwa Isro, dan bila kita tidak percaya maka dihukumi kafir, karena peristiwa Isro' itu diterangkan secara jelas dalam Al Qur"an Surat Al-Isro' ayat: 1 yang berbunyi:
 
سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُشذ
Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Sedangkan untuk peristiwa mikroj sekalipun kita wajib percaya namun bagi orang yang tidak percaya tidak dihukumi kafir namun dihukumi fasik ( dosa besar ) karena peristiwa mikroj tidak diterangkan secara spesifik di dalam Al-Qur'an dan hanya diterangkan dalam hadits.

Di kalangan Ulama' juga terjadi perselisihan pendapat tentang kapan terjadinya peristiwa Isro' Mikroj, sebagian pendapat mengatakan bahwa peristiwa tetsebut terjadi pada malam senin, sebagian lagi mengatakan terjadi pada malam jumat dan sebagian lagi mengatakan terjadi pada malam sabtu.

Tentang bulan terjadinya peristiwa tersebutpun juga terjadi perselisihan pendapat di kalangan Ulama', sebagian mengatakan terjadi pada bulan Romadlon, sebagian mengatakan terjadi pada bulan Sywwal, sebagian lagi mengatakan terjadi pada bulan Rajab, sebagian mengatakan terjadi pada bulan Dzul Hijjah, sebagian mengatakan terjadi pada bulan Rabi'ul Awwal dan sebagian lagi mengatakan terjadi pada bulan Robi'ul Akhir.

Begitu pula tentang tahun terjadinya peristiwa Isro' Mikroj, sebagian mengatakan terjadi pada tahun lima kenabian, sebagian mengatakan terjadi pada tahun sepuluh kenabian, sebagian mengatakan terjadi pada tahun sebelas kenabian dan sebagian lagi mengatakan terjadi pada tahun dua belas kenabian ( tahun setelah Rosulullah SAW diutus menjadi Nabi).

Dari perbedaan pendapat tersebut ada satu pendapat yang masyhur dan diyakini oleh kebanyakan Umat Islam ( sekalipuna kebenarannya hanya Allah SWT yang tahu ) yaitu pendapat yang mengatakan bahwa peristiwa Isro' dan Mikroj itu terjadi pada malam senin tanggal dua puluh tujuh rajab setahun sebelum Rosulullah SAW hijrah ke Madinah ( tahun dua belas kenabian ).

Peristiwa tersebut memang luar biasa dan bisa dikatakan merupakan peristiwa besar dalam Islam karena terjadi hanya dalam kurun waktu kurang dari empat jam atau tiga jam bahkan lebih cepat, dalam salah satu riwayat dikatakan bahwa ketika Rosulullah SAW datang Siti Khodijah masih belum berpaling dari posisi tidurnya dan dalam riwayat yang lain diceritakan bahwa ketika Rosulullah SAW datang dari mikroj tempat tidur Rosulullah SAW itu masih dalam keadaan hangat.

Karena begitu cepatnya peristiwa tersebut terjadi, akhirnya menimbulkan perselisihan pendapat di antara para Ulama' tentang peristiwa tersebut antara lain :

1. Menurut kebanyakan ahli hadits, Ahli Fiqh dan Ahli Tauhid dikatakan bahwa peristiwa tersebut dialami oleh Rosulullah SAW dalam keadaan terjaga, dengan jasad dan ruh dan terjadi hanya dalam satu malam.

2. Sebagian pendapat mengatakan bahwa Isro' dan mikroj itu terjadi dua kali, sekali dalam tidur ( terjadi dalam mimpi ) dan yang sekali terjadi dalam keadaan terjaga.

