Wednesday 26 November 2014

" Cublek - cublek suweng "

image by admin desa kembangan


Seperti judul di atas " Cublek - cublek suweng " , Nah pada halaman ini admin akan mencoba mengingatkan para pembaca pada permainan " Cublek - cublek suweng ", semoga ingat ya,. hehe. Permainan yang di populerkan di tanah jawa ini  sebenarnya juga pernah di mainkan oleh masyarakat desa kembangan, . apakah anda pernah memainkan?? kalau saya pernah. hehe

Mungkin anda pernah memainkan,. tapi lupa lirik dan cara memainkan, atau  mungkin juga sekali pun belum pernah memainkan, hanya mendengar dari orang - orang saja.. apa lagi anak jaman sekarang,. babar blas., hehe. Tenang sementara admin sudah tuliskan liriknya seperti di bawah ini :

""Cublak-cublak suweng
    Suwenge ting gelenter
    Mambu ketundung gudhel
     Pak gempo lerak-lerek
     Sopo ngguyu ndelekakhe ""

 
"" Sir-sir pong dele kopong
     Sir-sir pong dele kopong
     Sir-sir pong dele kopong  ""


Untuk cara permainannya sebentar lagi akan admin jelaskan perlahan ,. lanjutin baca ya,. hehe.

Tapi sebelumya admin akan sedikit menjelaskan tujuan permainan ini, Tujuannya adalah salah satu seseorang yang menjadi pak gempo (julukan anak yang menjadi penebak) menebak atau mencari sesuatu, nah sesuatu di sini diartikan sebagai suweng (sejenis anting) , tapi biasanya disaat di mainkan tidak menggunakan anting sungguhan.,. tetapi sebagai penggantinya bisa menggunakan biji - bijian, krikil, dan lain - lain ,pokoke mudah di genggam. Intinya pak gempo, menunjuk salah satu pemain lain siapa yang menggengam sesuatu yang di anggap suweng.

Image by admin desa kembangan

Cara Bermain " Cublek - cublek suweng " sebagai berikut :

  • Pertama, kumpulkan beberapa orang minimal tiga (3) orang , hingga 7 - 8 orang.
  • Undi menggunakan hompimpa atau pinsut untuk menentukan siapa yang menjadi pak gempo.
  • jika sudah di temukan siapa yang menjadi pak gempo,. maka pak gempo harus telungkup seperti gambar di atas.
  • Pak gempo sudah telungkup , maka setiap pemain selain pak gempo duduk melingkar mengelilingi pak gempo.
  • Setelah pemain selain pak gempo duduk melingkar maka salah satu tangan setiap pemain di letakkan di punggung pak gempo dan tangan bagian dalam (warna terang di hadapkan  ke atas). seperti gambar di atas.
  • Terus salah satu pemain mengambil krikil yang di anggap anting, kemudian para pemain menyanyikan syair " Cublek - cublek suweng " sambil krikil di putar dan di sentuhkan dari tangan satu ke tangan yang lain sampai syair lagu habis,. syair bisa di ulang 2 sampai 3 kali.
  • jika syair sudah berhenti maka , krikil di letakkan ke tangan salah satu pemain dan menggenggamnya.
  • Setelah sampai bait terakhi Sir-sir pong dele kopong pak gempo bangun. dan para pemain berpura -  pura menggenggam sesuatu, untuk mengecoh pak gempo dengan cara kedua tangan para pemain menggenggan rapat (seperti gambar di bawah ini). dan para pemain terus berulang - ulang menyanyikan bait Sir-sir pong dele kopong, Sir-sir pong dele kopong, Sir-sir pong dele kopong, Sir-sir pong dele kopong, Sampai pak gempo menentukan siapa yang menggenggam krikil.
  • Seandainya pak gempo salah memilih maka pak gempo tetep menjadi pak gempo untuk permainan berikutnya, jika benar maka yang di tunjuk dan benar memegang batu krikil akan menggantikan pak gempo untuk permainan berikutnya.
  • Dan permainan selesai jika pemain sudah sepakat menyelesaikan , mboh karena kesibukan lain atau kepegelen,. hehe

Image by admin desa kembangan


Nah diatas adalah cara bermain  " Cublek - cublek suweng " ,. Sebenernya permainan yang konon warisan wali songo sunan Giri ini (katanya), memiliki makna yang berarti. seperti penjelasan di bawah ini,.:

Sebenarnya permainan ini mengajarkan tentang bagaimana kita mencari harta dengan benar, harta di sini bermakna luas bisa berarti moneter, materi atau ilmu bahkan perkara dunia lainnya, yang mana harus di dasari niat, mencari ridho dan sebagai tanda kita bersyukur pada Allah. tidak hanya menggunakan nafsu dan keserakahan. "kebenaran hanya pada Allah ".

Cublak-cublak suweng = cublak - cublak suweng yang berarti wadah - wadah atau tempat tempat suweng , dan suweng sendiri berarti sejati. maka arti keseluruhan cublek - cublek suweng adalah wadah - wadah / tempat - tempat harta sejati.

Suwenge ting gelenter = Suwengnya berserakan (kocar - kacir ), Sebenarnya harta sejati, bisa berupa kebahagiaan sesungguhnya itu sudah ada di sekitar kita.

Mambu ketundung gudhel = Mambu yang berarti tercium, Ketundung berarti di tuju , Gudel berarti anakan kerbau. Harta / kebahagiaan sejati banyak yang mencari bahkan orang yang bodoh (gudel anakan kebo) pun yang penuh nafsu, dan  keserakahan juga berbondong mencari harta sejati itu.

Pak gempo lerak-lerek = Pak gempo (bapak gempo) , lerak - lerek ,(lirik - lirik / linga - lingo) Pak gempo yang di ibaratkan orang yang tua rentah , tak bergigi ,. menyorotkan mata kebingungan, ibarat boso kembangane linga - lingo kalungan tompo, hehe,  bertingkah seperti orang bodoh (gudel) karena kebingungan dengan hartanya yang berlimpah, harta itu di gunakan untuk apa (bingung), . karena harta itu bukan harta sejati atau kebahagiaan sejati melainkan fatamurgana . dalam mencarinya menggunakan nafsu , dan keserahkahan sehingga tidak bermanfaat.

Sopo ngguyu ndelekakhe = Sopo ngguyu (siapa tertawa) ndelekakhe ( menyembunyikan) , Siapa tertawa dia yang menyembunyikan, seperti menggambarkan , siapa yang bijaksana, sumeh, sumeleh, andap ashor, berakhlak, dia lah yang akan menemukan kebahagiaan sejati itu,, karena dia menggunakan hati untuk berniat karna Allah dan slalu bersyukur.

Sir-sir pong dele kopong = Sir - Sir ( kehendak hati nurani) , dele Kopong ( biji kedelai yang kosong) , artinya semua tergantung hati nurani , jika hati nurani penuh dengan ke ikhlasan , dengan tujuan dan niat yang benar, maka akan menemukan harta sejati itu,. dan jika tidak, akan mendapatkan kekosongan seperti yang di ibaratkan pak gempo linga - lingo yang bingung seperti anakan kerbau.

Sekian dari admin kebenaran hanya pada Allah, ambil sisi positifnya dan semoga sedikit membantu mengingatkan para pembaca dan bagi yang belum pernah memainkan bisa memainkan permainan   " Cublek - cublek suweng ",. hehe.
Lihat juga permainan desa kembangan yg lain "klik"disini




No comments:

Post a Comment