Wednesday, 29 April 2015

Jika Bayi Yang Meninggal Bagaimankah Nanti di Akhirat ?_Tanya Jawab Warga Desa Kembangan (TJ0020)


Pastilah sedih seorang orang tua kehilangan buah hatinya ketika masih bayi , dalam tanya jawab warga desa kembangan kali ini akan di jelaskan ustad Yusron Hasan mansur tentang bayi yang meninggal dunia ketika masih bayi.

Warga Bertanya:

Jika yang meninggal bayi itu bagaimana kang?

Apa sajakah yang bisa ia nikmati?

Terus dalam kasus ibu membunuh anaknya itu bagaimana kang?

Ustad Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur Menjawab:

Kalau yang meninggal itu bayi , menurut pendapat ulama' dia akan menjadi pelayan pada ahli sorga , melayani kedua orang tuanya, beruntunglah mereka yang punya anak meninggal waktu masih bayi karena bisa menjadi investasi di akhirat , tetapi ya harus ikhlas dan sabar saat bayinnya meninggal duania.

Kalau dari sisi hukum tetaplah berdosa , tetapi dari sisi hakikat ibu tetap diberi kesempatan utuk menyampaikan alasannua mengapa dia sampai membunuh anaknya . Untuk nasib anaknya apakah akan menjadi pelayan ibunya atau tidak besok diakhirat semua tergantung kebijakan Allah.

Apa hukumnya terutama bagi laki - laki buang air kecil sambil berdiri ?_Tanya Jawab Warga Desa Kembangan (TJ0019)


Kita sering kali melihat seorang laki - laki yang buang air kecil sambil berdiri, Kalau perempuan buang air kecil sambil berdiri pasti morat - marit (kemana -mana) hehe. disini sedikit disinggung masalah tersebut dalam tanya jawab warga desa kembangan.

Warga Bertanya  :

Apa hukumnya terutama bagi laki - laki buang air kecil sambil berdiri ? sebab di tempet tolilet umum kebanyakan disediakan dengan posisi berdiri dan tidak ada pilihan?


Ustad Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur Menjawab:

Buang air kecil sambil berdiri itu merupakan sebuah adab bukan suatu yang wajib , tetapi jikalau buang air kecilnya berdiri disaat ditempat terbuka itu sebuah larangan yang keras.

Temukan Tanya jawab warga yang lainnya "klik"  di sini

Lebih baik manakah bagi istri sholat dirumah (perintah suami) dengan sholat jamaah di masjid atau musholah tapi suami melarang (dengan memiliki alasan) ?_Tanya Jawab Warga Desa Kembangan (TJ0018)


Perempuan seraca hukum asal memang lebih baik sholat di rumah dari pada di masjid , Nah disini akan sedikit dikupas atas perempuan pergi kemasjid bersama tanya jawab warga .

Warga Bertanya :

Pahalanya besar mana, bagi istri sholat dirumah (perintah suami) dengan sholat jamaah di masjid atau musholah tapi suami melarang (dengan memiliki alasan) ?

Untuk detail masalah dosa dan pahalanya bagaimana ? 

Terus banyak madhorotnya atau manfaatnya?

Melanjutkan pertannyaan, mohon penjelasan,mengenai sholat jamaah suami istri. Bagaimana menurut ustdz yusron mengenai istri sholat di rumah itu lebih baik dari pada di musholah / masjid dan laki-laki /suami lebih baik di musholla / masjid dari pada di rumah.

Yg saya tanyakan;

Bagus mana suami sholat berjamaah di rumah dengan istri,  atau suami kemasjid sementara meninggalkan istri di rumah sholat munfarid,sementara suami jamaah di musholla??
Mengingat istri munfarid dirumah itu lbh baik dari pada keluar rumah utk sholat jamaah.?!

