Thursday 25 September 2014

"Bermain di tumpukan kayu"

Gambar tumpukan kayu nyila mbah google
Mungkin pembaca sedikit bingung kenapa permainan ini admin masukkan ke permainan desa kembangan,. ya anggep saja ini sebagai permainan tambahan dari admin, karena sebenarnya permainan ini tidak termasuk permainan pada umumnya,.

Berawal dari ke uletan kakek dan nenek, sebenaranya kayu yang sengaja tertumpuk dihalaman rumah itu adalah kayu yang di peroleh dari penebangan kayu dari tanah kosong (dadah) dan dari sawah kami (nggebengan, pinian, lakon ). kayu yang biasa di tumpuk adalah kayu lamtoro dan kayu turi kadang bilahan kayu udan dan gempol. kakek dan nenek mengeringkan kayu sebelum dimanfaatkan sebagai kayu bakar adalah dengan model tumpukan kurang lebih seperti gambar di atas.

Nah dari situlah admin bermain dengan media tumpukan kayu,. admin kecil cendrung kreatif  , sebenarnya tumpukan kayu itu sekilas biasa - biasa saja. Tetapi admin dan teman-teman memanfaatkan tumpukan kayu itu sebagai rumah - rumahan , pernah juga di gunakan sebagai markas dalam permainan perang - perangan.

Rongga tumpukan kayu yang luwasnya kurang lebih satu meter itu terlihat sempit, tetapi tak tau kenapa terasa asik saja bermain di dalamnya. mungkin hanya bercanda kecil di dalamnya tetapi asiknya terkenang sampai sekarang.

Keluar masuk rongga tumpukan kayu itu menjadi kesenagan tersendiri.. ya namanya anak kecil mondar-mandir , naik - turun.. itu sudah menjadi kegiatan sehari -hari. pokoknya masa kecil itu penuh kreatifitas tinggi,. semua di sulap sesuai hayalannya. hehe

Terkadang saking sayangnya terhadap markas (Tumpukan kayu tadi),. admin kecil ketika makan sore pun dilakukan didalam tumpukan kayu itu.

Mungkin dolanan ini tidak akan ada , selain tidak ada peminat juga tidak adanya media,. "hehe wong saiki adange podo nggowo gas LPG , kayu wes gak kanggo.!"

Itulah kenangan admin bermain di tumpukan kayu ,. halaman rumah yang luas rame penuh canda tawa anak-anak kecil yang gembira ekspresikan hati. semua pasti punya kenangan dengan keunikan tersendiri,. ini kenangan admin , mana kenanganmu,. ?!hehe
Lihat juga permainan desa kembangan yg lain "klik"disini

No comments:

Post a Comment