Thursday 4 September 2014

Kapan aku kembali seperti dulu..??

Siapa yang tidak tahu dengan icon diatas  ,. ibarat jakarta ada tugu monas dan patung pancorannya. Pohon unik yang rindang hingga menutupi jalan ini, berada di  lak klopo sebagai warna penghias kita menuju kampung halaman desa kembanga.... kalau kita memasuki pertigaan lampu merah desa pucuk dan melanjutkan perjalanan keutara jika sudah sampai lak klopo pasti perasaan tiba - tiba semakin senang,. karena pertanda sudah lebih dekat dengan kampung halaman. asheek...

Sebenarnya dalam tulisan ini admin tidak membahas lak klopo , tetapi akan sedikit membahas sepanjang jalan raya depan desa kembangan, dengan sepenggal judul kapan aku seperti dulu..??

Nah foto di atas merupakan foto tahun 2013 silam pada saat proyek peninggihan tanggul dan sekaligus pengerukan kali. ya nampak berantakan tetapi sekarang keadaannya lebih baik,. tanggul yang di bangun di penuhi rerumputan sehingga nampak hijauh,.

Sebelum pengerukan tanggul ini sebenarnya pada jaman dulu sepanjang tanggul penuh di tumbuhi tumbuhan besar, seperti kayu udan, asem dan lamtoro, dll, pokoknya rimbun seperti foto pohon di lak klopo di atas. kemudian pada awal tahun 2000-an semua sudah ditebangi, tinggal tersisa lamtoro sepanjang jalan. dengan berjalannya waktu lamtoro pun di tebang gundul tanpa tersisa.

Disini admin berharap pemerintahan kota , atau siapalah yang bertanggung jawab seharusnya mengganti pohon-pohon yang sudah lenyap itu. karena dilihat dari manfaatnya poho-pohon yang tumbuh di sepanjang jalan tersebut sangat banyak manfaat seperti:
  • Pohon yang tumbuh di sepanjang jalan menjadikan pemandangan yang indah saat kita melewatinya, bunga -bunga yang cantik mewarnai perjalanan kita.
  • Sebagai pertahanan tanah tanggul agar tidak amblas kekali lagi karena akar tumbuhan lah yang mengikat tanah tanggul.
  • Pada saat warga memancing di kali rowo tidak lagi menggunakan payung karena sudah tidak kepanasan.hehe
  • Selain manfaat - manfaat diatas manfaat ini juga tidak kalah penting,. tangkai - tangkai kayu yang besar bisa di borongkan/ditebaskan. (penebangan tidak sampai batang pohon hanya pada tangkai seperti yang sudah di lakukan desa kita pada jaman dulu.) nah itu juga bisa menjadi pendapatan mandiri desa.
  • dll.
Diatas kita sudah bicara manfaatnya,. pertanyaanya kapankah akan kembali seperti dulu? hanya Allah yang tahu, bisa saja kembali secepatnya dan juga tidak sama sekali.
foto jadul by desa kembangan

Sementara sampai disini dulu, semoga menjadi manfaat di suatu saat dan menjadi pengingat kita semua, betapa Allah menyediakan kita bermacam manfaat tumbuhan bagi kehidupan manusia,. amiin..
Lihat juga Khayalan desa kembangan yg lain "klik"disini

No comments:

Post a Comment