Friday 22 September 2017

Tasydid dalam Bacaan Sholawat dan Ucapan Salam




Masih diindahnya ngaji jarak jauh, sareng ustadz Yusron Hasan bin H. Ah. Mansur di mimbar dakwa Cangkru'e Desa Kembangan. Kali ini ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul " Tasdid dalam bacaan Sholawat dan ucapan salam".

Monggo ngaos sareng ustadz Yusron.



Tasydid dalam Bacaan Sholawat dan Ucapan Salam
 
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم
فصل : تشديدات أقل الصلاة على النبي أربع أللهم على اللام والميم صل على اللام على محمد على الميم

Artinya : Tasysdid-tasydidnya bacaan Sholawat atas Nabi SAW yang paling pendek itu ada empat 1 & 2.  أللهم tasydidnya di atas huruf lam dan huruf mim 3. صل tasydidnya di atas huruf lam 4. على محمد tasydidnya di atas huruf mim.

فصل : أقل السلام ألسلام عليكم تشديد السلام على السين

Artinya : Ucapan Salam paling sedikit ( pendek ) adalah : ألسلام عليكم تشديد , dan tasydidnya kata ألسلام ada di atas huruf sin.

Keterangan :

Membaca Sholawat atas Nabi Muhammad SAW adalah termasuk salah satu rukun Sholat, dan Sholawat itu wajib di baca setelah membaca Tasyahhud akhir sedangkan setelah tasyahhud awal hanya disunnatkan untuk  membaca Sholawat atas Nabi Muhammad SAW. Dan bacaan Sholawat terpendek adalah :   أللهم صل على محمد  yang di dalamnya terdapat empat tasydid yaitu :

1 & 2.  Lafadz  أللهم tasydidnya berada di atas huruf lam dan huruf mim karena itu untuk huruf mimnya harus dibaca mendengung dua ketukan ( bacaan ghunnah )
3. صل tasydidnya di atas huruf lam, bacanya adalah Shol-li ( agak ditekan ) dan tidak boleh dibaca Sho-li
4. على محمد tasydidnya di atas huruf mim. Bacanya adalah : ‘alaa Muham-mad, tidak boleh dibaca ‘alaa Muha-mad

Setelah membaca Sholawat atas Nabi Muhammad kemudian kita lanjutkan dengan mengucapkan salam sebagai rukun qouli ( rukun berupa ucapan ) yang terakhir dalam Sholat, dan ucapan salam paling pendek adalah : ألسلام عليكم dan tasydidnya ada satu yaitu di atas huruf sin pada kata ألسلام karena itu bacanya adalah ; As-salamu dan tidak boleh dibaca A-salamu


والله اعلم بالصواب 

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber : كاشفةالسجا Karya : Syaikh Muhammad Nawawi bin Umar Al-Jawi


No comments:

Post a Comment