Thursday 24 July 2014

Sejarah Terbentuknya Desa Kembangan

Bicara soal sejarah pembaca tentunya penasaran dengan bagaimana sejarah terbentuknya desa kembangan yang kita banggakan ini.

Sebelum bercerita tentang sejarah desa kembangan kita ajak para pembaca merefres ingatan tentang pengetahuan sejarah terlebih dahulu, admin akan ajukan satu pertanyaan ringan, sebelum merdeka negara kita ini di jajah negara mana saja hayoo..?? bagi yang gak begitu suka dengan mata pelajaran sejarah saat dibangku sekolah pasti sekarang lagi garuk - garuk kepala , bahkan ada juga sampai usaha untuk buka buku sekolah jaman dulu, hehe. Nah admin sedikit bantu jawab ya.. apa jawabannya  "deng teret teteett" salah satunya adalah negara Belanda.. dan juri pun menjawab "anda benar!!! "  horee""" padal gampang zo,,, cah SD lho iso. hehe

Setelah sedikit merefres sejarah tenteng penjajahan, admin akan membawa para pembaca ke suasana jadul alias jaman dulu.. ketika itu masa penjajahan sudah dirasakan masyarakat pulau jawa sejak lama, termasuk tanah kelahiran kita " desa kembangan". ya perang- perangan gitu, tembak tembakan di berbagai tempat. dan bambu runcing sebagai senjata andalan leluhur kita.

Pada masa itu para pemimpin setiap hari merancang strategi bagaimana caranya untuk para penjajah tidak bisa masuk ke desa / dusun dikala itu. karena jika penjajah bisa masuk ke pemukiman warga, tidak jarang penjajah mengambil harta benda dan binatang ternak mereka.

Sebenarnya pembentukan desa kembangan beserta tetangga desa seperti siman, karang , widang  juga termasuk dari strategi pengamanan warga dari penjajah. nah dalam tulisan ini admin akan menceritakan secara perlahan agar pembaca paham.

Pada dasarnya desa Widang, Karang , Kembangan ,dan Siman adalah satu kesatuan desa / atau satu pemerintahan dalam satu pemimpin, " gampangane orah pecah koyo saiki." karena keputusan dari satu strategi " blocks to withstand attacks" hehe di awor ae bahasa inggrise yang artinya blok-blok untuk menahan serangan. sebelum pecah admin tidak tahu apa sebutan kesatuan dari desa kembangan dan tetangganya itu.

Alasan kenapa dipecahnya kesatuan itu adalah untuk menahan serangan dari penjajah , karena jika masih satu kesatuan, ketika penjajah menyerang habislah sudah satu kawasan itu.

Menurut cerita orang tua jaman dulu ketika penjajah masih di daerah mbulu tengger, salah satu warga yang sudah berjaga disana bergegas lari ke desa kita dengan membawa kabar  untuk bersiap siap untuk menyerang para pejuang dan bersembunyi bagi perempuan dan anak.

Karena saking seringnya di serang penjajah, terpecahkanlah solusi untuk menahan dan diam diam mennyerang lawan. kala itu di sepanjang embong etan dan embong kulon dibuatlah lubangan-lubangan yang dalam agar tank-tank penjajah tidak bisa masuk ke desa.

Selain lubangan- lubangan ,  kawasan atau daerah yang dulunya satu dipecah menjadi 4 (empat) blok / petak yaitu blok Siman , blok Kembangan, blok Karang dan blok  widang itu adalah nama sekarang. untuk fungsi blok-blok itu sendiri adalah seperti yang admin singgung di atas untuk menahan serangan penjajah.

Sedikit cerita simulasi fungsi dari blok-blok akan admin ceritakan secara singkat, ketika penjajah sebelum masuk keperbatasan daerah siman , para pengirim berita sudah sampai ke desa siman dan menyampaikan berita bahwa penjajah sudah dekat " londo wes parek - londo wes parek" teriak pembawa berita.

Setelah berita masuk didesa siman, kemudian di lanjutkan ke desa kembangan begitu seterusnya sampai desa widang. itulah setrategi perang berlapis - lapis pertahanan untuk melindungi penduduk dari penjajah.

Lapisan- lapisan pertahanan di pasang beberapa perangkap, seperti lubangan-lubangan, dan beberapa alat pertahanan lainnya. nah alat pertahanan yang sampai sekarang masih ada adalah "barongan". rumpunya bambu yang mengelilingi setiap blok / desa adalah alat pertahanan yang alami ciptaan Tuhan. durinya yang tajam dan ruwetnya carang membuat para penjajah merasa kesulitan ketika masuk ke setiap blok.

hehe, bagaimana sudah capek membacanya,?? jangn capek dulu,. masih ada lagi lho! . cerita di atas merupakan sejarah terbentuknya desa kembangan. Untuk nama - nama dari setiap desa akan admin jelaskan secara singkat.