Ustad Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur Menjawab:

Secara hukum asal perempuan lebih baik sholat dirumah dari pada di masjid atau di musholah apalagi kalau suami memerintahkan untuk sholat di rumah, namun suami juga harus bertanggung jawab atas benar dan tidak sholat istrinya , dengan demikian suami wajib mengajari istrinya , kalau tidak bisa mengajari maka harus dicarikan guru termasuk suami harus mengizinkan istrinya mengikuti pengajian di masjid.

Masalah pahala itu mengikuti perbuatan , bila di masjid berjamaah sedangkan dirumah sendiri maka lebih besar pahalannya di masjid, kalau di masjid suaminnya melarang maka setiap langkanh kemasjid seorang istri terhitung dosa dan menuruti suami itu besar pahalannya. sehingga tidak bisa dipukul rata.

Tentang manfaat itu juga perlu pemikiran panjang , bila di masjid ada pengajian ya bisa juga lebih manfaat di masjid, jadi semua tergantung keadaan, intinnya kalau yang ditanya pahalanya sholat tanpa memandang jamaah atau tidak maka wanita itu lebih besar pahalannya ketika sholat dirumah dan manfaat. Dan mudhlorotnya juga demikian, bila hanya berhubungan dengan sholat saja tanpa ada yang lain maka lebih bermanfaat sholat dirumah dari pada dimasjid.
 
Untuk pertannyaan lanjutan, itu bisa dilihat dari banyak sisi, kalo nilai sholatnya untuk suami lebih baik sholat di masjid karena bisa sambil i'tikaf, tetapi dari sisi yang lain ketika suami berjama'ah dengan istrinya itu akan menambah kerukunan dan keharmonisan keluarga, dari sisi yang lain lagi kalo memang saat suami pergi ke masjid itu bisa menjaga fitnah yang akan terjadi bila istrinya diajak ke Masjid ya lebih baik ke Masjid bersama antara suami dengan istri. jadi tinggal kita mau pahala besar dari sholat ataukah memilih untuk sebuah keharmonisan, mungkin yang mngumpulkan keduanya ya bersama-sama antara suami dan istri berjama'ah ke Masjid. Ya itulah islam sangat luas dan tidak bisa dimaknai hanya dari satu sisi

Tuesday, 28 April 2015

PENYAKIT DEGENERATIF



Seiring dengan perkembangan jaman, peralihan suatu penyakit pun terjadi. Dahulu di Indonesia kasus yang sering terjadi adalah penyakit infeksi. Namun dengan adanya peningkatan taraf hidup masyarakat, peningkatan pendapatan perkapita masyarakat sehingga ada perbaikan gizi dimasyarakat.

Tingkat konsumsi masyarakat yang serampangan, gaya hidup yang kurang sehat, merokok, gerak tubuh yang minimal, konsumsi zat kimia melalui makan yang berlebih merupakan beberapa factor pemicu penyakit degeneratif.

Penyakit degeneratif adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya kerusakan atau penghacuran terhadap jaringan atau organ tubuh. Proses dari kerusakan ini dapat disebabkan oleh penggunaan seiring dengan usia maupun karena gaya hidup yang tidak sehat.

Di dunia, angka kejadian penyakit degeneratif semakin meningkat terutama di negara - negara maju. Hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya angka harapan hidup, gaya hidup tidak sehat, dan tingkat kesembuhan terhadap penyakit - penyakit infeksi semakin tinggi. Dulu, sebelum penemuan antibiotik angka kejadian dan angka kematian karena penyakit - penyakit infeksi masih tinggi.

Di Indonesia, penyakit - penyakit degeneratif mulai menjadi perhatian karena meningkatnya angka kejadian dan angka kematian.

Beberapa contoh penyakit degeneratif adalah :

1. Kencing manis atau diabetes mellitus (DM) tipe 2

Kencing manis atau diabetes mellitus adalah penyakit yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah yang disebabkan oleh tubuh tidak dapat menggunakan glukosa atau gula dalam darah sebagai sumber energi. Penyakit ini terdiri dari beberapa tipe, tipe tersering yang dapat ditemui adalah diabetes mellitus tipe 2.

