Friday 12 August 2016

Tujuh Anggota Badan yang Paling Berbahaya



" Indahnya berbagi " , Setiap hari Jumat seperti biasa ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur berbagi kemasan islami di mimbar dakwa Cangkru'e Desa Kembangan. Dan kali ini ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul "Tujuh Anggota Badan yang Paling Berbahaya  ".

Monggo ngaos jarak jauh sareng ustadz Yusron Hasan ..

السلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته


Seluruh anggota badan kita mulai dari ujung rambut sampai ke ujung kaki adalah merupakan nikmat, anugerah dan amanat dari Allah SWT karena itu maka harus kita syukuri, kita jaga dan kita gunakan untuk hal-hal yang baik agar tetap terjaga dan bermanfaat dengan baik karena besuk di akherat semua harus kita pertanggungjawabkan.


Dari kesekian anggota badan yang ada, ada tujuh anggota badan kita yang benar-benar harus kita jaga secara lebih agar tidak terjerumus ke dalam kemaksiatan karena ke tujuh anggota badan tersebut merupakan penyebab terbanyak orang mendapatkan siksa besuk di akhetat karena sesuai dengan jumlah pintu neraka yang ada tujuh maka ke tujuh anggota badan tersebutpun juga bisa menjadi penyebab manusia di masukkan ke dalam neraka.

Tujuh anggota badan tersebut adalah :

1. Mulut

Dijadikannya adalah agar kita memperbanyak dzikir kepada Allah SWT, banyak membaca Al-Qur'an, menunjukkan orang lain ke jalan yang benar dan menyampaikan keinginan-keinginan yang ada dalam hati kita.

Merupakan anggota badan yang paling berbahaya karena dari mulut itulah sumber terjadinya kemaksiatan yang lain karena itu mulut kita harus benar - benar kita jaga.

2 . Dua mata

Mata dijadikan oleh Allah SWT adalah agar kita bisa melihat dikegelapan, bisa minta pertolongan akan kebutuhan-kebutuhan kita dan bisa melihat keajaiban-keajaiban istana langit dan bumi.

3. Dua telinga


Telinga dijadikan oleh Allah SWT adalah agar kita mau mendengarkan bacaan-bacaan ayat-ayat suci Al-Qur'an, mendengarkan bacaan-bacaan hadits, kata-kata mutiara dari Para Wali dan agar menjadi perantara kita dalam mendapatkan faedahnya ilmu untuk mencapai kerajaan yang kokoh dan kenikmatan yang abadi besuk di akherat.


4. Dua tangan

Kita diberi tangan adalah agar kita bisa memberi bantuan orang lain, membersihkan kotoran yang ada di badan kita dan bisa menolong sesama bukan untuk memukul orang tanpa hak ataupun yang lain.

5. Dua kaki

Dengan diberi dua kaki maka kita bisa berjalan menuju tempat-tempat ibadah, majlis ta'lim dan lain-lain dan bukan untuk berjalan menuju tempat maksiat atapun untuk berjalan dengan kesombongan.

6. Perut
Dijadikan untuk kita adalah agar kita isi dengan makanan-makanan yang dihalalkan oleh Allah SWT karena itu jangan sampai kita isi perut kita dengan makanan yang diharamkan oleh Allah SWT.

7. Kemaluan

Harus kita gunakan untuk kebaikan dan harus kita jaga dari perbuatan yang diharamkan oleh Allah SWT seperti zina, sodomi dan lain-lain.

Bila kita tidak menggunakan keseluruh anggota badan kita sebagaimana mestinya maka itu merupakan sebuah kekufuran yang luar biasa, dan harus kita ingat bahwa semua anggota badan kita besuk akan bersaksi di hadapan semua makluk atas perbuatan kita selama di dunia.

Allah SWT Berfirman dalam Surat An-Nur ayat : 24

يَوْمَ تَشْهَدُ عَلَيْهِمْ أَلْسِنَتُهُمْ وَأَيْدِيهِمْ وَأَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
 
Pada hari (ketika), lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan.

Dan dalam Surat Yaa Siin ayat : 65

الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَىٰ أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.

Agar besuk di akherat ketujuh anggota badan kita bisa menjadi saksi atas kebaikan. Maka kita harus menjaga ketujuh anggota badan kita dari kemaksiatan-kemaksiatan yang bisa terjadi oleh salah satu anggota tubuh tersebut ( Insyaallah akan kami sampaikan pada episode-episode berikutnya ).

Demikian semoga bermanfaat, Amiin

والسلام عليكم ورحمة اللّٰه وبركاته

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber : بداية الهداية karya : Abu Hamid Muhammad Al-Ghozali
Lainnya  : Link Mimbar dakwa desa kembangan

No comments:

Post a Comment