Tuesday 5 March 2019

Kewajiban Mengetahui Aturan-Aturan dalam Agama



Masih diindahnya ngaji jarak jauh bersama ustadz yusron bin H. Ah. Mansur pada mimbar dakwa cangkrue desabkembangan.. kalinini ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul " Kewajiban Mengetahui Aturan-Aturan dalam Agama "..

Monggo ngaos sareng Ustadz Yusron... 


Kewajiban Mengetahui Aturan-Aturan dalam Agama

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم
( ويجب ) على المكلف أيضا أن يعرف شرائع الدين وهي فروعه وأهمها الطهارة والصلاة والزكاة والصوم والحج ونطلب من الله تعالى الإعانة على ذكرالأهم منها والبركة فيه

Artinya : Dan wajib juga bagi seorang Mukallaf untuk mengetahui aturan-aturan dalam Agama yang merupakan cabang-cabang Agama, dan aturan-aturan yang paling penting yang harus diketahuui oleh orang Mukallaf adalah tata cara bersuci ( Thoharoh ), Sholat, Zakat,Puasa dan Haji, dan Kami ( pengarang Kitab ألرياض البديعة  ) memohon pertolongan kepada Allah Ta’ala dalam membahas hal yang terpenting dari aturan-aturan Agama tersebut, tak lupa kami mohon berkah ( tambahnya kebaikan ) dalam pembahasan tersebut. 

Keterangan :

Setelah pengarang Kitab   ألرياض البديعةyaitu Syaikh Muhammad Hasbullah menyampaikan tentang pokok-pokok dalam Agama     ( berhubungan dengan Aqidah ) mulai dari Rukun Islam, Rukun Iman, Sifat-sifat yang berhubungan dengan Allah سبحانه وتعالى, Sifat-sifat yang berhubungan dengan Para Nabi عليهم الصلاة والسلام sampai dengan masalah Hari Kiamat,maka Beliau kemudian menyampaikan bahwa orang Mukallaf itu juga diharuskan mengetahui aturan-aturan yang merupakan cabang-cabang dalam Agama dan aturan-aturan yang terpenting dan wajib untuk diketahui di antaranya adalah :

1. Aturan dalam bersuci ( Thoharoh ), meliputi cara bersuci dari Najis dan Hadats
2. Aturan dalam melaksanakan Sholat, meliputi Tata Cara Sholat Fardlu dan Solat Sunat
3. Aturan dalam menunaikan Zakat,meliputi Zakat Mal dan zakat Fithroh
4. Aturan dalam menjalankan Puasa, meliputi Puasa Fardlu yakni Puasa Romadlon dan juga puasa Sunat
5. Aturan dalam melaksanakan Ibadah Haji, 

Tak lupa pengarang Kitab ألرياض البديعة juga memohon pertolongan dari Allah سبحانه وتعالى untuk bisa menyampaikan lima perkara tersebut dan juga memohon semoga dalam pembahasan lima hal tersebut diberi berkah ( tambahan kebaikan ) oleh Allah سبحانه وتعالى

والله أعلم بالصواب

والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber : الرياض البديعة  karya : Syaikh Muhammad Hasbullah

No comments:

Post a Comment