Tuesday 2 September 2014

Program desa : keindahan dan kesejukan di sepanjang jalan desa kembangan ( sekedar wacana / memang realita?)

Dalam tulisan  admin kali ini, admin akan mengajak para pembaca untuk menyadari akan nikmatnya hidup berdampingan dengan mkhluk Allah yang lain. dalam bayangan anda sejuk itu seperti apa? tentu dalam hati kecil anda menjawab, sejuk adalah suasana dimana dengan hirupan udara  yang menyegarkan saluran pernafasan yang di timbulkan dari interaksi udara dengan alam sekitar serta memberi efex positif pada pikiran manusia yang ada di sekitarnya.

Makhluk Allah yang lain yang admin maksud adalah tumbuhan atau tanaman, Tumbuhuan hijau berperan sebagai paru - paru dunia , dalam lingkup pedesaan ya jadi disebut paru - paru desa,. hehe. maksud dari paru- paru dunia adalah tanaman yang kaya akan krolofil akan menghasilkan oksigen yang sangat penting bagi pernafasan manusia dan otomatis vital untuk kelangsungan hidup manusia. Tumbuhan hijau yang menjadi pabrik oksigen merupakan faktor utama penciptaan lingkungan hidup yang sejuk dan asri. semoga desa kita menjadi desa yang seperti itu,. amiin



Untuk menciptakan lingkungan seperti yang kita bayangkan itu sebenarnya sangat mudah sekali. banyak yang bilang desa kita terlihat gersang ayo kita buktikan bahwa kita bisa wujudkan desa yang hijau. bukanya menggurui atau apa, admin disini berdasarkan pengalaman yang pernah dinobatkan diri sendiri mampu menjadikan halaman rumah yang sangat sejuk.hehe

Langsung saja ya untuk menciptakan lingkungan yang penuh tumbuhan di sepanjang jalan desa kita harus di awali dengan niat, niat sangat penting untuk tercapainya segala tujuan.

Penciptaan lingkungan hijau secara individu. tenkhnik ini sangat simple , yang admin maksud dalam tekhik ini adalah kesadaran individu untuk hijauhkan depan rumahnya sendiri.

Penciptaan Lingkungan hijauh yang global/masal/menyeluruh mencakup sepanjang jalan desa kembangan, nah tekhnik ini gampang-gampang susah karena menyatukan keanekaragaman isi dari kepala warga desa kembangan.
Untuk menyatukan keanekaragaman fikiran warga desa kembangan kita memiliki kepala desa ,. nah kepala desa disini menjadi pemegang kendali dan perangkat desa sebagai tali sebagai pemersatu niat warga.

Diatas tadi ada dua tekhik global pembentukan niat,. nah kita masuk ke pada bagaimana cara menanam yang baik dan terlihat indah. caranya sebagai berikut:
  1. Pertama - tama normalisai got / peceren. bersihkan terlebih dahulu dari sampah - sampah yang mengakibatkan mampetnya got, jika sudah dangkal monggo digali.
  2. Pembuatan ta- takan sebagai alas pot bunga / tanaman dari papan atau sigaran pereng yang ditata rapi, jika perlu membuat dari cor yang bisa di buka tutup.
  3. Pemilihan tanaman yang baik , indah dan hijauh, untuk terlihat hijauh dan rindang pilih tanaman yang daunnya banyak , dan jika ingin terlihat indah pilih tanaman yang memiliki bunga warna - warni.
  4. Pemilihan Pot , jika ingin terlihat indah pilih pot yang seragam / sama ukuran dan bentuk. nah disini salah satu penentu keindahanannya,. bila perlu di cat warna hijauh dan kuning,. agar memberi kesan hijauh alami,. tetapi jangan lupa jika potnya terlalu tinggi juga tidak bagus,. maka admin memberi saran penyusunanya adalah pot yang tinggi di tempatkan di posisi yang paling belakang, kemudian di susun pot- pot kecil  yang berisi tanaman kecil  untuk menutupi pot yang besar tadi , untuk pot kecil bisa di buat dari limbah botol Aqua di potong pendek kemudian dicat hijauh dan kuning seperti biasa.
  5. Cara menanam tanaman , disini ada 2 cara penanaman yaitu pertama, jika dengan cara menanam pohon baru pilih waktu sore hari baik dengan cara stek, "nyuklek pang anyar" atau memindahkan dari pon lain karena proses fotosintesis adalah di siang hari maka membutuhkan air yang berlebih sedangkan tanaman baru terkadang belum memiliki akar sesungguhnya (menyerap air) jadi kurang maksimal jika melakukan fotosintesis,. jadi admin sarankan di sore hari. ( ya belajar biologi disekolah dulu hehe). cara yang kedua adalah beli di tukang kembang,. ya tinggal di taroh di depan rumah,. hehe
  6. Cara merawat tanaman, sirami air secukupnya di sore hari, atau pagi hari pokoknya sehari sekali saja sudah cukup. dan jika ada daun yang kering di potong saja atau yang sudah rontok jangan dibuang di sembarang tempat atau dibakar,. letakkan saja di pot,. karena fosil dari daun kering itulah yang menjadi suburnya tanah. oia jika perlu setiap pot carikan cacing tanah untuk menggemburkan tanah,.
Nah itulah beberapa cara menjadikan lingkungan yang sejuk dan indah, mudah bukan,. jika sudah indah sekarang tinggal menjaga kebersiannya saja,. Setiap depan rumah kalau tidak ya di beberapa titik saja sediakan tempat sampah,. untuk sampah organik dan non organik seperti gambar dibawah ini,.


Sekian dari admin jika ada kurang lebihnya mohon maklum, dan jika ada salah kata mohon dimaafkan,. semua ini hanyalah harapan yang mana untuk keindahan lingkungan desa kembangan, ingat , harus ada niat, tindakan, dan tidak merasa bosan untuk merawat keindahan., semoga jaya selalu desa kembangan,. amiin
Lihat juga Khayalan desa kembangan yg lain "klik"disini

No comments:

Post a Comment