Nah setelah capek membaca sejarah terbentuknya desa kembangan admin akan ajak lagi para pembaca untuk mengupas nama - nama setiap blok salah satunya blok/desa kembangan.

Berangkat dari sejarah , admin akan mengingatkan lagi bahwasanya Empat (4) blok itu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. dibawah ini adalah penjelasan nama- nama empat blok tersebut;

Widang

Widang adalah diibaratkan sebagai tubuh penopang benteng paling trakhir dari blok, widang sendiri bersal dari kata bahasa jawa "wit" dalam bahasa indonesia berarti tangkai.

jika dikaitkan dengan ciri kas warganya, widang yang berati "wit" atau tangkai sebenarnya sebagian besar warga desa widang adalah yang memberi semangat kehidupan perjuangan dari jaman dulu . contoh sekarang desa karang tidak akan maju jika tanpa dukungan dari desa widang ( widang dan karang adalah satu kesatuan yang erat)

Karang

karang adalah sebagai tubuh penopang benteng sebelum blok terakhir, Karang sendiri bersal dari kata bahasa jawa "karok" dalam bahasa indonesia berarti mahkota bunga.

Jika dikaitkannya dengan ciri khas warganya karang merupakan sebagai penyangga (mahkota bunga),. kebanyakan warga desa karang adalah pendengar yang baik, selalu menerima masukan. desa karang sendiri tidak akan seperti sekarang jika tidak ada desa widang, disana karang dan widang pemimpin atau kepala desanya satu.

Kembangan

Kembangan merupakan sebagai blok yang terpenting sebagi tempat pertahanan kedua yang diisi pejuang produktif dikala itu, Kembangan sendiri bersal dari kata bahasa jawa "Kembang" dalam bahasa indonesia berarti bunga.

Jika dikaitkan dengan ciri khas warganya, desa kembangan adalah yang paling menarik menurut admin,. seperti sudah di gariskan oleh Tuhan. (emang sudah digariskan ding). hehe bagai mana tidak , apa sih sejatinya kembang itu?, kembang atau bunga biasanya kuncup bersama,tumbuh bersama, indah bersama,layu bersama dan gugurpun bersama.

Begitu juga dengan gambaran warganya cocok ,klop, pas pokoke dengan gambaran bunga di atas, nah ini beberapa contoh saja, misal, jika satu orang merantau untuk berdagang dan sukses tentunya pasti banyak yang mengikuti jejaknya. jika satu orang tua bangga dengan kemampuannya untuk menguliahkan anaknya pasti diikuti orang tua yang lain. jika ada satu orang membeli motor keluaran terbaru, pasti banyak warga yang berlomba mengikutinya, ,ngrumpi ngomongin orang juga bersama sampai dengan kematian pun istilahnya bunga gugur juga bersama,. biasanya warga kembangan satu meninggal hari berikutnya atau hari yang sama ada yang menyusul ,. innalillahi wa inailaihi rojiun..

Itu semua suatu kebetulan atau memang sudah digariskan oleh Tuhan.. hanya Allah yang tahu. yang jelas kebersamaan desa kembangan boleh di acungi jempol dengan catatan kebersamaan yang baik dan bermanfaat. semoga begitu., amiin

Siman

Siman adalah blok yang berisi barisan pejuang pasukan yang dikhususkan untuk menghadang pertama kali saat penjajah menyerang, Siman sendiri bersal dari kata bahasa jawa "Isi" dalam bahasa indonesia berarti isi , isi yang dimaksud adalah sari bunga, .

Jika di kaitkannya desa siman dan ciri khas warganya bisa di lihat dari artinya terlebih dahulu, Siman yang berarti isi seperti yang di critakan diatas. pada dasarnya desa siman adalah isi dari semua hal yang hebat yang tidak ada di desa tetangga pada kala itu,. kita ambil contoh saja, Siman berisi santri-santri yang berada di pondok pesantren Alfattah, tetapi sekarang sudah disusul desa karang yang mana dulu juga berawal dari santri dari desa siman . sekolah dari TK sampai perguruan tinggi juga berada disana. banyaknya guru-guru yang mengajarkan warga bahkan pelajar dari desa tetangga juga di ajar disana, dan juga berisi orang - orang kaya pada masanya. dan lain-lain.

Sekian dari admin,. cerita tentang sejarah desa kembangan dan sekitarnya,. pada kesimpulannya ke empat desa tersebut adalah satu kesatuan yang tidak bisa terpisah kan, " yo jelas raiso lah,. mosok deso karang ape di pindah nok tengah rowo zo raiso " hehe



sumber: ngringekno critone wong tuo. hehehe (Kebenaran hanya pada Allah SWT)

2 comments:

  1. ceritone wong tuo??
    lah ceritoe arek cilek ya opo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kw crito trus tak ringekne,. itulah crito cah cilik., hehe

      rah muleh kw lebaran., ndas - ndasanmu ra ketok nuk lapangan.,

      Delete