Wednesday 11 February 2015

Bermain masak-masakan mie-mie-an ( Tali Putri) _ Permainan jadul desa kembangan

image nyila mbah google

Sekali lagi admin akan mengangkat permainan jaman dulu (jadul) desa kembangan,.   yaitu  bermain masak-masakan mie-mie-an ( Tali Putri). siapa yang masih ingat dengan tumbuhan mie- miean itu berarti pean sudah tergolong tua , termasuk admin hehehe.

Sebelumnya kita flashback dulu mengenang masa yang sangat lampau,. dulu setiap pagar rumah warga desa kembangan masih menggunakan pohon pagar , seperti kembang potong (sekarang punah), lontas, kembang sepatu, dll. Tumbuhan-tumbuhan pagar itu lah yang menjadi tempat hidup tumbuhan yang lebih di kenal dengan mie - miean oleh anak warga desa kembangan tempo dulu.

Hampir di setiap tanaman pagar warga desa kembangan yang mengandung tanaman parasit berwana kuning itu, misal di sepanjang jalan RT 1 di blok bapak munjiat , di sebelah rumah bapk H. suraman RT 2 , di depan rumah moksen pak por, di sekitar telaga timur, di sebelah barat rumah almarhum bpk H. sajam (Ismail H), di depan rumah bapak kartaji, di sepanjang jalan RT 7, dan lain - lain ,. oia dulu depan rumah admin juga ada lho ,., hehehe , #Tinggal kenangan

Dan singkatnya kita sekarang tidak lagi menjumpai tanaman yang dalam bahasa indonesanya disebut Tali putri , karena pagar - pagar rumah warga desa kembangan sudah di sulap menjdi pagar semi cor kombinasi besi atau full besi.

image pinjam google

Tanaman yang berwana kuning itu memang cocok untuk bahan permainan masak - masakan,. selain bentuknya yang menyerupai mie sesungguhnya ,. cara mendapatkan juga sangat mudah,., ya tinggal lari kepager rumah (jaman dulu lho), comot di pohon pagar dan di bawah ke tempat berkumpulnya anak bermain masak - masakan.

Cara memainkannya juga sangat mudah, di olah menjadi mie goreng tinggal pura - pura di goreng, pengen mie rebus ya tinggal di guyang (guyur) air,. dan penyajiannya bisa menggunakan pecahan gendeng (genting) sebagai piring, atau suwekan godong gedang (daun pisang) di jadikan pincuk (wadah). hehe pokoke permainan jaman dulu penuh imajinasi..

Selain memberi kombinasi makanan dalam permainan masak- masakan , tidak dapat di pungkiri anak jaman dulu bisa lebih kreatif, beribu imajinasi, pengetahuan jenis tanaman juga lebih banyak.

Tidak seperti anak jaman sekarang, bermain - masak masakan hanya di tablet atau tap yang sudah mendowndload game-game kategori cooking.. ya memang anak - anak mudah memainkan,. tapi tidak sekreatif anak - anak jaman dulu.

image pinjam mbah google
Kini tanaman dengan nama latin Cassytha filiformis L sudah punah di bumi desa kembangan. tetapi kenangan akan permainan yang pernah ada di desa kita tidak akan terlupakan,. penuh kenangan, penuh imajinasi dan yang lebih jelas tanpa mengeluarkan ongkos,., hehehe

Sampai disini dulu,. semoga menjadi inspirasi pembaca untuk menambah nilai kenangan terhadap segala sesuatu yang pernah ada di desa kembangan,.,
Lihat juga permainan desa kembangan yg lain "klik"disini

No comments:

Post a Comment