Friday 16 November 2018

Macam-Macam Tugas Malaikat



Masih diindahnya ngaji jarak jauh sareng ustadz Yusron Hasan Bin H. AH. Mansur, Pada mimbar dakwa Kangkru'e Desa Kembangan. Kali ini Ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul " Macam - Macam Tugas Malaikat".

Monggo ngaos sareng Ustadz Yusron..



Macam-Macam Tugas Malaikat

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم

ومنهم جبريل وميكائيل واسرافيل وعزرائيل وهؤلاء الأربعة هم الرؤساءوهم أفضلهم ومنهم حملة العرش وهم الأن أربعة وزاد عليهم يوم القيامة أربعة ومنهم منكرونكير ورضوا خازن الجنة ومالك خازن النار ورقيب وعتيد

Artinya : Dan di antara mereka ( Malaikat ) adalah, Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Isrofil dan Malaikat Izro’il, empat malaiakt ini ( Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Isrofil dan Malaikat Izro’il ) adalah merupakan Para pimpinan dan mereka adalah Malaikat yang Paling Utama, dan di antara mereka lagi adalah Malaikat Penyangga Arsy’ Mereka ( Malaikat Penyangga Arsy’ ) sekaramg berjumlah empat dan  akan ditambah empat lagi ( menjadi delapan ) besuk pada hari kiamat, dan di antara mereka lagi adalah Malaikat Munkar,Malaikat Nakir, Malaikat Ridlwan Sang Penjaga Surga, Malaikat Malik Sang Penjaga neraka, Malaikat Roqib dan Malaikat Atid.

Maksudnya :
Dari jumlah malaikat yang begitu banyaknya itu, kita tidak wajib mengetahuinya satu persatu, namun kita hanya diwajibkan mengetahuinya secara global saja, di antaranya adalah :

1.      Malaikat yang merupakan pemimpin para Malaikat dan Merupakan Malaikat yang paling mulia , mereka menjadi penghubung antara Allah سبحانه وتعالى dan Para Nabi عليهم الصلاة والسلام  dengan menyampaikan wahyu, atau menjadi penghubung antara Allah سبحانه وتعالى dengan orang-orang sholeh dengan menyampaikan ilham atau mimpi yang baik, atau juga mereka itu menjadi penghubung antara Allah سبحانه وتعالى dengan para Makhluk-Nya dengan menyampaikan apa yang dilakukan oleh Allah سبحانه وتعالى untuk makhluk, mereka berjumlah empat yaitu :

a.       Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu
b.      Malaikat Mikail bertugas membagi rizki
c.       Malaikat Isrofil bertugas meniup sangkakala
d.      Malaikat Izroil bertugas mencabut nyawa

2.      Malikat Penyangga Arsy

Yaikni : Malaikat yang menopang arsy, kepala mereka ada di arsy di atas langit ke-tujuh, kaki mereka berada di bumi yang paling bawah, tanduk mereka seperti tanduk sapi liar dan jarak antara pangkal dan ujung tanduknya adalah perjalanan lima ratus tahun.

Untuk sekarang ini jumlah malaikat penjaga arsy adalah sebanyak empat, sedangkan besuk di hari kiamat jumlah mereka ditambah empat sehingga menjadi delapan karena bertambahnya kemulian dan keagungan arsy besuk di Hari Kiamat.

3.      Malaikat Munkar dan Nakir bertuga menanyai di alam kubur

4.      Malaikat Ridlwan bertugas menjaga sorga

5.      Malaikat Malik bertugas menjaga neraka

6.      Malaikat Roqib Atid bertugas mencatat amal perbuatan manusia.

والله أعلم بالصواب
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber : الرياض البديعة  karya : Syaikh Muhammad Hasbullah

No comments:

Post a Comment