3. Sebagian lagi mengatakan bahwa Isro' itu terjadi pada satu malam sedangkan mikrojnya terjadi pada malam yang lain.

4. Sebagian lagi mengatakan Isro' teradi dalam keadaan terjaga sedangkan mikroj terjadi dalam mimpi.

5. Sebagian lagi mengatakan bahwa Isro' dan mikroj itu terjadi dua kali, pertama adalah terjadi dalam keadaan terjaga namun hanya Isro' saja tanpa mikroj dan yang ke dua adalah Isro' sekaligus mikroj dan juga dalam keadaan terjaga.

Dari beberapa pendapat di atas ada lagi pendapat yang merupakan penengah yaitu pendapat yang mengatakan bahwa: Isro' itu terjadi dalam keadaan terjaga sedangkan mikrojnya itu masih diperselisihkan.

Bagi kita generasi islam yang hidup di zaman moderen ini yang terpenting adalah mempercayai bahwa peristiwa Isro' dan mikroj itu benar - benar terjadi dan tidak perlu kita perpanjang tentang perbedaan pendapat yang terjadi karena perbedaan itu adalah rahmat.

Demikian semoga bermanfaat, Amiin

والسلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته



Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber : نور الظلام karya : Asy-Syaikh Muhammad Nawawi
Lainnya  : Link Mimbar dakwa desa kembangan 

Friday, 15 April 2016

Syafa'at dan Macam-Macamnya


Seperti pada jumat yang lalu ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur akan membagi kemasan yang berjudul "Syafa'at dan Macam-Macamnya " pada jumat ini,. maka monggo hari ini kita ngaji jarak jauh kembali di mimbar dakwa cangkru'e desa kembangan penuh manfaat.

Monggo ngaos jarak jauh barang ustadz Yusron,.,


السلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته


Setiap manusia pasti ingin mendapatkan kebahagiaan di akherat tapi kita harus tahu bahwa untuk bisa mendapatkan kebahagiaan di akherat manusia harus bersih dari segala macam dosa yang pernah dilakukan selama hidup di dunia.

Di Akherat besuk sudah tidak ada lagi kesempatan untuk bertaubat bagi orang yang masih menanggung dosa, namun kita masih bisa berharap pertolongan dari Rosulullah SAW yang disebut dengan syafaat. Namun semua itu adalah atas izin Allah SWT sebagaiman firman Nya dalam Surat An-Najm ayat: 24

وَكَمْ مِنْ مَلَكٍ فِي السَّمَاوَاتِ لَا تُغْنِي شَفَاعَتُهُمْ شَيْئًا إِلَّا مِنْ بَعْدِ أَنْ يَأْذَنَ اللَّهُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيَرْضَىٰ
 
Dan berapa banyaknya malaikat di langit, syafa'at mereka sedikitpun tidak berguna, kecuali sesudah Allah mengijinkan bagi orang yang dikehendaki dan diridhai (Nya).

Rosulullah SAW itu mempunyai bermacam - macam syafaat yang jumlahnya tidak terbatas antara lain:

1. Asy-Syafatul Udhma,

yaitu: syafaat berupa pembebasan seluruh makhluk baik jin ataupun manusia bahkan juga orang kafir dari ketakutan yang luar biasa saat di padang mahsyar, ini merupakan syafaat terbesar yang dimiliki oleh Rosulullah SAW.

2. Memasukkan manusia tanpa dihisab.

Semua manusia besuk akan dihitung amal perbuatannya di akherat namun ada beberapa umat Rosulullah SAW yang tidak dihitung amal perbuatannya dan bisa langsung masuk sorga karena mendapat syafaat dari Rosulullah SAW mereka antara lain adalah: Abu Bakar Ash-Shiddiq yang menjadi pimpinan dari tujuh puluh ribu orang yang masuk sorga tanpa hisab.

3. Memasukkan manusia ke sorga yang seharusnya masuk neraka terlebih dahulu,
seperti yang sudah diterangkan di episode sebelumnya bahwa orang mukmin yang ahli maksiat akan dimasukkan ke neraka terlebih dahulu sesuai kadar dosanya, namun bila mendapatkan syafaat dari Rosulullah SAW maka orang mukmin tersebut bisa langsung dimasukkan ke sorga.

