Thursday 7 August 2014

" Dolanan Klingan"

klingan biasa dari sawah, rawa, atau kali-kali biasa
Permainan ini adalah permainan jaman dulu yang tidak membutuhkan biaya, permaian yang hanya bermodal nglutus (mencari ) di rawa - rawa, di golongan, di sawah, di kali belakang rumah.

Klingan berasal dari bahasa jawa yang berarti " kuat - kuatan".. nah alat yang di gunakan adalah besusul yang sudah mati atau masih hidup.
Masyarakat desa khususnya masyarakat desa kembangan sudah terbiasa menyebut besusul adalah klingan. jadi jangan bingung mana besusul mana klingan.. hehe

Cara permainan ini adalah dengan cara memasukkan jari tengah kita ke lubang besusul atau klingan, kemudian di adu dengan lawan .

Mengadunya dengan cara mempertemukan bagian dalam besusul ( yang mengembung) . kemudian kedua pemain saling menekan untuk tujuan melubangai besusul atau klingan lawan.

jika klingan lawan mengalami lubang kecil sering disebut tumpes , atau remuk berkeping keping, maka klingan anda dianggap menang. seru bukan., hehe

Peraturan permainan ini adalah dilarang memakai klingan yang busuk, selain jika pecah membuat bau dimana - mana, mitosnya besusul yang busuk terlalu kuat jika di adu sehingga tidak fer.

Ada tips dari admin mencari klingan yang mau di adu adalah mencari klingan yang beweh, atau bendot. biasanya klingan yang dimaksud sangatlah kuat, seperti gondang tetapi tidak gondang, gambarnya seperti dibawah ini.

klingan beweh dari kloraknya bapak wiji, atau belakang rumah bapak pake

klingan bendot dari belakang rumah bapak samso
Gambar diatas adalah klingan yang super kuat, terkadang kelingan biasa (klingan rawa, sawah ) meski banyaknya sekantong kresek pun di hancurkan semua sekaligus.

Perminan ini tidak hanya seru pada saat mengadunya, tetapi saat mencarinya pun sangat seru, ya nusuk - nusuk nuk rumpet -rumpet mencari klingan beweh adalah hal yang paling seru,. saran admin kalau tidak terbiasa mencari dengan cara nusuk nusuk jangan coba - coba,.nanti terkena beleng gendol., hehe

Selain klingan yang di adu , klingan atau besusul juga bisa di jadikan menu masakan,.misal ,ongseng besusul, godokan besusul,. pokoke aneka makanan ,.atau  seperti gambar dibawah ini..


Sekian dari admin semoga bermanfaat,. permainan jaman dulu tentunya sangat lebih menarik dan lebih irit maka lestarikan lah,.

Lihat juga permainan desa kembangan yg lain "klik"disini



No comments:

Post a Comment