Monday 8 September 2014

Legenda Yai - Sap ( Siapa Yai -sap sebenarnya ?)

Dalam kesempatan ini admin akan sedikit mengupas tentang "Yai sap", siapa yang tidak kenal makam yang dikenal dengan sebutan yai - sap, di Lokasi yang sangat kramat "konon disebut -sebut masyarakat sekitar", pojok selatan bagian timur desa kembangan itu .

Admin sengaja tidak memakai foto gambar kuburan karena biar tidak terlihat begitu seram . hehe

Sebenarnya admin mengangkat artikel ini adalah bertujuan baik, tidak mencari musuh atau untuk menyesatkan orang. apa lagi buat njah - njah tanduran,. hehe

Nah sebelum mengupas lebih dalam tentang yai -sap, kita harus mengingat apakah tujuannya berziarah ke makam/kuburan.
  1. Berziarah mengingatkan kita sebagai hamba kepada akhirat dan memberi pelajaran berharga bagi kita akan kehidupan pasti akan mati. Sehingga ketika kita kembali dari makam timbul rasa  takut akan kurangnya menabung amal ketika di dunia, dan kemudian memikirkan akhirat dan beramal untuk keselamatan akhirat.
  2. Mendoakan keselamatan dan kebaikan  bagi mayit dan memohon ampunan bagi mereka, karena amalnya telah putus begitu ia menghembuskan nafas terakhirnya meninggalkan dunia menuju akhirat.Oleh sebab itu ia (si mayit) membutuhkan orang-orang yang berbaik hati mau mendoakan kebaikan dan ampunan baginya.
  3. Pada tata cara berziarah, bagi yang mengikuti petunjuk Rasulullah SAW. berarti ia telah berbuat baik kepada dirinya sendiri. sebaliknya jika berbuat macam-macam yang berbau pemujaan kepada kuburan, meminta rizki pada kuburan maka mereka telah terjerumus kedalam jurang kesesatan.
Itulah tujuan sebenarnya ziarah kubur, semoga kita warga desa kembangan tidak salah menata niat ketika kita berziarah kubur. amiin

Kembali ke pokok artikel , pada artikel ini akan admin ceritakan tentang legenda yai-sap yang menggugah penasaran seluruh warga desa kembangan.

Yai-sap sebenarnya siapa ?
Tentu pembaca sangat penasaran , yai-sap sebenarnya siapa ? nah dalam poin ini admin akan membantu para pembaca untuk menelusuri siapa yai - sap sebenarnya.

Untuk menelusuri siapa sejatinya yai-sap itu , admin menyiapkan tiga metode pendekatan untuk mengungkap siapa yai-sap.

Pendekatan Pertama _ Dunia perdukunan.
Pendekatan ini dilihat dari orang-orang yang fanatik pada dunia mistis lebih populer dengan sebutan perdukunan. pada dunia perdukunan makam yai -sap adalah makam dimana orang sakti / dukun sakti yang di kubur disana.

Pernah ada satu cerita nama nara sumber di rahasiakan,. ketika ada si adul (nama samaran nara sumber) membawa teman untuk main ke desa kembangan, ketika mereka si adul dan temannya, selanglah memasuki gapura desa kembangan temannya si adul tiba - tiba , tersentak dan kaget. serta  berkata " whele whele wong ada dukun sakti di tanah desa kembangan kok di telantarkan". ternyata teman si adul adalah dukun .
itulah jika terlalu fanatik sebagai dukun kesababan angin toh di sebut kesababan santet. hehehe.

Pendekatan kedua _ Dunia Islam
Pendekatan ini adalah pendekatan secara fanatik islam, Ada yang menganggap makam yang ada di kramat itu adalah makam yai / kyai / wali yang di makamkan disana. dan dipercayai sebagai orang yang pertama membawa islam ke tanah desa kembangan. nama yai sap di ambil dari kyai sapuan, ada juga yang menyebut yai syarifuddin dan ada juga yang menyebut yai-sapii. mana yang benar admin juga tidak tahu. tetapi belakangan lebih dikenal sebagai mbah Syarifuddin danu saputro yang diduga sebagai pasukan skaligus murid dari sutowijoyo alias joko tingkir yang ditugaskan untuk berdakwa ajaran islam di kawasan selatan sungai bengawan solo pada zaman hindu budha.

