Friday 15 February 2019

Sejarah Singkat Rosulullah


Masih di indahnya ngaji jarak jauh sareng Ustadz Yusron Hasan bin H. Ah. Mansur, pada mimbar dakwa Cangkru'e Desa Kembangan , Kali ini ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul "
Sejarah Singkat Rosulullah   صلى الله عليه وسلم " . 

Monggo ngaos sareng ustadz Yusron Hasan..




Sejarah Singkat Rosulullah   صلى الله عليه وسلم

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم

وأنه ولد بمكة وبعث بها وهاجر الى المدينة بعد الاسراءومات بها ودفن بها في بيت عائشة


Artinya : Dan sesungguhnya Rosulullah  صلى الله عليه وسلم itu dilahirkan di Kota Makkah, diutus di Kota Makkah, hijrah ke Kota Madinah setelah peristiwa Isro’, meninggal dunia di Kota Madinah dan dimakamkan di Kota Madinah di dalam Rumah Aisyah.


Keterangan :

Setiap Orang Mukallaf wajib menyakini bahwa Rosulullah  صلى الله عليه وسلمitu dilahirkan dan diutus menjadi Nabi adalah di kota Makkah Al-Mukarromah kemudian hijrah dan meninggal dunia di Kota Madinah Al-Munawwaroh.

Menurut pendapat yang shoheh Rosulullah  صلى الله عليه وسلم lahir pada hari senin menjelang fajar pada tanggal dua belas Robi’ul Awwal tahun Gajah ( terjadinya peristiwa penyerangan ka’bah oleh tentara berkendaraan gajah yang dipimpin oleh Raja Abrahah ), menurut sebagian pendapat kelahiran Rosulullah  صلى الله عليه وسلم itu tepat pada peristiwa tersebut, ada juga yang mengatakan sebelum hari penyerangan ka’bah dan menurut Imam Al-Qurthubi Rosulullah  صلى الله عليه وسلم lahir lima puluh hari setelah terjadinya peristiwa tersebut.

Saat Rosulullah  صلى الله عليه وسلم sudah dalam keadaan bercelak, tali pusarnya sudah terpotong dan sudah dikhitan ( seperti orang yang sudah dikhitan ),menurut sebagian pendapat dikhitan oleh Kakek Beliau pada hari ke tujuh dari kelahiran, menurut pendapat yang lain sudah dalam keadaan berkhitan namun belum sempurna kemudian disempurnakan khitannya oleh kakek Beliau, dan menurut pendapat yang lain Rosulullah  صلى الله عليه وسلم itu dikhitan oleh Malaikat Jibril ketika dada Beliau dibelah saat dalam asuhan Halimah As-Sa’diyyah.

Tepat pada usia empat puluh tahun ( menurut pendapat yang shoheh ) Rosulullah  صلى الله عليه وسلم diutus menjadi Nabi dan Rosul, menurut pendapat yang shoheh diutusnya Rosulullah  صلى الله عليه وسلم menjadi Nabi dan Rosul itu dalam waktu bersamaan namun Imam Abdul barri dan lainnya mengatakan bahwa Rosulullah  صلى الله عليه وسلم diutus menjadi Rosul itu pada usia empat puluh tiga tahun, dengan demikian maka diutusnya Rosulullah  صلى الله عليه وسلم  menjadi Nabi itu terjadi lebih dahulu ( yaitu dengan turunnya wahyu Surat Al-‘Alaq ayat 1s.d 5 ) dari pada diutusnya Beliau menjadi Rosul ( yaitu dengan turunnya Surat A-Muddatsir ) dan semua itu terjadi ketika Beliau masih tinggal di kota Makkah.

Setelah berdakwah di Makkah selama kurang lebih tiga belas tahun kemudian Rosulullah  صلى الله عليه وسلم hijrah ke Kota Madinah atau yang sebelumnya dikenal dengan nama kota Yatsrib, peristiwa itu terjadi setahun setelah Rosulullah  صلى الله عليه وسلم  mengalami peristiwa Isro’ dan Mi’roj yaitu : peristiwa dijalankannya Rosulullah  صلى الله عليه وسلم  oleh Allah سبحانه وتعالى dari Makkah ke Madinah sehingga naik ke langit sampai ke Sidrotul Muntaha untuk menerima perintah Sholat lima waktu.

Pada usia enam puluh tiga tahun Rosulullah  صلى الله عليه وسلم  wafat setelah menetap dan berdakwah kurang lebih sepuluh tahun di Madinah dan di makamkan di rumah Sayyidah Aisyah رضي الله عنها (istri Rosulullah  صلى الله عليه وسلم) yang sekarang berada di dalam Masjid Nabawi di kota Madinah.

والله أعلم بالصواب
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته


Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber :1. الرياض البديعة  karya : Syaikh Muhammad Hasbullah
..2.   نور الظلامKarya : Syaikh Muhammad Nawawi bin UmarAl-Jawi


No comments:

Post a Comment