Gejala klasik :
• Cepat merasa haus.
• Sering buang air kecil (BAK).
• Cepat merasa lapar.
• Kesemutan pada ujung - ujung jari tangan dan kaki akibat terjadinya kerusakan pada ujung - ujung saraf.
• Pengelihatan menjadi buram. 

Faktor resiko yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit ini antara lain:
• Kebiasaan makan makanan manis
• Kelebihan berat badan
• Genetik
• Jarang berolah raga

2. Osteoartritis (OA)

OA merupakan penyakit degeneratif yang menyebabkan kerusakan jaringan tulang rawan pada sendi yang ditandai dengan perubahan pada tulang. Faktor resiko terjadinya penyakit ini adalah genetik, perempuan, riwayat benturan pada sendi, usia dan obesitas.

Gejala yang dapat ditemukan pada penyakit ini adalah:

• Nyeri pada sendi terutama setelah beraktivitas dan membaik setelah beristirahat
• Kadang dapat ditemukan kekakuan di pagi hari, durasi tidak lebih dari 30 menit.

Gejala tersebut menyebabkan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari - hari dan bekerja. Umumnya sendi yang terkena adalah sendi - sendi yang menopang tubuh seperti lutut, panggul, dan punggung.

3. Osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit degeneratif pada tulang yang ditandai dengan rendahnya massa tulang dan penipisan jaringan tulang. Hal tersebut dapat menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Diagnosis dari penyakit ini berdasarkan massa tulang. Disebut osteoporosis apabila massa tulang <-2,5 standar deviasi (SD) massa tulang normal, dan disebut osteopenia apabila massa tulang antara -1 hingga -2,5 SD. Karena penyakit ini tidak memberikan gejala hingga terjadi patah tulang, maka penting untuk dilakukan skrining untuk mencegah penyakit ini. Selain itu, penderita juga harus menjadi diri dan melakukan penyesuaian agar tidak mudah jatuh, misalnya kamar mandi menggunakan lantai yang kasar.

4. Penyakit jantung koroner (PJK)

Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh adanya sumbatan pada pembuluh darah koroner. Pembuluh darah koroner adalah pembuluh darah yang memperdarahi jantung. Sumbatan dari pembuluh darah tersebut diakibatkan oleh adanya proses aterosklerosis atau penumpukan lemak/plak di pembuluh darah sehingga diameter pembuluh darah makin kecil dan mengeras/kaku. Proses aterosklerosis terjadi perlahan - lahan seiring dengan waktu, tetapi pada orang - orang dengan kadar kemak di dalam darah yang tinggi, proses ini di pembuluh darah menjadi semakin cepat dan banyak.

PENYEBAB

Penyebab dari masing-masing penyakit tersebut adalah:

1. Kencing manis atau diabetes mellitus (DM) tipe 2

Penyebab glukosa tidak dapat digunakan di dalam tubuh pada diabetes tipe 2 adalah:

• Resistensi insulin pada sel - sel.
Agar sel dapat menggunakan glukosa dari dalam darah diperlukan insulin. Pada penderita dengan penyakit ini, ditemukan bahwa sel - sel tersebut menjadi kurang sensitif terhadap insulin. Walaupun terdapat insulin di dalam tubuh, tetapi sel tersebut tidak dapat menggunakannya. Hal tersebut menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi.

• Produksi insulin yang rendah oleh pankreas
Insulin dihasikanl oleh sel beta pankreas. Produksi insulin yang tidak mencukupi kebutuhan menyebabkan tubuh tidak dapat menggunakan glukosa di dalam darah.

2. Osteoartritis (OA)

Untuk mendiagnosis penyakit ini diperlukan pemeriksaan fisik terhadap sendi yang terkena dan pemeriksaan penunjang untuk menyingkirkan kemungkinan penyakit lain. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan berupa rontgen pada sendi yang terkena dan laboratorium. Pada Roentgen dapat ditemukan perubahan bentuk dari sendi yang terkena.