4.Menambah derajat di sorga.

Sekalipun semua orang mukmin itu akhirnya masuk sorga namun tingkatan mereka berbeda - beda tergantung dari amal perbuatan selama di dunia, dengan adanya syafaat Rosulullah SAW maka Orang mukmin itu besuk tingkatan sorganya bisa dinaikkan ke tingkat yang lebih tinggi.

5. Memohonkan ampunan atas orang mukmin yang banyak maksiat.

Sekalipun di akherat sudah bukan lagi tempat untuk bertaubat namun bagi orang - orang tertentu diantaranya: Para Nabi dan Rosul, Orang - orang sholeh mereka diberi keistimewaan oleh Allah SWT untuk memohonkan ampunan atas dosa umat mereka dan para kerabatnya.

6. Mengeluarkan orang - orang ahli tauhid dari neraka

Masa di neraka bagi orang beriman itu sesuai dengan kadar dosa yang pernah dilakukan di dunia namun bisa juga waktunya dipersingkat ketika orang yang masuk sorga tersebut mendapatkan pertolongan dari Rosulullah SAW ataupun juga dari orang - orang mukmin yang lain yang sudah berada di sorga.

7. Meringankan siksaan orang yang kekal di neraka pada saat tertentu

Untuk orang - orang yang meninggal dunia dalam keadaan kafir mereka akan kekal di neraka, namun pada hari - hari tertentu terkadang siksaan mereka diringankan oleh Allah SWT seperti yang terjadi pada Abu Lahab yang diringankan siksanya setiap hari senin dan dia diberi sedikit minum, karena merasa bahagia saat Rosulullah SAW lahir ke dunia yang diwujudkan dengan memerdekakan budaknya bernama Tsuwaibah.

8. Memasukkan anak - anak orang musyrik yang meninggal dunia ketika masih kecil ke sorga.

Ada sebagian pendapat yang mengatakan bahwa di antara sorga dan neraka itu ada tempat khusus untuk anak - anak orang kafir yang meninggal dunia ketika masih belum baligh namun akhirnya mereka dimasukkan ke sorga karena adanya syafaat dari Rosulullah SAW.

Selain dari ke delapan syafaat tersebut masih banyak lagi syafaat yang dimiliki oleh Rosululah SAW seperti: syafaat untuk orang - orang yang meninggal dunia di madinah, syafaat untuk orang yang berziarah ke Rosulullah SAW setelah beliau wafat, syafaat untuk orang - orang yang menjawab adzan dan nembaca do'a sesudah adzan, syafaat untuk orang - orang yang membaca sholawat pada malam jum'at dan lain lain.

Sekalipun begitu banyak jenis syafaat namun orang - orang kafir tidak akan mendapatkan manfaat dari syafaat Rosulullah SAW selain As-Syafa"atul Udhma.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Qiyamah ayat: 48

فَمَا تَنْفَعُهُمْ شَفَاعَةُ الشَّافِعِينَ
 
Maka tidak berguna lagi bagi mereka syafa'at dari orang-orang yang memberikan syafa'at.

Semoga kita semua termasuk orang - orang yang mendapatkan syafaat dari Rosulullah SAW besuk di Akhir, Amiin yaa Robbal Alamin

Demikian semoga bermanfaat, amiin

والسلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته


Penulis : Yusron Hasan bin H, Ahmad Mansur
Sumber: قطر الغيث.نور الظلام،فتح المجيد karya : Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Al-Jawi
Lainnya  : Link Mimbar dakwa desa kembangan 

Tuesday, 12 April 2016

Pintu Akhirat _ Abu Nawas


Tidak seperti biasanya hari itu baginda Raja tiba - tiba ingin menyamar menjadi rakyat biasa, beliau ingin menyaksikan kehidupan diluar istanah tanpa sepengetahuan siapapun agar leluasa bergerak.

