Tuesday 25 November 2014

"Program Normalisasi kali kidol _ Desa Kembangan"


image by pak kades huda
Sebelumnya admin mengucapkan selamat membuka link artikel ini, jika di baca sampai tuntas insya Allah akan temukan info - info terbaru perkembangan desa kembangan, karena admin kali ini akan mengangkat tentang " Program Normalisasi Kali kidol_ Desa Kembangan".


Bagi warga desa kembangan yang merantau mungkin ada sebagian yang belum mendengar kabar pengerukan kali kidol tersebut, dan bagi yang sudah tahu mungkin sudah mempunyai gambaran - gambaran tentang program desa itu dan apa tujuannya.

Tujuanya sebenarnya memang normalisasi kali kidul, tetapi ada beberapa tujuan lain yang belum banyak warga ketahui. dan malah banyak pertanyaan-pertanyaan warga yang bermunculan dengan penuh penasaran.!

Nah disini admin dapat merangkumkan beberapa pertanyaan yang harus di jawab oleh pemerintahan desa misal:
  1. Kenapa harus mengorbankan bambu - bambu yang sudah lama menjadi pertahanan desa dari angin topan, kembali kekasus tahun 90an awal angin topan yang menyeramkan ?
  2. Kenapa tidak digerakkan warga untuk ber gotong-royong (di paculi) jika hanya normalisasi kali seperti yang di lakukan leluhur kita?
  3. Program tersebut di mulai dari mana dan sampai mana ?
  4. Dan mungkin masih banyak lagi pertanyaan warga.
Untuk menjawab pertanyaan pertanyaan diatas admin juga sudah mengemas jawaban dari pihak pemerintahan desa yaitu di wakili oleh bapak kades Huda, dengan tegasnya bapak huda menjawab dengan gaya senyum khas anak betawi Rano karno dalam pelem si dol anak betawi. hehe mirip zo,.

Pertanyaan Nomor satu (1) mungkin menjadi pertanyaan kita sampai saat membaca tulisan ini,. tetapi dalam komen di jejaring sosial seperti facebook dalam grup "CANGKRUK'E DESA KEMBANGAN", Bapak kades Huda menjawab dengan sempurna " ora di gunduli mas.. cuma yg kebetulan pas di lalui sungai itu yg ditebang...masih banyak kok yg nggak tertebang.." nah dengan jawaban itu pertanyaan nomor satu sudah tidak ada masalah ,. soal angin kita serahkan mareng pengeran saja.

Pertanyaan Nomor dua (2) admin bantu jawab ya,. sebenarnya bisa menggunakan sistem gotong-royong tetapi di lihat dari waktu musim penghujan yang sudah dekat jadi solusi yang tepat adalah menggunakan bego saja. ya sih berdampak dengan bambu - bambu yang di lalui untuk jalan bego terpaksa ikut tertebang. hehe , dan jawaban akan di tambahkan bpak kades di paragrap tambahan.

Pertanyaan Nomor tiga (3) kembali bapak kades menjawab, masih dalam media yang sama yaitu jejaring sosial facebook,. "sampek belakang puskesmas..." jawab pak kades , pertanyaan tentang program yang di mulai dari embong etan tersebut.

Diatas adalah beberapa kutipan dari perbincangan pak kades dengan salah satu warga,. dan ada beberapa tambahan dari pak kades, sebenarnya program tersebut tidak hanya Normalisasi kali saja masih ada beberapa tujuan penting lainnya. " dan sekedar informasi karena seringnya kesimpang siuran tapal batas desa, mumpung masih ada pelaku sejarah koyok mbah nden" (mbah nden mungkin yang dimaksud adalah bapak ikhnar RT 3 , senden dongkol).. "dan carek siman makanya langsung kita bikin sungai sekaligus tapal batas desa.". itulah tambahan bapak kades. dan sekaligus menjadi jawaban pertanyaan nomor dua karena membuat tapal batas sehingga menggunakan bego saja.

"Dan yg lebih pokok lagi setiap musim hujan deretan rumah yang di sebelah selatan desa itu sering banjir karena tidak adanya pembuangan air ke timur makanya perlu kita normalisasi.".. Pak kades memperjelas tujuan normalisasi kali.

Itulah sedikit info tentang program pengerukan kali kidol, semoga menjadikan desa kita menjadi maju dan berkembang, amiin.


image by pak kades huda
Seperti nampak gambar di atas , warga  menggelar makan bersama sebelum mulai bekerja ,. selain nampak rukun dan guyup,. di acara makan - makan itu di selipkan beberapa doa, salah satu pinta doanya adalah di harapkan selamat dalam bekerja,. amiiin amiin yarobbal alamiin.

gambar jebretane pak kades huda

Nah gambar diatas merupakan pengerukan normalisasi kali embong etan sebelah barat jalan.. semoga sukses,.

Image by pak kades
Gambar diatas bego sudah berjalan kebarat dan mungkin gambar tersebut menunjukkan sampai di belakang pondok siman,. mboh bener mboh ora tebakanku,. hehe soale gak melok moto,.
Gambar jebretane bidin adike dol lan santo
Sedangkan gambar di atas pasti semua warga tau,. bahwa normalisasi kali sudah sampai di kuburan kramat..

Sekian sekilas info dari admin tentang "Program Normalisasi kali kidol  _ Desa Kembangan" , semoga bermanfaat untuk kita semua,. dan mampu menjadi obat rindu kampung halaman dengan melihat pristiwa - pristiwa desa kembangan di blog ini,. jika admin ada salah kata baik di sengaja atau tidak hohon di maafkan sebesar - besarnya. ,.mungkin salah penulisan nama atau pengutipan,. hehe.,. dari admin cukup " lanjutkan dan semoga sukses " ... salam warga desa kembangan..
Lihat juga Kegiatan desa kembangan yg lain "klik"disini


No comments:

Post a Comment