Monday 6 October 2014

Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah_ Desa Kembangan

Gambar di ambil bapak huda - kades desa kembangan

اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَر اَللَّهُ اَكْبَرْ ـ لآاِلَهَ اِلاَّ اللَّهُ ـ اَللَّهُ اَكْبَرْ اَللَّهُ اَكْبَرْ وَلِلَهِ الْحَمْدُ.
,اللهُ اكبَر كَبيْرًا والحَمدُ للهِ كثِيرًا وَسُبحَانَ اللهِ بُكرَةً واَصِيلا, لااله اِلااللهُ ولانعْبدُ الاإيّاه, مُخلِصِينَ لَه الدّ يْن
 وَلَو كَرِهَ الكَا فِرُون, وَلَو كرِهَ المُنَافِقوْن, وَلَوكرِهَ المُشْرِكوْن 
, لاالهَ اِلا اللهَ وَحدَه, صَدَق ُوَعْدَه, وَنَصَرَ عبْدَه, وَأعَزّجُندَهُ وَهَزَمَ الاحْزَابَ وَاحْدَه, لاالهَ اِلاالله وَاللهُ اَكبر, اللهُ اكبَرُ وَِللهِ الحَمْد

""
Allah Maha Besar.. Allah Maha Besar.. Allah Maha Besar..
Tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar..
Allah Maha Besar.. Dan segala Puji Hanya kepada Allah...""
""
Allah maha besar dengan segala kebesaran,
Segala puji bagi Allah sebanyak-banyaknya,
Dan maha suci Allah sepanjang pagi dan sore.
Tiada Tuhan selain Allah dan kami tidak menyembah selain kepada-Nya dengan memurnikan agama Islam meskipun orang kafir, munafiq dan musyrik membencinya.
Tiada Tuhan selain Allah dengan ke Esaan-Nya. Dia menepati janji, menolong hamba dan memuliakan bala tentara-Nya serta melarikan musuh dengan ke Esaan-Nya.
Tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar. Allah maha besar dan segala puji bagi Allah. """"

Diatas adalah bacaan takbir yang berkumandang dari masjid dan surau - surau (langgar) desa kembangan,. Seakan bersautan dari kejauhan antara sumber takbir satu dan lainnya,. Semakin malam semakin mendayu merdu memecah sunyi hari - hari biasa, suara serak  anak kecil dengan semangat menggantikan ayahnya yang tertidur pulas, terlihat beberapa saja yang antusias bertakbir dari orang dewasa. Untuk yang masih sibuk berdagang pada malam takbir admin harap masih bertakbir meski dengan lirih dengan tangan sibuk membungkus pesanan. amiin

Setelah pagi menjelang, takbir tetap berkumandang, kali ini giliran orang dewasa yang bertakbir, semua warga berkumpul di masjid raudhotul falah, dari yang dewasa sampai bayi pun di gendongnya, perempuan berada di serambi timur serta memenuhi serambi utara masjid. Laki - laki berada di dalam masjid, dan sudah menjadi pemandangan biasa saking banyaknya warga yang ingin sholat ied berjamaah dimasjid raudlotul falah, sehingga dari tahun - ke tahun serambi selatan masjid tetap tidak bisa menampung jamaah laki-laki sehingga ada yang sholat di jalan raya utama desa kembangan, dan shof memanjang sampai ke depan rumah bapak senden khamid.

Sholat ied sudah dilaksanakan, jamaah pun bergegas pulang , takbir sejenak menjadi sunyi,. dan satu per satu hewan qurban dituntun dari rumah warga menuju masjid raudhotulfalah. "'mbek mbek mebek mebek" suara kambing gemuk di tuntun dengan mudahnya seakan sang hewan qurban sudah ikhlas untuk di qurbankan.

gambar by pak kades huda

 Warga sangat antusias meramaikan ibadah qurban kali ini, terbukti banyaknya warga yang berdatangan ke masjid dan terlihat anak kecil berjalan santai sambil melihat hewan qurban yang di ikatkan talinya di pagar masjid raudlotul falah. Nampak di atas bapak zudi doser selaku panitia mengikatkan tali salah satu kambing ke pagar masjid.

gambar by pak kades huda
Idul Adha di tahun 2014 ini, terlihat cukup banyak yang berqurban sampai-sampai hewan qurban tidak hanya di ikatkan di pagar masjid raudlotul falah saja , pagar rumah warga sebelah masjid juga menjadi tempat untuk mengikatkan hewan-hewan qurban. Alhamdulillah 31 ekor kambing di tahun 2014 ini..

gambar by pak kades huda
Tidak hanya kambing saja yang di jadikan hewan qurban ditahun ini ,. terhitung 3 ekor sapi yang menjadi hewan qurban. Alhamdulillah sekali lagi..

Satu persatu hewan qurban terus berdatangan, kain putih serta untaian bunga yang menyelimuti hewan qurban menambah kesakralan saat itu.

Gambar by pak kades huda
Alhamdulillah semakin kompak panitia qurban tanhun 2014 ini, dengan seragam biru dongker kombinasi merah nampak para panitia menunggu tugas mulianya. rukun , gotong royong, dan penuh keikhlasan.
terlihat bapak zubairi sedang mendata hewan qurbannya dan bpk moden baidlowi mengasah pedang untuk memotong hewan-hewan qurban nantinya. Semangat selalu buat panitia dan tampil lagi di Qurban tahun depan.

Gambar by pak kades huda
Setelah sudah berkumpul semua hewan koraban di masjid raudlotulfallah, panitia memberi sambutan sejenak serta ber doa untuk keberkahan,. selepas itu panitia membagikan hewan qurban yang berjenis kambing secara rata menurut panitia dengan cara membagi kambing yang masih hidup ke setiap RT, jumlah kambing disesuaikan sensus kependudukannya. yang nantinya akan di potong di lokasi setiap RT masing - masing.

Untuk hewan qurban berjenis sapi tidak di bagikan ke setiap RT tetapi akan di potong di masjid dan dagingnya akan di bagikan kepada seluruh warga desa kembangan, yang mana sebelumya panitia sudah membaginya dengan rata dan adil (nggowo timbangan). Nampak gambar diatas moden baidlowi memotong sapi qurban di bantu dengan panitia lainnya.

Gambar by kades huda
Seluruh panitia terlihat sibuk semua ikhlas tanpa pamrih dalam melaksanakan tugas - tugasnya. semangat !!!

Dan ibadah Qurban tahun 2014 telah usai di laksanakan pada hari minggu tanggal 5 Okatober , semoga ditahun depan lebih banyak lagi yang berQurban, panitia lebih semangat dan kompak selalu., amiin

Oia admin hanya sedikit sumbang saran, sebaiknya semua hewan qurban di potong di masjid dan kemudian daging di bagikan kepada seluruh warga secara adil. ya sekedar untuk menjaga keadilan saja. 

Ibadah Qurban yang bersejarah dari  kisah kesabaran , ketulusan , tawakalnya dan kecintaan Nabi Ibrahim AS kepda Allah SWT. Semoga menjadikan kita semua untuk semakin mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.. Amiin
Lihat juga Kegiatan desa kembangan yg lain "klik"disini

No comments:

Post a Comment