Tuesday 11 November 2014

" Dakon / congklak "

Gambar nyila mbah google

Kali ini admin akan sedikit mengingatkan pada pembaca yang kebetulan lewat pada blog ini bahwa negara kita memiliki permainan tradisional yang sangat mendunia,. tentunya warga desa kembangan juga pernah memainkan permainan ini. Tapi akhir - akhir ini bisa di bilang sangat di sayangkan karena sepertinya tidak lagi di mainkan di desa kembangan . kalau ada yang masih memainkan ,. Alhamdulillah masih melestarikan,. tak acungi jempol,. hehe

Permainan yang diwariskan oleh leluhur dan sebagai pengasah otak , melatih untuk bersikap jujur, dan mengajarkan untuk bersabar, mungkin lebih baik dari permainan jaman sekarang. ya dari pada anak belum cukup umur sudah cabe - cabean (genit-genitan) turut dalan (di pinggir jalan) nungguin gebetan lewat,. mending di rumah maen dakon mengisih waktu main. hehe

Nah dalam tulisan ini, admin akan sedikit mengingatkan bagai mana cara memainkan dakon kepada pembaca yang sedikit melupakan prosedur permainan, apalagi bagi yang belum bisa sama sekali,. ya harus baca sampai tuntas hehe.
Sebelumnya admin akan menjelaskan apa saja kah yang di butuhkan untuk bermain dakon. Pertama tentunya papan dakon yang memiliki 16 lubang harus disiapkan, bisa buat sendiri dari kayu, atau beli di tokoh mainan (wingi admin eroh bahan plastik di toko mainan). yang mana papan dakon memiliki 7 lubang didepan setiap pemain dan 1 lubang di pojok kanan dan 1 lubang di pojok kiri.
Kedua alat yang harus ada adalah biji dakon , biji dakon bisa dari krikil atau biji sawo (kecek) yang ber jumlah 98 biji.

Selanjutnya cara permainannya sebagai berikut. Pertama peserta berjumlah 2 orang , ya kalau mau ngajak temen bisa jadi penasehat,. bila 4 orang yang 2 memainkan dakon yang dua lagi umek dadi penasehat di masing - masing kubu,. hehe

Permainan selanjutnya biji sawo yang berjumlah 98 di sebar atau di isi kan dengan adil ke 7 lubang di depan setiap pemain, berarti 14 lubang di isi dengan masing - masing 7 biji dakon. (98 / 14 = 7) dari sini saja sudah mengajarkan tentang keadilan,. hehe

Setelah sudah di sebar biji- biji dakon, maka tinggal 2 lubang dakon yang ada di sisi kanan dan kiri pemaian yang belum diisi biji dakon. nah kedua lubang tersebut menjadi tempat save / menyimpan biji milik pemain karena pada inti permainan ini adalah mengumpulkan sebanyak - banyaknya biji dakon ke lubang yang merupakan lumbung yang di sisi pojok papan dakon. dan kalah menangnya permainan ini di tentukan dari banyak biji dakon yang di kumpulkan. lubang penyimpanan para peserta adalah di pojok kanan papan dakon jadi masing masig satu lubang penyimpanan.

Sebelum bermain, peserta melakukan ping sut dulu untuk menentukan siapa yang bermain lebih dulu. Setelah  itu permainan dimulai dengan mengambil seluruh biji dakon di satu lubang dan selanjutnya menyebarnya satu per satu biji dakon ke lubang lain secara urut.

Aturan menyebar biji sebagai berikut:
  1. Biji yang di ambil dari satu lubang , di taruh atau di jatuh kan satu persatu biji dari genggaman ke lubang secara urut.
  2.  Pada saat melewati lubang penyimpanan yang ada di pojok milik kita. kita boleh menjatohkan satu biji kedalam lubang penyimpanan kita.
  3. jika melewati lubang penyimpanan pemain lawan tidak usah di isi ,. karena tujuan utama adalah perbanyak isi biji di lubang penyimpanan, maka menang ,.
  4. Memikul , Memikul bisa dilakukan bila biji terakhir jatuh di lubang kosong lawan dan kita bisa mengambil biji - biji yang ada di kanan atau kiri lubang kosong yang kemudian di ambil diangkut ke lubang penyimpanan. 
  5. Nembak , Nembak bisa dilakukan dengan cara jika biji dakon terakhir di lubang yang kosong milik lawan maka kita bisa mengambil biji yang ada di sebrangnya atau dengan kata lain di wilayah lubangan kita sendiri bisa juga sebaliknya . yang penting nembak kelubang seberang.
Ada trik - trik untuk menuju kemenangan dakon,.
Kita tentukan ambil kumpulan biji di lubang yang mana untuk di sebar , disini pemain sedikit di tuntut untuk mengkalkulasi / mengukur / menghitung dengan tujuannya agar biji terakhir dari kumpulan biji yang disebar bisa jatuh di lubang yang kosong. jika biji jatuh di lubang yang kosong, anda bisa mikul/nembak ( keterangan ada di aturan no 4 & 5). Dengan trik tersebut kita pasti lebih cepat mengumpulkan biji dakon di lubang penyimpanan dan menang,.  Nah disini juga di ajarkan untuk memilah , menimbang mana yang baik dan sedikit berfikir untuk mendapat sesuatu yang terbaik.

Itulah cara dan trik bermain dakon,. ambil manfaatnya, dari permainan dakon kita dapat belajar banyak hal,. misal seperti beberapa pengaruh positif yang sudah kita singgung diatas, melatih kita untuk bersikap jujur dan adil, mengatur strategi , memanajemen segala hal, dll. oia  ingat waktu dalam memaikannya,. jangan saking asyiknya main dakon sampai - sampai lupa segalanya., hehe,
Lihat juga permainan desa kembangan yg lain "klik"disini

No comments:

Post a Comment