Friday 7 December 2018

Pertanyaan Kubur



Masih di indahnya ngaj jarak jauh sareng Ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur pada mimbar dakwa Cangkru'e Desa Kembangan . Kali ini ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul " Pertanyaan Kubur ".

Monggo ngaos sareng Ustadz Yusron.



Pertanyaan Kubur

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم
وأنهم يسألون بعد دفنهم في قبورهم الاجماعة مخصوصين

Artinya : Dan sesungguhnya Para makhluk ( Manusia ) itu akan ditanya di dalam kubur mereka  setelah mereka di kebumikan kecuali golongan yang dikhususkan.  
 
            Maksudnya :

Setiap Orang Mukallaf wajib meyakini bahwa orang yang sudah  meninggal dunia itu akan mendapatkan pertanyaan di dalam kubur mereka setelah mereka dikebumikan dan para pengantar Jenazah sudah bubar semua ( Pulang ke rumah ).

Pertanyaan yang diajukan kepada Mayit di dalam kubur adalah tentang Tuhan, Nabi dan Agama yang diyakini oleh si Mayit, bila si Mayit adalah orang beriman maka dia akan bisa menjawab dengan tegas sedangkan bila si Mayit adalah orang kafir maka dia tidak akan bisa menjawa.

Malaikat yang bertugas menguji di alam Kubur adalah Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir dan hal ini berlaku untuk semua Mayit baik mayit orang kafir ataupun Mayit orang beriman, hanya saja ketika Mayit adalah orang kafir maka Malaikat akan datang dengan wujud yang mengerikan dan saat mengujipun dengan cara yang keras dan menakutkan, sedangkan bila si-mayit adalah orang beriman maka malaikat yang menguji di alam kubur akan datang dengan wujud yang menyenangkan   dengan nada yang lembut sehingga Para Ulama’ada yang berpendapat bahwa yang menguji orang beriman di alam kubur adalah Malaikat basyir dan Malaikat Mubasyir.

            Tentang jumlah Malaikat munkar dan Nakir juga terjadi perbedaan pendapat di antara Ulama’ antara lain

      1.      Ada yang mengatakan bahwa jumlah Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir itu hanya ada dua sehingga di manapun ada orang meninggal dunia maka dua Malaikat inilah yang akan mengujinya di alam kubur.

      2.      Ada yang berpendapat bahwa Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir itu jumlahnya sangat banyak dan terbagi menjadi dua golongan, satu golongan bernama Malaikat Munkar dan Satu golongan lagi bernama Malaikat Nakir dan ketika ada orang meninggal dunia maka tiapa satu Malaikat Munkar dan satu Malaikat Nakir akan datang untuk menguji si-Mayit.

Menurut sebagian pendapat Ulama’ pertanyaan di alam kubur itu berlaku untuk semua orang yang meninggal dunia tanpa terkecuali, dan menurut sebagian lagi  ada beberapa golongan yang tidak ditanya olah Malaikat ketika di Alam Kubur.antara lain :
 
      1.      Para Nabi dan Rosul عليهم الصلاة والسلام
      2.      Orang yang meninggal dalam peperangan ( mati sebagai Syuhada’ )
      3.      Orang yang menjaga pos ( menetap dalam satu tempat ) siang dan malam untuk melaksanakan ibadah
      4.      Orang yang meninggal dunia pada Malam Jum’at atau siang hari Jum;at
      5.      Orang yang membiasakan untuk membaca Surat Al-Mulk setiap selesai Sholat Isya’ semenjak dia tahu.
      6.      Orang yang membiasakan membaca Surat As-Sajadah setiap malam hari
      7.      Orang yang membaca Surat Ikhlas saat sakit yang membawanya kepada kematian.
      8.      Orang yang mati karena sakit perut maksudnya orang yang di dalam perutnya terdapat banyak air berwarna kuning ketika dia meninggal dunia.

Semoga kita termasuk dari salah satu golongan yang tidak akan ditanya oleh malaikat Munkar dan Malaikat Nakir saat di alam Kubur, Amiin.

والله أعلم بالصواب
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber :1. الرياض البديعة  karya : Syaikh Muhammad Hasbullah
            . 2.  نور الظلام   karya : Syaikh Muhammad Nawawi

No comments:

Post a Comment