Baginda mulai keluar dari istanah dengan pakaian amat sederhana layaknya seperti rakyat jelata. Disebuah perkampungan beliau melihat beberapa orang berkumpul, setelah baginda mendekat ternyata seorang ulama sedang menyampaikan kuliah tentang alam barzah, tiba - tiba ada seseorang yang datang dan bergabung disitu ia bertanya kepada ulama tersebut. " Kami menyaksikan orang kafir pada suatu waktu dan mengintip kuburnya tetapi kami tidak mendengar mereka berteriak dan tidak pula melihat penyiksaan - penyiksaan yang katanya sedang dialaminya, maka bagaimana cara membenarkan sesuatu yang tidak sesuai dengan yang dilihat mata? " ulama tersebut berfikir sejenak , kemudian ia berkata.

" Untuk mengetahui yang demikian itu, harus menggunakan panca indra yang lain, ingatkah kamu dengan orang yang sedang tidur ? , dia kadang kala bermimpi dalam tidurnya sedang digigit ular, diganggu dan sebagainya ia juga merasakan sakit dan takut ketika itu bahkan memekik dan berkeringat bercucuran pada keningnya, ia merasakan hal semacam itu seperti tidak tidur. Sedangkan engkau yang duduk didekatnya menyaksikan keadaannya seolah - olah tidak terjadi apa - apa pada orang yang telah tidur tadi. Padahal apa yang dilihat serta apa yang dialaminya dikelilingi ular - ular dan menggigitnya. Maka jika masalah mimpi yang remeh saja sudah tidak mampu mata lahir melihatnya, mungkinkah engkau bisa melihat apa yang terjadi dialam barzah?".

Baginda raja terkesan dengan penjelasan ulama tersebut, dan baginda masih mengikuti kuliah dari ulama itu, kini ulama melanjutkan kuliahnya tentang alam akhirat, dikatakan bahwa disurga tersedia hal - hal yang amat disukai nafsu termasuk benda - benda salah satu benda - benda itu adalah mahkota yang amat luar biasa indahnya, tak ada yang lebih indah dari barang - barang disurga karena  barang - barang itu tercipta dari cahaya, saking indahnya maka satu mahkota jauh lebih bernilai dari dunia dan isinya. Baginda semakin terkesan beliau pulang kembali keistanah.

Baginda sudah tidak sabar ingin menguji kemampuan Abu nawas, Abu nawas dipanggil untuk menghadap raja kemudian baginda raja mengutarakan keinginannya kepada Abu nawas, " Hai Abu nawas , Aku menginginkan engkau sekarang juga berangkat kesurga kemudian bawahkan aku sebuah mahkota surga yang katanya tercipta dari cahaya itu, apakah engkau sanggup hai Abu Nawas ?". Abu Nawas dengan gayanya perlente langsung menjawab " Sanggup paduka yang mulia ", kata Abu nawas dengan lantang menyanggupi tugas yang mustahil dilaksanakan itu.  " Tetapi baginda harus menyanggupi pula satu syarat yang akan hamba ajukan " . " Sebutkan syarat itu ? " kata baginda raja.

" Hamba mohon bagida menyediakan pintunya agar hamba bisa memasukinnya ". " Pintu apa ? ", tanya baginda belum mengerti. " Pintu alam Akhirat " . Jawab Abu Nawas . Disini lah Raja Harun Al Rosid mulai kebingungan yang awal mulanya ingin mengetes Abu nawas kini dibalik oleh Abu nawas, giliran Abu nawas yang ngetes baginda raja. Ternyata baginda raja plonga - plongo tidak sanggup menuruti syarat yang diajukan oleh Abu Nawas. Baginda mulai berfikir, " ternyata sangat sulit sekali untuk menjebak abu nawas dari segi ilmu akal dan tingkah laku sangat sulit di taklukkan".

