Wednesday 12 November 2014

"Masjid Raudlotul falah Desa kembangan"

Foto by moksin jebretan dari depan musholah
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh , Kali ini admin sedikit bicara tentang masjid di desa kembangan, desa kembangan memiliki "masjid raudlotul falah" yang berdiri megah dan kokoh dengan perpaduan warna cat yang cerah dan goresan yang berseni tinggi. ketika masuk halaman masjid suasana sudah berubah, yang gunda menjadi agak terarah, yang terarah mungkin semakin yakin tujuannya.
Pagar variasi setenlis mengelilingi masjid dengan kokoh mengkilap menambah indah, dan paping merah bermotif sarang madu membuat halaman masjid terlihat manis.

Sendal mahal atau pun murah wajib di lepas saat hendak melangkahkan kaki mulai dari serambi sampai masuk kedalam masjid, ya menjaga kesucian lantai,.

Lantai yang  beralaskan marmer menyambut sejuk kaki - kaki telanjang dan mengantarkan ibadah lebih damai.

Foto diambil oleh mukhsin
Masjid yang mengalami 3 Tahap (Pembongkaran, mengecoran dak, dan marmerisasi) pembangunan itu di rombak total pada tahun 2001, Dan pembangunan masjid dimulai pada hari rabo pon tanggal 26 juni 2002, peletakkan batu pertama di hadiri oleh KH. Abdullah Faqih dari Langitan dan di sah kan oleh beliau juga.

foto by Mukshin anake pak por
Megah , tinggi, indah, gambaran masjid desa kembangan, Apa lagi di pandangi disaat malam hari, sinar lampu yang menjurat terang kemilau menjadikan indah pemandangan malam.

Masjid berlantai satu ini memang nampak rapi dan bersih, dan di jamin kesucian lantainya. berkat anggota takmir yang ikhlas mengeluarkan tenaganya untuk hidupnya masjid, dan Takmir masjid yang di ketuai oleh bapk Marzuki, S.Pd, lulusan S-1UNDAR Jombang itu menyelenggarakan beberapa kegiatan masjid untuk menghidupkan masjid.

image by H. Ridwan RT 3
Kegiatan - kegiatan masjid Raudlotul falah sebagai berikut :
  1. Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) , seperti maulid nabi, isro' mi'roj dll. sering di selenggarakan di masjid. 
  2.  Pemotongan hewan Qurban  idul adha. dan sebagai tempat pembagian hewan Qurban sebelum di distribusikan kepada warga.
  3. Tidak hanya kegiatan PHBI saja , seperti Peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus.  tahun kemarin juga di adakan dilingkungan masjid.
  4. Ba'da magrib setiap hari senin dan selasa di adakan pengajian / atau tausiyah rutin tentang pendalaman ilmu agama, misal ilmu tauhid , fiqih, akhlak, dan lain- lain.
  5. Ba'da isya' setiap hari senen malem selasa di adakan diba'an , bersholawat nabi dengan mendayu merdu, semoga mendapat syafaat dari baginda Nabi Muhammad SAW. Amiin
  6. Setiap hari kamis malem jumat ba'da magrib , setelah wirid membaca tahlil bersama.
  7. Setiap satu bulan sekali pada hari jumat legi di adakan khotmil Quran , yang amalan di hadiahkan kepada Ahli kubur warga desa kembangan. Khotmil Quran diadakan pertamakali pada hari kamis tanggal 7 Desember 1995 yang dulu di bacakan setelah ba'da subuh hari kamis, berakhir pada malam kamis setelah sholat magrib, dilanjut bacaan tahlil bersama berikut doa. dan sekarang di bacakan mulai dari malem rabu ba'da sholat magrib. 
Diatas merupakan kegiatan - kegiatan yang diselenggarakan di masjid bisa di bilang rutin, selain kegiatan sholat lima waktu berjamaah . Pernikahan warga untuk akad juga sering di lakukan di masjid mega itu. semoga dengan akad di sana menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah. amin.

Bapak Baidlowi sebagi imam masjid , menggantikan Almarhum bapk H. jamaludin yang sekaligus sebagai ayahnya. Istiqomah menjadi imam dan terlihat datang lebih awal. dan doa - doa yang insyaAllah Mustajabah selalu di lantunkan setelah wirid sholat.. semoga mustajabah ,. amiiiin

Dulu pada masjid yang lama (belum berkuba) pernah di ramaikan anak - anak yang belajar mengaji di setiap ba'da magrib, namun setelah masjid berubah menjadi megah sekarang terlihat sepi kosong seperti tanpa pengunjung.. semoga ustadz - ustadz seperti Bpk yusron hasan, bpk, M. Rozi, Bpk mujiono, Zaini, dan ustadzt - Ustadz muda lainya. berkerjasama dan berpartisipasi menjadi ustadz yang mengajarkan ilmu agama di masjid raudlotul falah. sebelum anak - anak berani mengayuh sepeda sampai kedesa karang belajar di mbah wi (K.H. Asnawai Abdurohman). ya mungkin bisa sedikit menjadi sentuhan islami di saat sore hari di desa kembangan,. dan insya Allah terlahir banyak generasi yang cinta islam sejak dini. amiin

Image By Mokhsen RT 3
Ketika kita berada di perantauan  dan mendengar kumandang adzan yang menggetarkan jiwa saat kita masih di pinggiran jalan, kadang hati menjadi terenyuh dan rindu dengan adzan para muadzin masjid radhotul falah, seprti bpk Tarji dengan suara khas,. lengkingan yang mendayu memecah lelah, bapak faqih atau akrab di panggil pake dengan suara yang khas pada nada pertama, bapak isro' yang elegan, bapak kastio nada tegas, bapak rasemat dengan gaya pegangan mic yang berciri. Bapak moden baidlowi yang gaul juga memberi warna pada adzan nya. dan masih banyak muadzin yang memberi kenangan dan kerinduan pada masjid radlotul falah.

Namun di saat kita sudah di kampung halaman beberapa kali pun muadzin mengumandangkan adzan,. apakah pernah kita menghitung berapa kali kita berjamaah di sana??,. bahkan warna cat temboknya saja ada yang lupa,.  Astagfirullah..

Semoga besok pada saat kita berada di kampung halaman meski satu atau dua hari bermalem, kita bisa berjamaah dimasjid yang megah di bagun di tengah desa yaitu masjid Raudlotul falah. Amiiin..

No comments:

Post a Comment