Wednesday 10 September 2014

Kisah Sugeng bagus wijaya

Halilintar menyambar dalam kisah sugeng bagus wijaya (nyila google)

Suatu malam telah lahir seorang bayi yang begitu kuat tangisannya ,."owek-owek-owek-owek-oweeek",. Bayi yang dilahirkan dari sudut desa itu sangat mungil dengan jenis kelamin laki-laki,. Malam itu angin kencang dan sambaran halilintar , ikut menyambut kelahirannya. serta suara burung gagak dan burung hantu menambah seramnya tengah malam itu.

Bayi itu dilahirkan oleh ibunya yang bernama Nyi Asyia  yang dinikahi oleh pasangan hidupnya Almarhum bapak tarjid,. kemudian  bayi mungil itu di beri nama Sugeng bagus wijaya yang sekarang akrab dipangggil Subawi. Sebenarnya subawi sudah mempunyai dua saudara laki-laki kala itu,. isropul dan ucon,. memang nama-nama yang unik. . Senyum bahagia tersirat dari wajah sang ibu dan sang ayah mengimbanginya.

Subawi balita memang lucu , dari mulai belajar tengkurap , "tengel-tengel ndase",.sampai belajar berjalan dan berlari pun sangat menggemaskan ,. "gedebuk , nibo tangi, kadang ndase bencor",. hehe. pernah ada crita lucu tentang subawi kecil,. ada ayam sedang joging biasa makan pagi dipelataran rumah ,bareng teman-temannya,. tidak lama kemudia , ayam tersebut berjalan santai dan ,.. "ceplok, plonte,. croot",. telek lentong telah berhasil di produksi,. . tak lama kemudian telek lentong yang nempel di atas daun jambu itu menggoda subawi kecil,. dalam otak subawi kecil yang pada saat  belajar berjalan itu,. telek lentong adalah coklat cair nyam-nyam," ., tanpa sadar atau memang pura pura tak sadar subawi mencolek telek lenteng menggunakan ujung jari ,. dan kemudian perlahan dengan nikmatnya memasukkan jari yang sudah diclup ke nyam-nyam tadi kedalam mulut kecilnya., whekk ,. hehe

Dan beranjak masuk bangku sekolah MI "madrasah ibtidaiyah" Siman jaya  subawi mempunyai sahabat karib yang bernama sukundori, kundori yang merupakan salah satu anak bapak jugi warga RT 6 ini sangat solit ketika bersama subawi. terbukti ketika subawi menjadi bulan - bulanan ,nyek -nyekan , kalah-kalahan dibangku sekolah sukundori berusaha membelanya meski selalu kalah.

Pernah suatu ketika subawi yang biasa menjadi bulan-bulanan disekolah itu di suruh nulisin temennya yang terkenal bandel dikala itu,. sebut saja teman bandelnya sutomo anak bapak roslan alias yosan warga RT 4 , tomo merupakan siswa pindahan dari kota. tomo tidak sendiri dalam melancarkan aksinya, ada masdu anaknya  alrm.bapak Al. jono RT 4 ada juga pipit anak bapak riban RT 7 dan abdol ghofar sebagai buntut geng jemburis itu,. gofar anak alrm bapak kasmirun RT 3.

Pada waktu itu kundori yang sedang menulis dengan santainya mendengar subawi sebagai sahabat karibnya di suruh nulisin teman bandelnya itu, sukundori yang berbadan ceking dang pendek dengan khas rambut belah tengah itu langsung menengok ke bangku belakang dan bergegas menghampiri keributan kecil karena subawi berusaha menolak,. "dug-dug-dug" merjalan diatas bangku kundori menghampiri dan berteriak,. "janji wani ojo karo bawi". dengan nada menantang,. tangan malang melintang (mengkerik) ,. gopar menyaut " mo - mo , bocah iki mlete ne to,.". tomo yang geram dengan tantangan sukundori langsung saja ,. menghampiri sukundori,. "klotakk"., ndase  kundori diketak mbun-mbunane.. hehe,. (admine nules karo ngguyu).

