Friday 19 October 2018

Sifat Mustahil atas Para Rosul عليهم الصلاة والسلام




Masih di indahnya ngaji jarak jauh sareng ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur, Pada mimbara dakwa cangkru'e Desa Kembangan . Kali ini ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul " Sifat Mustahil atas Para Rosul عليهم الصلاة والسلام ".


Monggo ngaos sareng Ustadz Yusron Hasan,.



Sifat Mustahil atas Para Rosul  عليهم الصلاة والسلام

ألسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

ويستحيل عليهم الكذب والخيانة والبلادة وكتمان شيئ مما أمروا بتبليغه

Artinya : Dan Mustahil bagi Para Rosul ASW Bohong, berkhianat, Bodoh dan menyimpan sesuatu  dari apa yang diperintahkan kepada  Para Rosul ASW untuk menyampaikannya.

Keterangan :

Sifat Mustahil atas Para Rosul ASW  itu juga ada empat yaitu : 

      1.      Bohong  ( الكذب  )

Maksudnya : Para Rosul ASW itu tidak mungkin berbohong sekalipun dalam keadaan bercanda karena Para Rosul itu mempunyai Sifat Jujur.

Bukti bahwa para Rosul ASW itu selalu benar dan tidak mungkin berbohong adalah : ditampakkannya mukjizat melalui tangan-tangan Para Rosul ASW.

Mukjizat itu merupakan pembenaran Allah سبحانه وتعالى kepada Para Rosul ASW atas pengakuan mereka sebagai seorang utusan,dan Allah سبحانه وتعالى tidak mungkin membenarkan seorang yang berbohong.

 2.      Berkhiana  ( الخيانة  ) 

Maksudnya : Seorang Rosul itu tidak mungkin berkhianat dengan melakukan kemaksiatan baik secara dhohir ataupun secara bathin karena Para Rosul ASW itu terjaga ( Makshum ),
Para Rosul عليهم الصلاة والسلام merupakan panutan bagi Umat Mereka sehingga seandaniya Para Rosul عليهم الصلاة والسلام melakukan kemaksiatan tentunya kita sebagai Umat juga akan diperintahkan untuk melakukan kemaksiatan juga, kenyataannya kita tidak pernah diperintahkan untuk melakukan kemaksiatan.

      3.      Bodoh   ( ألبلادة )

Maksudnya : Para Rosul عليهم الصلاة itu tidak mungkin orang yang bodoh ( lambat dalam berfikir ), sebab bila Para Rosul عليهم الصلاة والسلام itu bodoh maka tidak mungkin bisa membantah atau bahkan bisa mengalahkan para Umat Mereka yang suka mendebat dan membantahnya.

Dalam Al-Qur’an banyak sekali dicontohkan oleh Allah سبحانه وتعالى tentang kecerdasan Rosul dalam mengalahkan umat yang mendebatnya.

     4.      Menyimpan sesuatu  dari apa yang diperintahkan kepada  Para Rosul ASW untuk menyampaikannya ( ألكتمان )

Maksudnya : Para Rosul عليهم الصلاة والسلام itu tidak mungkin menyimpan wahyu yang semestinya disampaikan kepada umat mereka, sebab bila Para Rosul عليهم الصلاة والسلام menyimpan wahyu yang semestinya disampaikan untuk umat mereka maka tujuan diutusnya Rosul itu akan menjadi sia-sia.

Menyimpan ilmu yang wajib disampaikan itu merupakan larangan bagi semua orang dan bukan hanya khusus untuk Para Rosul عليهم الصلاة والسلام, karena itu bila kita mempunyai sedikit ilmu yang dibutuhkan oleh masyarakat maka janganlah kita menyimpannya untuk diri kita sendiri.

Dalam salah satu hadits disebutkan :

من كتم علما عنده ألجمه الله بلجام من نار

Artinya : Barang siapa menyimpan ilmu yang ada padanya maka ( di akherat ) Allah سبحانه وتعالى akan mengendalikannya dengan kendali dari api neraka.


والله أعلم بالصواب
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber : الرياض البديعة  karya : Syaikh Muhammad Hasbullah


No comments:

Post a Comment