Giliran baginda raja yang menyerah dan memohon kepada Abu Nawas untuk menjelaskan tentang syarat yang diajukan oleh Abu Nawas tadi, Abu Nawas pun dengan senang hati menjelaskan kepada raja tentang pintu alam akhirat " Pintunya alam akhirat adalah kiamat wahai paduka , masing - masing alam mempunyai pintu . Pintu alam dunia adalah liang peranakan ibu , pintu alam barzah adalah kematian, dan pintu alam akhirat adalah kiamat. Surga berada dialam akhirat, bila baginda masih tetap menghendaki hamba mengambilkan mahkota disurga maka dunia harus kiamat terlebih dahulu.

Mendengar penjelasan Abu Nawas baginda raja terdiam, dan Abu Nawas pun menawarkan kepada baginda , " Kalau baginda bersedia meninggal terlebih dahulu maka yang menjadi raja dibagdat sebagai pengganti Harun Arrosid adalah abu nawas". Seketika itu pula baginda raja menangis dan memohon maaf kepada Abu Nawas mengakui kecerdikan akal dan kedalaman ilmu Abu Nawas.

Meskipun Abu Nawas hanya sebagai rakyat jelata dan penampilan apa adanya dari kesederhanaan Abu Nawas tersimpan ilmu yang tinggi sehingga Abu Nawas selalu diundang ke istanah sebagai penasehat raja dan menjadi orang penting dikerajaan bagdat. Namun Abu Nawas tidak merasa tinggi hati atau besar kepala itulah kemuliaan jiwa Abu Nawas.

Sekian ))))) Nantikan kisah Abu Nawas selanjutnya


Penulis : pak lik orasojo kaniraras 
Sumber : 1001 malam baghdad

Sunday, 10 April 2016

Impian Pemuda Dan Gambaran Desa Kembangan Di Tahun 70-an _ Episode 10


Masih di cerita rakyat dan budaya desa kembangan bersama paklik Prasojo Kaniraras, Dikarenakan Kesibukan inti paklik Prasojo Kaniraras sehingga baru bergabung lagi ditengah - tengah grup unik Cangkru'e Desa Kembangan.


Langsung saja untuk mengobati rindu cerita rakyat dan budaya Desa Kembangan Bersama Paklik Prasojo Kaniraras, Monggo nikmati kemasan bernuansa jadul sebagai berikut :


Memasuki awal tahun 1986 listrik terbukti sudah mengaliri desa kembangan, namun pada waktu itu tidak seluruh warga yang memasang listrik untuk rumahnya. Memang sudah banyak yang mendaftar , yang pertama mendaftar adalah golongan orang - orang yang mampu dalam segi finansial ( keuangan ) meski untuk DP pemasangan hanya 250 Ribu dan pelunasan 200 Ribu untuk daya 450 watt dengan teganan voltase 110. Namun ada golongan yang tidak berani memasang listrik , selain dari segi kurangnya ekonomi dikarena juga mereka minimnya pemahaman tentang listrik sehingga takut akan bahaya kesetrum (tersengat) listrik.

Bagi warga yang belum memasang listrik kebanyakan dari mereka menyalurkan listrik dari tetangganya yang memiliki meteran PLN. Lambat laun waktu terus berlalu bagi penyalur mengalami dan merasakan suka duka tentang pengaturan setrum dari pihak yang punya meteran PLN. Untuk kisah sukanya penyalur merasakan listrik dengan tarif murah, si penyalur  hanya dibebani sedikit dalam pembayaran meteran listrik. Dan kisah Dukanya menjadi permasalahan umum bagi seluruh warga yang menyalur listik dari tetangga baik warga etan , kulon , elor dan kidol. Sebagai contoh suka dukanya ketika si penyalur ingin menyalahkan TV ternyata saluran belum dinyalakan oleh si pemilik meteran, Sudah adzan magrib lampu juga belum menyala ternyata sipemilik meteran lupa menyalakan, dan pernah juga si penyalur menggunakan lampu agak terang mendapat omelan dari si empunya meteran, dan banyak kisah unik lainnya.
Dengan keluh kesah para penyalur dipertengahan tahun 1986 Petinggi Maskun mengumumkan bahwa ada gelombang kedua untuk pemasangan listrik, akhirnya para penyalur rame - rame mendaftar untuk memasang meteran gelombang kedua, disitulah hampir seluruh warga memasang meteran karena sudah mengetahui manfaat dan paham akan listrik.