3. Osteoporosis

Osteoporosis dapat disebabkan oleh:
• Penyerapan kalsium yang menurun pada wanita post menopause;
• Usia lebih dari 70 tahun;
• Penyakit kronis;
• Defisiensi zat pembentu tulang seperi kalsium, viatamin D.

4. Penyakit jantung koroner (PJK)

Untuk diagnosis dapat dilakukan pemeriksaan di bawah ini:
• Elektrokardiografi (EKG) untuk melihat kelistrikan jantung;
• Enzim jantung, meningkat terutama saat serangan jantung;
• Tes treatmil untuk melihat kondisi kelistrikan jantung saat beraktivitas. Tes ini dilakukan pada tes EKG yang normal tetapi gejala khas dan berulang;
• Rontgen dada untuk melihat ukuran dari jantung;
• CT scan dengan angiografi koroner untuk melihat kondisi pembuluh darah jantung;
• Echokardiografi berupa pemeriksaan USG pada jantung untuk melihat fungsi jantung untuk memompakan darah dan melihat luas daerah sel jantung yang terkena.

PENGOBATAN

1. Kencing manis atau diabetes mellitus (DM) tipe 2

Penyakit ini didiagnosis apabila pada pemeriksaan kadar gula di dalam darah ditemukan melewati kadar gula darah normal. Hingga saat ini, penyakit ini belum dapat disembuhkan. Tetapi dapat dikontrol dengan mengubah pola makan, mengurangi berat badan, rajin berolah raga, dan kontrol teratur.

2. Osteoartritis (OA)

Untuk pengobatan, prinsipnya memulai terapi yang paling aman dan murah lalu ke terapi yang invasif apabila keluhan belum dapat di atasi. Pengobatan terbagi dalam 4 kategori :
• Non - farmakologi berupa olahraga untuk mengurangi berat badan, menguatkan otot, dan sendi; menggunakan tongkat untuk membantu berjalan
• Farmakologi berupa penggunaan obat - obat anti nyeri untuk mengontol nyeri. Obat yang digunakan dimulai dari obat anti nyeri paling ringan hingga ke paling kuat.
• Komplementer berupa suplementasi kondroitin dan glukosamin
• Alternatif berupa terapi akupuntur
Apabila keempat terapi tersebut gagal untuk mengontol keluhan, dapat dilakukan pembedahan mengganti sendi yang terkena. Hingga saat ini sudah dapat dilakukan penggantian terhadap sendi panggul, lutut, dan bahu.

3. Osteoporosis

Untuk pengobatan terbagi dalam
• Non - farmakologi : suplementasi kalsium dan vitamin D
• Farmakologi : obat - obatan yang mencegah proses osteoporosis, terapi hormon pada wanita post menopause

4. Penyakit jantung koroner (PJK)

Untuk pengobatan, prinsipnya adalah untuk menyelamatkan dan menjaga sebanyak mungkin sel jantung yang dapat berfungsi dengan baik. Selain itu, setelah terdiagnosis PJK perlu dilakukan perubahan gaya hidup dan melakukan penyesuaian terhadap keterbatasan yang ditemui. 


Satu Pesan saya Muh. Maszudi, S.Kep.,Ners :
Jaga Kesehatan dengan memulai hidup yang sehat
Kalau tidak kita siapa lagi?????
Kalau tidak sekarang Kapan lagi ?????

Penulis : Muh. Maszudi, S.Kep.,Ners
Lainnya : Lihat Kesehatan Desa Kembangan yang lainnnya

Haram Atau Tidak Merawat Taring Babi ?_Tanya Jawab Warga Desa Kembangan (TJ0017)


Terkadang ada seseorang yang sekedar iseng atau memang sudah hobi mengoleksi bagian tubuh dari hewan. kali ini di tanya jawab berikut akan sedikit menyinggung hukum - huhukum islam yang tentunya masih berhubungan dengan koleksi - koleksi bagian tubuh dari hewan.