Foto Subawi disaat masih ceking n ndungkik
Dengan kejadian pengetakan yang dilakukan tomo kepada sukundori, subawi yang berpostur tidak jauh dari sukundori , malah lebih ceking dan ndungkek itu semakin takut,. bahu yang di tahan pipit agar subawi tidak lari itu mulai pasrah.. dan berakhir dengan mau menuliskan mereka berempat, dibantu kundori,. hingga mereka lulus MI masih saja menjadi bulan- bulanan.. "tragis.com.hehe

Dari MI Subawi dan sukundori melanjutkan ke SMP, tetep saja masih dilingkungan Siman jaya. berharap di SMP bawi dan ndori tidak lagi bertemu dengan si geng bandel itu.. Hari pertama, jam pertama masuk sekolah , kala itu pelajaran sejarah , dan ibu asmaiyah sebagai gurunya (RT 6 pojok timur selatan), dua karib kala itu duduk di depan ,. dan menengok kebelakang ,. sesaat mengawasi apakah ada si bandel-bandel itu,. sejenak "plooong",. dan mungucapkan Alhamdulillah,. "kita aman" kata subawi kepada sukundori,. sukundori menjawab dengan anggukan gembira,. karib yang kemana -mana selalu  bersama itu sudah merasa aman,. dan memulai belajar dengan gembira.

Jam 8.30. tiba-tiba ada ketukan dari pintu "tok-tok-tok-tok'".. dibukalah pintu itu sama ibu guru yang berjilbab itu. cklek",. ternyata yang dibalik pintu adalah geng jembures ,.(tomo,pipit,gopar). mendadak kaget sukundori dan bawi , padahal dalam fikiran mereka berharap geng jemburis tidak lagi sekolah ditempat yang sama,. "nasib memang nasib.. eeh di njah -njah lagi,  alamat".. subawi menggumam dalam hati..

Tak lama kemudian geng jemburis di persilakan duduk dan tanpa hukuman ,(setelah ditanya alasannya kenapa telat) karena hari pertama mungkin masih dimaklum oleh ibu guru. "dari kesan pertama saja sudah berani telat,.. gmana bandelnya kelak,. " berbicara bawi kepada sukundori. "wes biasa " jawab sukundori,. sambil pasrah..

Singkat cerita geng jembures berubah nama menjadi geng melancor. karena komposisi berkurangnya masdu yang tidak lagi melanjutkan sekolah SMP di Simanjaya, dengan selogan geng "ndasmu kudu mlancor". geng ini semakin sadis , setiap ada anak yang membangkang jelas kepalanya bencor,. hehe. dengan keadaan itu subawi dan sukundori semakin takut. dan seperti di waktu MI mereka tetap menjadi bulan-bulanan si geng melancor itu hingga lulus SMP.

Dengan berjalannya waktu mereka semua lulus SMP, subawi dan sukundori melanjutkan sekolah ke SMA, dan geng mlancor tidak lagi melanjutkan sekolah karena geng mlancur berniat langsung merantau saja. SMA nya tetep di siman jaya. hehe mumet wae sekolahe nok siman jaya terus..

Disaat SMA lah subawi dan sukundori seperti baru saja lepas dari penjara,. dan menjalankan aktifitas sekolah dengan gembira, dari nyonto,. ngerpek , sudah biasa di lakukan. untuk urusan asmara disaat sekolah mereka berdua selalu gagal,. jadi gak usah di critakan disini jelas tragis,. hahaha.

Lulus SMA, sukundori langsung merantau ke bandung , tetapi subawi yang bertubuh ceking itu masih dikampung dan dinobatkan menjadi ketua RT 7. dan ambisinya membalas dendam kepada geng mlancor masih cukup kuat. sehingga subawi berlatih membentuk tubuhnya agar terlihat kekar. dalam kesehariannya sambil menunggu pertemuannya dengan geng mlancur,. ( tidak pernah ketemu karena geng melancur jarang pulang). subawi berlatih sampai keparengan. ya angkat-angkat wesi iku lo,. "pitnes jare".. dengan harapan  menjadi seperti adiray.

Mungkin dari angin berhembus kencang, hali lintar menyambar, suara burung menambah seram. itu semua pertanda kelahirannya Pak RT 7 yang berbadan seperti tasmanian ( kaki kecil badan bagian atas gedhe) itu dilahirkan., kini menjadi kekar.. dan mungkin terlihat seram ,. serem apane tambah koyo banci kaleng ngunu nangdi endi wedakan,. hahaha "serem neeek".

Singkat cerita kini anak -anak sudah pada dewasa tidak ada lagi yang namanya di jajah dan menjajah,. latihan bawi terlihat sia-sia karena mereka damai - damai saja ketika bertemu.. hehe,.
dan subawi kini menjalankan aktifitasnya sebagai ketua rukun tetangga di RT 7 dan hidup damai bersama warganya.

******************************SEKIAN**********************************
Pemain :
Subawi
Sukundori
Pipit
Tomo
Gofar
masdu
ibu guru

  Lihat juga cerita rakyat desa kembangan yg lain "klik"disini

No comments:

Post a Comment