Friday 31 July 2015

Empat Bahaya Takabbur


Setelah pada jumat lalu mimbar dakwa cangkru'e desa kembangan di liburkan , Alhamdulillah ., meski sedikit telat hari ini,( Jumat , 31-07-2015) kita sebagai jamaah dunia maya yang selalu menanti siraman rohani dari ustadz Yusron Hasan bin H . Ahmad Mansur, dapat memetik hikmah atau ilmu islam kembali , yang di gambarkan dan di kemas oleh ustadz yusron dalam artikel yang berjudul " Empat Bahaya Takabbur " .

Langsung saja ,. monggo ngaji jarak jauh bersama ustadz Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur .

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Takabbur merupakan salah satu sifat tercela yang harus kita jauhi dan merupakan sifat yang dimiliki oleh iblis laknatullai alaihi , tapi tahukah kita apakah yang di sebut takabbur ? Syaikh Muhammad Al Fadloli mengatakan dalam kitab kifayatul' Awam :

التكبربطرالحق وغمص الخلق

Artinya : Takabbur ( Sombong) yaitu menolak kebenaran dan menganggap remeh makhluk, maksudnya merasa dirinya paling benar dan menganggap remeh orang lain karena merasa dirinya lebih pandai dan lebih mulia dari pada orang lain seperti gambaran iblis yang tidak mau hormat kepada Nabi Adam karena merasa dirinya lebih baik dari pada Nabi Adam hanya karena dia di ciptakan dari api sedangkan Nabi adam di ciptakan dari tanah.

Hujjatul islam syaikh Abu Hamid Muhammad Bin Muhammad Al-Ghozali mengatakan dalam kitab minhajul Abidin, Bahwa bahaya sifat sombong itu ada empat (4) :

1)

حرمان الحق وعمي القلب عن معرفة اياث الله تعالى وفيها احكام الله تعالى 

Yaitu  : terhalang dari kebenaran dan terbukannya mata hati dari pengetahuan tentang ayat - ayat Allah SWT, yang di dalamnya terdapat hukum - hukum Allah SWT . Karena itulah maka orang yang punya sifat takabbur cenderung untuk berbuat kesalahan tapi dia tidak merasa bahwa yang di perbuat adalah salah.

2)

المقت والبغض من الله تعالى

Yaitu : Mendapatkan Murka dan kebencian dari Allah SWT. Maksudnya orang yang punya sifat takabbur (sombong) itu tidak di sukai oleh Allah SWT, sebagaimana firman Allah انه لايحب المستكبرين (Sesungguhnya Allah tidak suka pada orang - orang yang sombong).

3)

الخزي والنكال في الدنيا والاخرة

Yaitu : terhina dan tersiksa di dunia dan di akhirat , maksudnya orang yang sombong itu baik di dunia ataupun diakhirat dia adalah tergolong orang yang hina karena mempunyai sifat seperti iblis dan hidupnya akan tersiksa karena tidak ada yang menyukainnya.

4)

الناروالعذاب في العقبى

Yaitu : Dimasukkan kedalam neraka dan disiksa besuk di akhirat, orang yang sombong besuk di akhirat akan di siksa dan akan di masukkan kedalam neraka beserta iblis dan anak buahnya sebagaimana firman Allah dalam hadits qudsi yang berbunyi: 

الكبرياء ردائي والعظمة ازاري فمن نا زعني في واحد منهما ادخلته نار جهنم

Artinya : Sifat sombong adalah selendangku dan keagungan adalah pakaianku maka barang siapa mengambil salah satunya dariku , maka akan aku masukkan kedalam neraka jahannam, berarti hanya Allah sajalah yang Maha Besar seperti pengakuan kita dalam bacaan takbir الله اكبر Hanya Allah yang Maha Besar.

Begitu bahayanya sifat takabbur bagi makhluk baik di dunia maupun di akhirat, karena itu semoga Allah SWT , melindungi kita dari sifat sombong. Amiin.

Perlu diketahui bahwa sebelum Nabi Adam di ciptakan iblis itu sudah ratusan tahun beribadah kepada Allah SWT, namun karena dia sombong iblis dilaknat oleh Allah SWT. Bagaimana dengan kita yang ibadahnya hanya sekedarnya saja , layakkah kita sombong?.

Demikian semoga bermanfaat . Amiin.

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur 
Sumber : كفاية العوام       : Karya Syaikh Muhammad Al Fadloli
             : منهاج العابدين   : Karya Syaikh Muhammad Al-Ghozali
Lainnya  : Link Mimbar dakwa desa kembangan

No comments:

Post a Comment