Friday 22 February 2019

Keabadian Syari’at Rosulullah صلى الله عليه وسلم



Masih di indahnya ngaji jarak jauh sareng ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur . Pada mimbar dakwa Cangkru'e Desa Kembangan . Kali ini ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul " Keabadian Syari’at Rosulullah  ." صلى الله عليه وسلم

Monggo ngaos sareng Ustadz Yusron...




Keabadian Syari’at Rosulullah   صلى الله عليه وسلم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم
وأن شريعته نسخت جميع الشرائع السابقة عليها وتبقى مستمرة الى يوم القيامة

Artinya : Dan sesungguhnya Syariat Rosulullah  صلى الله عليه وسلم itu menghapus semua syariat sebelumnya dan akan tetap abadi sampai Hari Kiamat.

Keterangan :

Dari dua puluh lima Nabi dan Rosul yang wajib kita ketahui hanya ada enam Rosul mempunyai syariat sendiri yaitu : 

      1.      Nabi Adam عليه السلام
      2.      Nabi Nuh عليه السلام
      3.      Nabi Ibrahim عليه السلام
      4.      Nabi Musa عليه السلام
      5.      Nabi Isa عليه السلام
      6.      Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم

Untuk Nabi dan Rosul yang tidak mempunyai syariat sendiri maka syariat yang dianut adalah syariat Nabi atau Rosul yang hidup sebelum nabi tersebut, misal Nabi Idris عليه السلامkarena Beliau tidak mempunyai syariat sendiri maka Beliau mengikuti syariat yang berlaku pada Nabi sebelumnya yaitu syariat Nabi Adam عليه السلام

Syariat ke-enam Nabi tersebut juga hanya berlaku selama belum ada syariat yang baru, jadi bila ada syariat yang baru maka syariat Nabi sebelumnya akan terhapus ( tidak berlaku ) kecuali apabila ada kesamaan syariat yang masih diberlakukan, misal : syariat Nabi Nuh عليه السلام berakhir masa berlakunya ketika datang syariat Nabi Ibrahim عليه السلام begitu pula seterusnya sampai datangnya syariat yang dibawa oleh Rosulullah Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Untuk syariat yang dibawa oleh Rosulullah صلى الله عليه وسلم itu berlaku sepanjang masa sampai datangnya hari kiamat karena setelah Rosulullah صلى الله عليه وسلم wafat tidak akan ada lagi nabi baru, sedangkan besuk di akhir zaman saat Nabi Isa عليه السلام diturunkan lagi ke bumi maka Nabi Isa عليه السلام tetap menggunakan syariat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits. dan bukan menggunakan syariat Nabi Isa  عليه لسلام karena syariat Nabi Isa عليه السلام sudah tidak berlaku lagi.

والله أعلم بالصواب
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber :1. الرياض البديعة  karya : Syaikh Muhammad Hasbullah
            ..2.  قطر الغيثKarya : Syaikh Muhammad Nawawi bin UmarAl-Jawi

No comments:

Post a Comment