Monday 18 August 2014

""DIRGAHAYU RI - ke- 69 Tahun 2014 _ Desa Kembangan""

foto by bpk kades huda , Aneka tumpeng kreatif  warga desa kembangan

Siapa yang tidak tahu setiap tanggal 17 Agustus adalah hari peringatan kemerdekaan Negara kita yang kita cintai ini , banyak cara di seluruh penjuru regional indonesa yang memperingati kemerdekaan itu dengan cara mengisi kemeriaan dengan berbagai lomba - lomba,.

Adapun berbagai macam - macam lomba sebagai berikut: Panjat pinang, desa kita pernah ada wak roko dengan memorabelnya "mlorooot lagi", makan krupuk, gigit koin, lari klereng , balap karung, sepeda lambat, memasukkan bendera/ paku dengan cara yang unik,balap bakiak, tarik tambang, tinju bantal diatas air , sepak bola contong/dompleng( main bola dengan menggunakan sarung dan muka di tutup dengan contong atau topeng krucut lubang kecil diujung yang gunakan untuk melihat bola). dan berbagai macam permainan unik sesuai kreatifitas panitia.

foto by muksin anake pak por persiapan menuju pesta tumpeng

Pada tahun 2014 ini warga kembangan secara kompak dari RT 1 sampai RT 7 memperingati dan merayakan hari kemerdekaan tidak dengan acara lomba seperti yang admin singgung diatas tetapi dengan cara yang sangat unik yaitu seacara serentak para warga mengeluarkan kreatifitas menghias tumpeng dengan berbagai asesoris yang berhubungan dengan hari peringatan kemerdekaan, seperti tanggal 17, bendera merah putih, atau 69 tahun dan lain-lain. yang selanjutnya akan di adakan pesta tumpeng di jalan raya sebelah selatan masjid desa kembangan.
Foto by bpk kades Huda , aneka tumpeng yang di siapkan di teras masjid raudlotul fallah

Tumpeng - tumpeng yang cantik serta unik juga lucu itu di kumpulkan diteras masjid sebelum di tempatkan di jalan raya desa kembangan yang multifungsi itu, bagaimana tidak bermacam kegunaan, selain fungsi utama dijadikan jalan utama, fungsi lain seperti, di gunakannya sebagai tempat sholat iedul fitri/adha, jemur gabah, dan ketika acara seperti ini.

Foto by bapak kades, saat tumpeng - tumpeng di gelar gi jalan raya




Seperti yang kita ketahui tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan Indonesia. Dibalik perayaan kemerdekaan negara kita, banyak orang di seluruh Indonesia pasti membuat lomba untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.
Ini dia beberapa jenis lomba yang ada saat perayaan 17 Agustus :
- See more at: http://www.momdadi.com/berita-486-yuk-kita-mengenal-jenis-lomba-17-agustus#sthash.yLCnIpu2.dpuf
Seperti yang kita ketahui tanggal 17 Agustus 1945 adalah hari kemerdekaan Indonesia. Dibalik perayaan kemerdekaan negara kita, banyak orang di seluruh Indonesia pasti membuat lomba untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia.
Ini dia beberapa jenis lomba yang ada saat perayaan 17 Agustus :
- See more at: http://www.momdadi.com/berita-486-yuk-kita-mengenal-jenis-lomba-17-agustus#sthash.yLCnIpu2.dpuf

Setelah terkumpul semua tumpeng - tumpeng yang sudah disiapkan dengan penuh semangat oleh ibu -ibu warga desa kembangan , kemudian di susun rapi di jalan raya yang disulap menjadi tempat yang penuh berkah itu.
Foto by Bpk Kades Huda , terlihat para warga pihak laki-laki desa kembangan sedang menikmati kemeryiaan
Foto by Bpk Kades Huda , terlihat para warga pihak permpuan desa kembangan sedang menikmati kemeriaan

 Acara yang di kemas seperti acara mauludan itu seharusnya di adakan setiap tahun, di harapkan tahun 2015 depan bisa di laksanakan kembali. karena manfaat dalam acara pemeriaan peringatan kemerdekaan seperti ini pasti banyak , dilihat dari kebersamaan yang sangat terlihat pada potret diatas, seperti halnya kebersamaan para pejuang memperjuangkan tanah air. 

Dalam acara ini tentunya siraman agama menjadi pemupuk para generasi untuk selalu berjuang atau hanya dalam peringatan kemerdekaannya dengan cara - cara yang islami. doa yang di bacakan pemimpin doa menambah hikmat dalam peringatan kemerdekaan kali ini.

Pada kemeriaan yang tidak ada pada desa sebelah ini, menjadi tempat berkumpulnya seluruh warga , baik kaya atau miskin, yang bertitel dan tidak, disana menjadi satu, campur , tidak ada diskriminasi sama sekali, semua berjuang untuk memeriakan acara yang bertujuan kebersamaan tanpa batas.

Meski tidak ada lomba seperti umumnya dalam peringatan kemerdekaan RI kali ini, mungkin dikarenakan panitia lelah dalam acara lebaran 2014 dan panen gabah. Para kreator / penggagas  acara ini admin acungi jempol, meski masih ada pihak yang tidak setuju karena tidak adanya lomba-lomba agustusan seperti umumnya.

Sekian dari admin semoga kita tetap di berikan kesehatan dan mampu memperjuangkan bangsa ini dengan cara kita masing masing, walau hanya dengan secuil doa semoga negara kita ini menjadi negara yang kuat , adil dan makmur bagi pemimpin dan warga di dalamnya. Amiin,. "" MERDEKA!!""
Lihat juga Kegiatan desa kembangan yg lain "klik"disini

No comments:

Post a Comment