Friday 7 August 2015

" Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia 2015_ Oleh Warga Desa Kembangan "


Setelah kemarin sukses dengan berbagai acara seputar Romadlon dan liburan idulfitri 2015 , dari Buka bersama di balai desa , Malam likuran di musholah - Musholah juga Masjid, Mancing Mania di telaga etan, Haul Ke VI di Komplek makam dan terakhir adalah Liga Kepala Desa Cup (LKDC). Kini kembali Desa Kembangan akan dihadapkan dengan peringatan kemerdekaan 17 Agustus.

Selama 70 tahun sudah  indonesia memperingati kemerdekaan dengan berbagai bentuk kegiatan, salah satunya seperti dengan cara mengadakan kegiatan "Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia". dan kegiatan unik yang lainnya. seperti lomba makan krupuk , panjat pinang , lari kelereng , balapan karung , tarik tambang dan lain - lain.

Kegiatan yang terlihat meriah seakan tidak pernah ditinggalkan adalah memasang bendera merah putih dan umbul - umbul berwarna warni didepan rumah masing - masing. Sepanjang jalan dihiasi bendera kecil yang bergantung di benang wol. Suasana meriah , keceriaan , kebahagiaan , kebanggaan tergambarkan disana.

Sebelum tanggal 17 agustus tiba , masyarakat sudah terbiasa dengan kegiatan bersih - bersih lingkungan, mewarnai pagar rumah serba putih ( ngapor pager) , ada pula yang mewarnai pagarnya dengan berwarna khas merah putih. Kerjabakti memberi nuansa keguyupan , kebersamaan , seakan mengingatkan kita kepada para pahlawan memperjuangkan kemerdekaan secara bersama - sama.

Itulah suasana peringatan kemerdekaan, kembali ke Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia . Pertanyaannya kapankah kita terakhir mengikuti kegiatan upacara kemerdekaan ?? Pastinya banyak yang menjawab dalam hati, " terakhir saya mengikuti upacara kemerdekaan saat masih dibangku sekolah ".

Nah pada kemasan kali ini , admin akan menyampaikan jiwa patriotisme dari salah satu warga desa kembangan yang ingin mengungkapan satu gagasan atau ide yang melambangkan jiwa patriotisme tinggi.

Pola pikir yang jarang di temui dari salah satu warga desa kembangan, mengajak segenap warga desa kembangan baik Tua atau muda diharapkan  mengikuti kegiatan upacara kemerdekan 17 Agustus di lapangan embong etan. Nantinya kelompok barisan ditentukan berdasarkan RT dan ketua barisan disi oleh ketua RTnya. Seragam bisa menggunakan pakaian seadanya, terserah pesertanya ,. pakaian tani , pakaian kungfu , dan pakaian yang lainnya.

Diharapkan pula yang menjadi inspektur upacara adalah bapak H. ikhnar (Senden Dongkol) RT 3 , Ahli sejarah desa kembangan. yang nantinya di saat bendera duplikat di serahkan oleh inspektur kepada pasukan bendera untuk di kibarkan di tiang bendera yang menjulang tinggi hingga pembacaan taks proklamasi oleh inspektur upacara. Suasana di pastikan membuat hati terenyuh , seakan kembali ke jaman Soekarno.

Susunan upacara terus berjalan , hingga pembacaan UUD 45 , Amanat inspektur upacara yang pastinya bernuansa sejarah seakan kita berada didalamnya, serta bacaan doa yang insyaAllah Mustajab memberi sentuhan religi di upacara kemerdekaan indonesia di desa kembangan.

Setelah upacara di bubarkan ,. keceriaan anak - anak mewarnai lapangan desa kembangan , menanti berbagai lomba . dari makan krupuk , panjat pinang , lari kelereng dan lain - lain, di saksikan bendera yang berkibar di atas sana. sungguh perayaan yang indah.

Di tempat yang berbeda para ibu - ibu mewakili RTnya menyiapkan Tumpeng yang indah. inilah penjamuan malam puncak diadakan makan bersama tumpeng di kompleks masjid. yang di iringi cerita sejarah dan beberapa doa bersama.

Sampai disini kemasan admin kali ini, kegiatan yang terlihat biasa saja jika direnungkan akan memberi dampak yang sangat luar biasa,. kebersamaan , kerukunan , keguyupan ,., itu semua bisa terjadi dengan syarat harus terealisasi kegiatan yang diharapkan., jika sudah terealisasi bagi perantau yang sudah berada di kota rantau dan yang ingin berpartisipasi silahkan pulang dan hadir ,., sebagai perlambang patriotisme ,. dan mengenang jasa para pahlawan kita. MERDEKA !!!


Penulis : Admin Desa Kembangan
Nara sumber / penggagas : Kang Prasaja Kaniraras

2 comments:

  1. wah cepet banget ya, baru aja selsai ramadhan udah mau hut ri aja..

    ReplyDelete