Warga bertanya :

Pengen tanya kang , Saya menemukan taring babi nah kira - kira itu hukumnya haram atau tidak kalau saya rawat , sedangkan babi niku hukumnya haram?.

Kalau bulu dari babi najis nggak?

Daging kucing dan anjing sama - sama haram , kenapa kucing kok tidak najis ?

Ustad Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur Menjawab:

Taring babi itu najis , kalau ada manfaatnya ya silahkan dirawat tetapi ingat kalau taring babi itu terkena barang lain maka barang lain tersebut akan menjadi najis .

Semua bagian babi najis tanpa terkecuali dan kulitnya juga tidak bisa disucikan.

Untuk pertannyaan terakhir , Anjing najis Itu sudah ada di dalam Al- Quran , jadi tidak bisa dinalar , tetapi yang saya tahu anjing itu mengandung kuman berbahaya.
    Temukan Tanya jawab warga yang lainnya "klik"  di sini

    Cerita Seorang Pemuda Yang Ingin Menghalalkan Perzinahan (Renungan untuk kita semua)

    By admin desa kembangan
    Di sebuah desa hiduplah seorang kyai yang mempunyai santri cukup banyak, Beliau begitu berkharisma dan sangat disegani oleh masyarakat sehingga apapun yg diucapkan selalu dipatuhi oleh murid-muridnya.

    Suatu hari ketika sang kyai tersebut sedang mengaji bersama para muridnya, datanglah seorang pemuda dari kota dengan tergesa - gesa, tak lama kemudian terjadilah dialog antara pemuda dan kiyai.
    Pemuda: "Assalamu alaikum pak kyai".
    Kyai : "Waalaikum salam".
    Pemuda: apa hukumnya zina pak kiyai?
    Kyai : Haram !
    Pemuda: Pak kyai bagaimana kalau zina itu dihalalkan, biar kta lebih senang ?
     
    Mendengar pertanyaan pemuda tersebut, para santri bangkit dan mau menghajar pemuda tersebut, bahkan ada sebagian santri yg mengambil dan menghunus senjata ingin membunuh pemuda tersebut. Namun dengan bijak pak kyai bertanya pada pemuda tersebut.

    Kyai : Relakah kamu bila adikmu dizina orang ?
    Pemuda: gak rela pak kyai !
    kyai : Relakah kamu bila istrimu dizina orang ?
    Pemuda: gak rela pak kyai !
    Kyai : Relakah kamu bila ibumu dizina orang ?
    Pemuda: Gak rela pak kyai, pasti akan saya bunuh orang yang berani berzina dengan, adikku, istriku apalagi dengan ibuku.
    Kyai : Sekarang bagaimana, apakah kamu tetap ingin zina itu dihalalkan?
    Pemuda: Tidak pak kyai, aku bersumpah mulai sekarang aku adalah orang yang paling benci dengan perzinahan!

    Dari cerita tersebut bisa diambil beberapa teladan:
    1. Jangan terlalu mudah memvonis orang dengan kesalahan sebelum diklarifikasi.
    2. Berhati-hatilah dalam menghakimi seseorang, bayangkan apa yang terjadi bila pemuda tersebut langsung dimaki oleh pak kyai atau bahkan dibunuh oleh santri pak kyai.
    3. Berdialoglah dengan santun dengan setiap orang sekalipun dia tidak sependapat dengan kita
     Penulis  : Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur
     Lainnya  : Link Mimbar dakwa desa kembangan

    Friday, 24 April 2015

    Semua Yang Terjadi Adalah kehendak Allah SWT.


    السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Sebelumnya mohon maaf untuk semua teman - teman yang ada di grup ini "Cangkruk'e Desa Kembangan", sebenarnya komitmen awal saya adalah tidak ingin membahas hal yang berhubungan dengan aqidah terlalu dalam khususnya tentang taqdir , namun karena salah satu teman kita yaitu saudara Subawi menanyakannya maka agar tidak terjadi kesalah pahaman tentang takdir disini akan saya sampaikan sesuai dengan apa yang saya ketahui , semoga Allah SWT , meridloi apa yang saya lakukan dan mengampuni segala kesalahan , Amiiin

    Allah SWT , Berfirman dalam Al-Quran surat At Taubah ayat 51

    قُل لَّن يُصِيبَنَآ إِلَّا مَا كَتَبَ ٱللَّهُ لَنَا هُوَ مَوْلَانَا ۚ وَعَلَى ٱللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ ٱلْمُؤْمِنُونَ

    Artinya : Katakanlah " Sekali - sekali tidak akan menimpa kami kecuali apa yang telah ditentukan oleh Allah untuk kami , Dia adalah pelindung kami, dan hanya kepada Allah lah orang - orang beriman berserah diri ".

    Dari ayat diatas bisa diambil sebuah pelajaran sebagaimana yang diterangkan dalam tafsir ibnu kasir, bahwa manusia itu ada dalam kehendak Allah dan kekuasaan-Nya, jadi apapun yang terjadi baik itu perkara baik ataupun perkara buruk , semuanya adalah kehendak Allah atau yang biasa kita kenal dengan istilah taqdir Allah SWT.

    Dalam beberapa kitab tauhid antara lain , Kifayatul Awam karya Syaikh Muhammad Al Fadloli , Tijanuddarori karya Imam Nawai, Abdurrul Farid karya Imam An Nahrowi, Ummul Barohin karya Imam Sayyid Muhammad As Sanusi dll. Dalam bab sifat irodah (Berkehendak) dan Qudroh (Berkuasa) diterangkan bahwa : tidak akan terjadi apapun kecuali atas kehendak dan kekuasaan Allah SWT , jadi bila ada orang memeluk Islam , kafir , atau pun juga aliran - aliran yang lain semua itu adalah sudah ditentukan oleh Allah SWT.

    Didalam salah satu riwayat Rosulullah SAW, pernah menangisi kematian pamannya yang bernama Abu Tholib karena meninggal dunia dalam keadaan kafir padahal Rosulullah SAW sudah berusaha untuk mengajak pamannya untuk beriman kepada Allah SWT  tetapi mengalami kegagalan , kemudian Allah SWT, menurunkan surat Al Qoshosh ayat 56 :

    إِنَّكَ لا تَهْدِي مَنْ أَحْبَبْتَ وَلَكِنَّ اللَّهَ يَهْدِي مَنْ يَشَاءُوَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ

    Artinya : Sesungguhnya Engkau (Muhammad) tidak bisa memberi petunjuk kepada orang yang kamu sayangi tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dia kehendaki, dan Allah maha mengetahui orang - orang yang mau menerima petunjuk.

    Dari ayat tersebut bisa diambil pelajaran bahwa sekuat apapun usaha manusia untuk menunjukkan kebaikkan kepada orang lain bila Allah SWT , tidak menghendaki maka usaha tersebut tidak akan berhasil, begitu pula sebaliknya sekuat apapun usaha manusia dan juga makhluk yang lainnya untuk menyesatkan seseorang, selama Allah SWT tidak mengendaki maka usahanya juga tidak akan berhasil, Allah SWT berfirman dalam surat AL Isro' ayat 97 yang berbunyi : 

    وَمَنْ يَهْدِ اللَّهُ فَهُوَ الْمُهْتَدِ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَنْ تَجِدَ لَهُمْ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِهِ

     Artinnya : Dan barang siapa yang diberi petunjuk oleh Allah maka dialah orang yang mendapatkan petunjuk , dan barang siapa yang disesatkan oleh Allah maka sekali -kali kamu tidak akan menemukan penolong bagi mereka selain-Nya.

    Dan masih banyak lagi ayat - ayat Al - Quran yang berhubungan dengan taqdir Allah SWT , semoga kita termasuk golongan orang - orang yang mendapatkan petunjuk dari Allah SWT , Amiiin ya Robbal Alamin.