Pendekatan Ketiga_ Non fanatisme
Nah pada pendekatan ini adalah pendekatan yang netral tidak mengarah ke perdukunan juga tidak mengarah kefanatik islami. sebelum menelisik tentang siapa sebenarnya yai-sap , sekilas  kita kembali kesejarah, Bahwa sejarah mencatat hancurnya Majapahit adalah akibat pengaruh agresi kerajaan islam Demak Bintara.
Nah sejarah runtuhnya Majapahit itulah yang menjadi pendekatan kita untuk mengungkap siapa yai-sap sebenarnya.

Pada peperangan antara Majapahit dengan kerajaan islam demak bintara itu di menangkan oleh kerajaan islam . saat kehancuran majapahit,  para rakyat / penduduk pengikut majapahit yang ingin menyelamatkan diri menyebar ke seluruh pelosok tanah jawa. nah kemungkinan yai-sap adalah sebagian dari prajurit maja pahit atau rakyat majapahit yang melarikan diri ketanah lamongan yang terdampar di tanah kembangan. kemudian beranak pinak di tanah kembangan.
image by  Irvan Antoro
Cikal bakal pemukiman masyarakat desa kembangan adalah dimulai dari embong - jalan yai-sap trus ke utara sampai lumbung desa kembangan. konon ada nyadran yang mana sesajen dibawah ke daerah itu. lambat laun yang kemudian kegiatan yang berbau sesat (ajaran budha) itu dihapuskan oleh wak moden desa kembangan yang mendapat dawuh mbah yai siman , pemimpin pondok siman. bahwa nyadran harus dihapuskan, "sumber: ngringekno critoe wong tuo". coba tanya orang tua disekitarmu tentang kebenaran nyadran pernah ada di kembangan..catatan harus warga kembangan asli lho .hehehe.

Nama Yai - Sap? pasti pembaca penasaran , disini admin akan menceritakan asal - usul nama yai-sap . konon pada jaman dulu ditemukan makam yang tidak bernama - nah di atas makam sekarang di sebut makam yai- sap itu terdapat gundukan tanah yang lumayan tinggi dan berbentuk sap -sap bertingkat ,.mungkin rumah rayap atau yang lainnya.  unik memang tetapi sayang waktu itu belum kepikiran untuk memfoto atau memang belum zamannya foto-foto. nah dari situlah disebut kuburan bersap-sap ,. dan lama kelamaan di sebut yai sap sampai saat ini dengan kondisi makam yang sudah lebih baik.
sumber: ngringekno wong tuo. coba tanyakan pada orang tua disekitarmu mungkin ada yang masih sempat melihat..catatan harus warga kembangan asli lho .hehehe.

image by  Irvan Antoro
Nah itulah kupasan sedikit tentang yai-sap, semoga menjadi sedikit refrensi dalam menyipulkan kebenaran siapa yai-sap sebenarnya.

 Menurut admin yang penting bukan siapa yai-sap?!. tetapi bagaimana niat kita berziarah kemakam. Semoga tidak ada kesesatan dalam berziarah. diatas sudah admin sebutkan beberapa tujuan berziarah kubur.
 
Sekali lagi semoga bermanfaat artikel yang admin tulis ambil positifnya jangan dijadikan refrensi dalam perbedaan. ayo rukun - guyup, kita semua warga desa kembangan..

Lihat juga cerita rakyat desa kembangan yg lain "klik"disini





2 comments:

  1. penjelasannya trlalu berbelit belit sehingga akn timbul pertanya'' yg kurng bermutu , kemudian inti dari artikel yg anda buat itu seperti apa ??? monggo djlaskan . . suwon

    ReplyDelete
  2. Farid Achmad@ sebelumnya salam warga desa kembangan,. hemzt sudah dibaca belum artikelnya,??. keliatannya udah tp membacanya mungkin terburu -buru ,.jadi kurang paham apa maksud dari artikel tersebut,. menurut admin di dalm artikel sudah jelas apa inti dri tulisan tersebut seperti dalam kutipan berikut: 1)"Menurut admin yang penting bukan siapa yai-sap. tetapi bagaimana niat kita berziarah kemakam. Semoga tidak ada kesesatan dalam berziarah.", 2) "semoga bermanfaat artikel yang admin tulis, ambil positifnya" dan juga pada 3)"Sebenarnya admin mengangkat artikel ini adalah bertujuan baik tidak mencari musuh atau untuk menyesatkan orang. apa lagi buat njah - njah tanduran,. hehe"" ,, tp dilihat dari judul juga sudah jelas,. ""Siapa Yai -sap sebenarnya ?"" ... admin juga mash bertanya - tanya ,.hehe

    ReplyDelete