Adanya listrik didesa kembangan memberi sedikit efek untuk terlihat maju warga desa kembangan, karena yang dulunya tidak ingin membeli TV dengan adanya listrik mulai banyak warga desa kembangan yang memiliki  TV meski hanya Hitam Putih. Namun dengan banyak warga yang memiliki TV memberi efek Negatif terbukti banyak guru ngaji yang mengeluh karena banyak muridnya yang bolos hanya ingin menonton TV. Kala itu film - film yang menjadi kegemaran anak - anak seperti, G Force, Rin tin tin, silverhak, ACI dll, Meskipun saat itu hanya pemancar saluran TVRI yang menjadi chanel utama.

Jalanan perapatan yang dulunya gelap gulita dengan adanya listrik, mewajibkan pemilik meteran untuk memasang lampu minimal 5 Watt didepan rumahnya masing masing. Dengan itu jalanan menjadi sedikit terang dan anak - anak tidak takut lagi untuk bermain dijalanan.

Disisi lain dengan sejuta manfaat listrik masuk desa, namun ada sisi berbahaya, pernah suatu ketika karena belum paham betul dengan setrum listik bapak Almarhum Tarjit RT 7 (bapak dari RT subawi ) pernah tersengat listrik ringan hingga tubuhnya terjatuh. tidak lama kemudian Almarhum mbah Karlin RT 7 (mbahnya pak maslik) menjadi orang kedua yang kesetrum, sedangkan ketika itu yang paham betul soal listik di RT 7 adalah wak Dasan (Bapaknya Nik), hingga banyak tetangga bila ada kerusakan aliran listrik meminta bantuan mertua Abu Amar tersebut.

Listrik merubah segalanya yang dulu ketika selametan jemua wage ( Jumat wage ) selalu memasang lampu strongkeng atau petromak dengan adanya listrik, lampu - lampu tersebut menjadi menganggur disimpan digudang rumah.

Langgar - langgar yang dulunya tidak ada speaker seakan berlomba - lomba memasang speaker sehingga bila sholat wajib tiba , langgar - langgar diramaikan dengan pujian (sholawat) anak - anak. Pujian atau sholawat menjadi warna yang begitu ramai di langgar - langgar, suara anak kecil mendayu merdu , hingga suara serak menjelang iqomah tiba. Sungguh indah masa itu desaku ramai dengan suasana islami bersama anak - anak.  Namun dengan adanya kemajuan zaman seperti adanya gadget membodohkan anak - anak jaman sekarang, bila ada adzan seakan semakin fokus dengan gadgetnya yang bergetar. Semoga anak - anak kita terarah meski jaman sudah serba instan seperti ini.. Amiiin

Bersambung lagi ya brooo... Nantikan cerita rakyat dalam kemasan sosial budaya desa kembangan hanya di Cangkrukke Desa Kembangan ( CDK).

Jika ada salah kata dalam penyebutan nama dan lainnya mohon maaf sebesar - besarnya,. terimksh 

Dirilis  : Oleh Admin Cangkru'e Desa Kembangan
Penulis : Pak lek Prasojo Kaniraras
Sumber : Pak lek Prasojo Kaniraras dan Pakdhe Guno
Lainnya : Baca cerita rakyat lainnya.