Friday 2 November 2018

." Makna لااله الا الله محمدرسول الله ".




Masih di indahnya ngaji jarak jauh sareng ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur, pada mimbar dakwa Cangkru'e Desa Kembangan. Kali ini Ustads akan menyampaikan kemasan yang berjudul " Makna لااله الا الله محمدرسول الله ". Sebelum kita melanjutkan ngaji, admin mengajak kepada seluruh warga CDK untuk membacakan Surat Al Fatihah dan kita hadiahkan kepada para Almarhum yang telah mendahului kita, khususnya yang meninggal dunia pada beberapa hari ini, diantaranya Almarhum Bapak Ali Madjid , Ibu Musni dan Bpk Seger .. Alfaatihah....


Monggo ngaos sareng Ustadz Yusron.



Makna لااله الا الله محمدرسول الله

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم

ويجمع معنى هذه الصفات كلها لااله الا الله محمدرسول الله

Artinya : Dan makna dari semua sifat ini ( Sifat-sifat Allah سبحاه وتعالى dan sifat-sifat Para Rosul عليهم الصلاة والسلام ) terkumpul dalam makna lafadh لااله الا الله محمدرسول الله

Maksudnya :
Makna yang terkandung dalam lafadh  لااله الا الله محمدرسول الله itu sudah memuat semua sifat yang berhubungan dengan Allah سبحانه وتعالى dan semua sifat yang berhubungan dengan Para Rosul عليهم الصلاة والسلام.
Dalam lafadh لااله الا الله  itu terdapat pengakuan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah سبحانه وتعالى dan penetapan bahwa Tuhan itu adalah Allah سبحانه وتعالى dan hakekat dari Tuhan adalah yang boleh disembah secara haq.
Dari makna lafadh لااله الا الله  itu bisa ditetapkan dua hal yaitu :
1.      Tidak ada satupun yang tidak butuh kepada yang lain kecuali Allah سبحانه وتعالى
Maksudnya : selain Allah سبحانه وتعالى itu butuh kepada yang lain sedangkan Allah سبحانه وتعالى itu tidak butuh kepada yang lain.
2.      Tidak ada yang dibutuhkan oleh yang lain kecuali Allah سبحانه وتعالى
Maksudnya : hanya Allah سبحانه وتعالى yang dibutuhkan oleh setiap Makhluk, sedangkan dzat selain Allah سبحانه وتعالى itu secara hakekatnya tidak dibutuhkan oleh yang lain.

Dan dzat yang tidak butuh kepada yang lain tapi dzat tersebut dibutuhkan oleh siapapun itu pastilah mempunyai sifat-sifat yang agung ( terkumpul dalam dua puluh Sifat Wajib ), dzat tersebut pasti suci dari segala kekurangan ( terkumpul dalam dua puluh Sifat Mustahil ).dan dzat tersebut tidak wajib melakukan suatu perbuatan yang bersifat mungkin dan juga tidak wajib untuk meninggalkan suatu perbuatan yang bersifat mungkin.
Sedangkan dalam  makna lafadh محمدرسول الله  itu terdapat pengakuan tentang kebenaran Muhammad صلى الل عليه وسلم sebagai utusan Allah سبحانه وتعالى.
Dengan mengakui kebenaran Nabi Muhammad صلى الل عليه وسلم berarti mengakui tentang kejujurannya, menerima apapun yang disampaikan oleh Nabi Muhammad صلى الل عليه وسلم dan mengakui tentang kecerdasan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad صلى الل عليه وسلم ( semuanya terkumpul dalam empat Sifat Wajib bagi para Rosul عليهم الصلاة والسلام )
           
والله أعلم بالصواب
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber : الرياض البديعة  karya : Syaikh Muhammad Hasbullah

No comments:

Post a Comment