Friday 14 December 2018

Peristiwa Hari Kebangkitan



Masih di indahnya ngaji jarak jauh sareng Ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur pada Mimbar Dakwa Cangkru'e Desa Kembangan, kali ini ustadz akan menyampaikan kemasan berjudul " Peristiwa Hari Kebangkitan ".

Monggo ngaos sareng ustadz Yusron..



Peristiwa Hari Kebangkitan



السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

بسم الله الرحمن الرحيم

وأنهم يبعثون يوم القيامة

Artinya : Dan sesungguhnya semua makhluk itu akan dibangkitkan pada Hari Kiamat

Maksudnya :

Semua makhluk yang mati besuk akan dihidupkan kembali dan dikeluarkan dari kubur mereka masing-masing pada Hari Kiamat setelah berlalunya tiupan sangkakala yang pertama dan berawal dari saat dilakukannya tiupan sangkakala yang ke-dua oleh malaikat Isrofil.

Allah سبحانه وتعالى berfirman dalam Al-Quran Surat Az-Zumar ayat : 68


وَنُفِخَ فِى ٱلصُّورِ فَصَعِقَ مَن فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَن فِى ٱلْأَرْضِ إِلَّا مَن شَآءَ ٱللَّهُ ۖ ثُمَّ نُفِخَ فِيهِ أُخْرَىٰ فَإِذَا هُمْ قِيَامٌ يَنظُرُونَ


68. Dan ditiuplah sangkakala, Maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi Maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu ( putusannya masing-masing ).

Empat puluh tahun setelah berlalunya tiupan sangkaka yang pertama maka Allah سبحانه وتعالى mengirim air hujan dari arsy selama empat puluh hari sampai menggenangi bumi kurang lebih empat belas hasta, air tersebut menyerupai sperma yang disebut dengan air kehidupan. kemudian Allah سبحانه وتعالى membangkitkan kembali jasad manusia dari tulang ekornya yang tidak hancur sampai hari kebangkitan seperti ditumbukannya sayur-sayuran saat musim semi.

Saat bangkit kembali dari kubur jasad manusia akan dihidupkan kembali oleh Allah سبحانه وتعالى setelah jasad tersebut sudah tiada sama sekali sesuai dengan bentuk semula,bagiaan-bagian tubuh yang tetap dari lahir hingga mati akan dikembalikan sekalipun ketika hidup bagian tubuh tersebut pernah terpotong termasuk khitannya. kecuali bagian-bagian tubuh yang tidak bersifat asal dari lahir seperti kuku dan rambut.

Setelah semua jasad sempurna sesuai dengan bentuk masing-masing maka semua manusia akan digiring ke sebuah tempat pemberhentian ( Al-Mauqif ), dan seteleh semua manusia sampai di sebuah tempat yang tinggi maka muncullah awan hitam yang menurunkan hujan berupa catatan amal semua Manusia seperti daun bunga mawar untuk catatan amal orang beriman dan seperti daun bidara untuk catatan amal orang kafir.

Semua catatan amal akan berterbangan mencari pemiliknya dan akan turun kepada pemiliknya masing-masing, untuk orang beriman maka catatan amal tersebut akan diterimanya dengan tangan kanan dan Orang yang pertama kali menerima catatan amal dengan tangan kanan adalah Sayyidina Umar رضي الله عنه, kemudian disusul oleh Abu Salmah Abdullah bin Asad. sedangkan untuk orang Kafir maka catatan amal itu akan diterimanya dengan tangan kiri dan orang yang pertama kali menerima catatan amal dengan tangan kiri adalah Aswad Bin Asad ( saudara dari Abdullah bin Asad ).

Allah سبحانه وتعالى berfirman dalam Surat al-Isro’ ayat :13

وَكُلَّ إِنسَٰنٍ أَلْزَمْنَٰهُ طَٰٓئِرَهُۥ فِى عُنُقِهِۦ ۖ وَنُخْرِجُ لَهُۥ يَوْمَ ٱلْقِيَٰمَةِ كِتَٰبًا يَلْقَىٰهُ مَنشُورًا
وَكُلَّ إِنْسَانٍ أَلْزَمْنَاهُ طَائِرَهُ فِي عُنُقِهِ ۖ وَنُخْرِجُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كِتَابًا يَلْقَاهُ مَنْشُورًا

Referensi: https://tafsirweb.com/4617-surat-al-isra-ayat-13.html
13. Dan tiap-tiap manusia itu telah Kami tetapkan amal perbuatannya (sebagaimana tetapnya kalung) pada lehernya. dan Kami keluarkan baginya pada hari kiamat sebuah kitab yang dijumpainya terbuka.



والله أعلم بالصواب
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber : الرياض البديعة  karya : Syaikh Muhammad Hasbullah

No comments:

Post a Comment