Monday 29 June 2015

Antasida ( Obat Maag )

image pinjem di paman google
Banyak sekali anggapan yang salah kaprah dari masyarakat tentang penggunaaan obat maag atau antasida. terutama pada saat puasa. Banyak iklan ditelevisi yang menayangkan tentang pentinganya obat maag pada saat puasa. 

Momen puasa dipergunakan oleh produsen-produsen obat maag untuk mempromosikan obatnya. Seolah-olah produk ini untuk mencegah agar masyarakat tidak mengalami gangguan lambung selama berpuasa. Padahal antasida digunakan hanya untuk mengurangi keluhan lambung dan bukan untuk mencegah orang untuk menderita sakit maag karena berpuasa. Inilah yang menjadi keprihatinan saya. Memang bagi para pederita penyakit maag kekhawatiran sendiri karena berhubungan dengan tidak makan untuk jangka waktu cukup lama. Akibatnya, banyak yang mengonsumsi obat maag antasida saat sahur. Padahal, antasida adalah untuk mengurangi keluhan lambung (gastritis), bukan mencegah kambuhnya maag.

Sejatinya kalau kita berpuasa dengan benar artinya disini ketika kita puasa, ketika kita makan sahur dan berbuka sesuai dengan yang disyariatkan Rosulullah SAW, Insya Allah kita akan terhindar dari penyakit gangguan lambung (gastritis) Secara teori mestinya seseorang yang menjalani puasa Ramadan terjadi keteraturan dalam mengonsumsi makanan, pengurangan konsumsi camilan yang tidak sehat untuk lambung, pengurangan konsumsi rokok dan yang terpenting adanya pengendalian diri selama puasa Ramadan sehingga akan mengurangi faktor pemicu timbulnya penyakit gangguan lambung ( Gastritis ) Obat maag atau antasida sendiri sudah barang tentu ada efek samping ketika dikonsumsi tidak dengan baik dan benar sesuai dengan keadaan dan kebutuhan tubuh.

Antasida yang beredar di tengah masyarakat bisa mengandung aluminium, magnesium atau kalsium. Efek samping yang ditimbulkan antara lain ; dapat menyebabkan seseorang menjadi sembelit, sehingga membuat pencernaannya menjadi tidak nyaman. Belum lagi efek samping pada ginjal dari penggunaan antasida yang tidak sesuai dengan aturan.

Jadi untuk sema saudarakau yang ada digroup ini mari kita berpuasa dengan baik dan benar. Agar selain kita mendapat ridlo dan pahala dari Allah SWT kita juga mendapatkan tubuh yangs sehat. Semoga bermanfaat 
 

No comments:

Post a Comment