Wednesday 23 July 2014

"" das- dasan""



  • Banyak Pemain 
              Permainan ini  memiliki pemain 2 orang saja seperti permainan catur.
  • Waktu Permainan 
Permainan ini biasanya dilakukan pada saat santai atau lagi nganggur, lagi nongkrong di prapatan, atau waktu admin dulu suka di blabak pos kamling.
  • Alat Permainan
            Alat permainan ini tidak usah beli, cukup nyari batu kapur (katel) dan gambarkan di papan seperti gambar di atas, atau pensil dan gambarkan dikertas. Untuk biji das-dasannya , bisa menggunakan krikel cilek, dan suwekan godong (tp awas kalo godong disebol mabor hehe) yang penting cirinya berbeda dari biji punya lawan, ya mirip catur lah hitam sama putih. nah untuk jumlahnya sepuluh biji masing-masing kubu.

  •  Cara permainan

Permaininan ini hampir mirip seperti permainan catur, yang tujuannya menghabisi biji lawan, bedanya disini power dari setiap biji dari 1 sampai 10 levelnya sama, sedangkan kalau di catur kan ada prajurit (pion) sampai Ke raja. dan tidak harus mematikan dengan kata "skak mat".

Permainan ini biasanya dimainkan oleh anak laki-laki. "dari pada gelot mending das dasan hehe". perempuan juga bole asal kalau kalah jangan jambak-jambakan " tarik-tarikan rambut"..  permainan ini harus sabar dan iklas kalau biji das dasanya kemakan (dilangkahi biji lawan berarti kemakan atau mati).,

Setelah media di buat dan biji das dasan disiapkan, maka permainan siap dimulai, . saya menggunakan pemain merah dan biru, seperti biasa cari siapa yang melangkah terlebih dahulu ya bisa lewat pinsut atau lempar koin.

""klunting- klunting koin jatuh"".. admin ibaratkan pemain merah melangkah dulu, oia setiap biji das - dasan langkahnya bebas mundur - maju , (diagonal , vertikal) tetapi cuma satu langkah saja. nah ketika pemain merah sudah melangkah kemudian di ikuti pemain biru , begitu seterusnya.

Bagaimana mematikan biji das lawan ??, tadi admin sudah sekilas menerangkannya yaitu melangkahi titik biji das lawan bisa dia gonal atau vertikal dengan catatan di titik berikutnya harus kosong biji das. ini juga merupakan perbedaan dengan catur. kalau di catur jika pion ingin memakan berarti harus menempati titik atau kotak bidak di depannya (secara diagonal).

Permainan ini memerlukan ketelitian yang tinggi. jika pemain biru tidak teliti ketika pemain merah menjebak, dengan menaruh umpan di depan biji das pemain biru dan pemain biru tidak memakannya padahal harus dimakan nah itu yang dinamakan DAS (Dalbo Awakmu Salah) hehe ngarang.

Ketika DAS terjadi maka pemain merah berhak mengambil 3 biji pemain biru terlebih dahulu. kemudian melanjutkan melangkah. biasanya pemain tidak asal mengambil 3 biji das , tetapi memikirkan titik yang mana saja yang harus kosong yang kemudian pada saat melangkah setelah mengambil 3 biji das itu bisa memakan lagi dengan sepuasnya.,yang artinya dalam kasus Das boleh melangkahi berkali - kali.

Terkadang juga tidak harus menunggu DAS untuk memakan /melangkahi berkali-kali , kalu ada kesempatan memakan dan ketika di titik selanjutnya masih bisa memakan,. ya makan / langkai saja.. dan anda pasti menang.,!! hehe


Jika biji das biru sudah habis maka menanglah pemain merah., seru kan.,..?!
Lihat juga permainan desa kembangan yg lain disini jika ada yang kurang monggo dikasih tambahan .,, hehe selamat mencoba...!!

No comments:

Post a Comment