Friday 2 October 2015

KEUTAMAAN SHODAQOH ( Cara Menghindari Sifat Bakhil )




Apa kabar hari ini ??? Admin harap anggota ngaji jarak jauh di majlis CDK di beri keadaan yang baik, sehat selalu dan lapang rizki,. Langsung saja , Jumat ini Ustadz kita Yusron Hasan Bin H. Ah . Mansur akan menyampaikan kemasan islam melalui Judul KEUTAMAAN SHODAQOH ( Cara Menghindari Sifat Bakhil ).

Monggo di baca pelan - pelan , diangen - angen ,. di pahami dan di laksanakan ,., Ngaji jarak jauh bersama Ustadz Cyber Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur.

السلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته 

Seringkali seseorang yang punya banyak Rizki maka akan menjadi bakhil atau enggan untuk mensedekahkan hartanya kepada orang lain, padahal sebagian harta kita itu adalah merupakan hak orang lain yang harus kita berikan kepada mereka. Sifat Bakhil yang ada pada diri kita itu harus kita lawan dengan banyak bersedekah, dan untuk membangkitkan diri kita menjadi orang yang rajin bersedekah maka kita harus tahu beberapa keutamaan shodaqoh antara lain: 

1. Menghapus kesalahan

Sebagai manusia biasa tentunya merupakan sebuah kewajaran bila kita terkadang melakukan kesalahan yang terkadang tidak kita sadari, karena itu agar kesalahan kita terhapus maka kita harus rajin bersedekah. Rosulullah SAW bersabda:

 والصدقة تطفئ الخطيئة كما تطفئ الماء النار
  ( أخرجه الترمذي ) 

Artinya : Shodaqoh itu bisa menghilangkan kesalahan sebagaimana air mematikan api ( HR, Turmudzi )

2. Mencegah meninggal dalam kejelekan


Kematian merupakan sebuah misteri dan kita tidak akan tahu apakah kita meninggal dalam keadaan baik ( Husnul Khotimah ) ataukah meninggal dalam keadaan jelek ( Su'ul Khotimah), namun dengan bersedekah Insyaallah kita akan terhindar dari meninggal dunia dalam kejelekan, sesuai dengan keterangan sebuah Hadits yang berbunyi:

 قال النبي صلى اللّٰه عليه وسلم : الصدقة تدفع ميتة السوء 

Artinya : Nabi SAW bersabda: Sedekah itu bisa menolak kematian dalam kejelekan 

3. Menjadi tempat berteduh besuk di Hari Kiamat

Padang Mahsyar adalah tempat yang sangat panas, karena tidak ada tanaman dan lantainya pun terbuat dari sejenis marmer, semua manusia akan merasakan panas yang luar biasa namun bagi orang yang ahli sedekah akan diberi tempat khusus untuk berteduh saat di padang mahsyar. Rosulullah SAW bersabda:

 قال رسول اللّٰه صلى اللّٰه عليه وسلم : إن الصدقة لتطفئ عن اهلها حر القبور وإنما يستظل المؤمن يوم القيامة في ظل صدقته 

( رواه الطبراني) 


Artinya: Rosulullah SAW bersabda: Sesungguhnya sedekah itu bisa meredam panasnya kubur dari orang yang ahli sedekah dan sesungguhnya orang beriman itu akan berteduh di bawah bayangan sedekahnya besuk di hari kiamat ( HR Imam Thobaroni ) 

4. Menjadi perisai dari Api Neraka

Setiap orang pasti ingin terhindar dari api neraka dan tak satupun orang ingin masuk ke dalamnya dan salah satu cara yang bisa kita lakukan agar kita terhindar dari api nerak adalah dengan cara bersedekah, dalam sebuah Hadits disebutkan

 قال صلى الله عليه وسلم : صدقة السر تطفئ غضب الرب وصدقة العلانية جنة من النار 

Artinya: Rosulullah SAW bersabda: Shodaqoh dengan cara rahasia itu bisa meredam kemarahan Tuhan dan Shodaqoh dengan cara terang-terangan itu bisa menjadi perisai dari api neraka Dalam Hadits yang lain disebutkan:

  عن ميمونة بنت سعد رضي اللّٰه عنها قالت: يارسول اللّٰه افتنا عن الصدقة فقال: إنها حجاب من النار لمن احتسبها يبتغي بها وجه اللّٰه عز وجل
( رواه الطبراني ) 

Artinya: Dari Maimunah binti sa'ad RA Dia bekata: Wahai Rosulallah beritahulah kami tentang sedekah maka Rosulullah SAW bersabda: Sesungguhnya sedekah itu merupakan penghalang dari api neraka bagi orang yang melakukan sedekah semata - mata karena Allah yang Maha Mulia dan Maha Agung ( HR Imam Thobaroni ).

Selain beberapa keutamaan di atas, Shodaqoh itu juga menjadikan harta kita menjadi kekal sampai besuk di akherat karena pada hakekatnya ketika kita bersedekah itu berarti kita telah menitipkan harta kita kepada Allah SWT. Dalam Surat An Nahl Ayat: 96 disebutkan:

 مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ ۖ وَمَا عِنْدَ اللَّهِ بَاقٍ ۗ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِينَ صَبَرُوا أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ 

Artinya: Apa yang di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan sesungguhnya Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

Begitu besarnya keutamaan Sedekah, karena itu marilah kita biasakan sedekah setiap hari sesuai kemampuan kita, bagi yang punya ilmu marilah kita sedekahkan ilmu kita, bagi yang punya harta marilah sedekah dengan harta kita, bila kita tidak punya apapun paling tidak bersedekahlah dengan senyuman kita. Demikian semoga bermanfaat, Amiin.

 والسلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته 

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur 
Sumber :1. لباب الحديث karya : Al Hafidz Jalaluddin bin Abd. Rohman bin Abi Bakar As Suyuthi s 
             2. وصايا الرسول karya : Hamzah Muhammad Sholeh Ajjaj
Lainnya  : Link Mimbar dakwa desa kembangan

No comments:

Post a Comment