    Di sini kemudian timbul pertanyaan antara lain :
    1. Apakah orang mencuri itu juga kehendak Allah SWT ?
    2. Apakah bila orang itu ketika ditqdirkan kaya kemudian dia tidak bekerja maka dia bisa kaya dan apakah bila orang itu di  taqdirkan pandai kemudia dia tidak pernah belajar maka dia bisa pandai. ?
    3. Bila semua ditentukan oleh Allah SWT , mengapa kita harus bekerja dan berusaha ?
    4. Apakah taqdir bisa berubah?
     Jawabannya adalah :

    1. Apakah orang mencuri itu juga kehendak Allah SWT ?

    Memang benar semua yang terjadi adalah atas kehendak Allah SWT , termasuk orang mencuri , namun dalam kitab Tuhfathul Murid karya Syaikh Ibrohim Al Baijuri diterangkan bahwa dalam mengatakan tentang taqdir itu ada adabnya : bila perkara yang terjadi itu adalah kebaikan maka nisbatkanlah kepada Allah SWT, dan bila perkara yang terjadi itu adalah kejelekan maka nisbatkanlah kepada diri kita sendiri sebagaimana firman Allah SWT . dalam surat An Nisa' ayat 78 yang berbunyi :

     مَا أَصَابَكَ مِنْ حَسَنَةٍ فَمِنَ اللَّهِ وَمَا أَصَابَكَ مِنْ سَيِّئَةٍ فَمِنْ نَفْسِكَ 

    Artinya : Apa saja nikmat yang menimpamu maka itu berasal dari Allah , dan apa saja bencana yang menimpamu itu adalah karena kesalahanmu sendiri.

    Karena itu jangan sekali - kali kita melakukan keburukan dengan alasan ini adalah taqdir sebab nanti akan semakin ruwet urusannya , coba bayangkan bila ada pak polisi mau menangkap pencuri kemudian pencurinya mengatakan  " ini sudah taqdir pak polisi saya mencuri ". dan juga ada pelanggar lalu lintas ketika ditangkap maka dia mengatakan " ini adalah sudah taqdir kalau aku melanggar lalu lintas " , kalau sampai itu terjadi maka jangan salahkan polisi bila semua penjahat langsung di brondong peluru dengan alasan semua adalah ditaqdirkan oleh Allah SWT.

    2. Apakah bila orang itu ketika ditqdirkan kaya kemudian dia tidak bekerja maka dia bisa kaya dan apakah bila orang itu di  taqdirkan pandai kemudia dia tidak pernah belajar maka dia bisa pandai. ?

    Secara haqiqot semua yang ditentukan oleh Allah itu pasti terjadi , termasuk ketentuan tentang kaya dan pandai , itu juga pasti akan terjadi sekalipun kita tidak bekerja atau pun belajar , karena dalam menjadikan apapun Allah SWT , tidak butuh sebab dan perantara .

    Namun dalam sebuah cerita tentang Syaikh Abdul Qodir Jailani, diceritakan ada seorang pedagang yang akan berniaga , sebelum berniaga dia meminta izin kepada Guru dari Syaik Abdul Qodir Jailani yaitu Syikh Hammad , oleh Syaikh Hammad pedagang tersebut dilarang berangkat berniaga karena dalam pandangan bathin Syaihk Hammad pedagang tersebut akan dibegal bila berangkat berdagang , kemudian pedagang tersebut meminta izin kepada Syaikh Abdul Qodir Jailani , dan ternyata Syaikh Abdul Qodir Jailani mempersilahkan pedagang tersebut untuk berangkat berdagang , kemudian Syaikh Abdul Qodir Jailani mendoakan semoga pedagang tersebut selamat, setelah tiba waktunya pedagang tersebut  pun berangkat berdagang dan ternyata diapun tidak dibegal tetapi dia selamat di perjalanan, bahkan mendapatkan keuntungan yang melimpah , namun ketika diperjalanan saat pedagang tersebut lelah kemudian dia beristirahat dia pun tertidur dan dalam tidurnya dia bermimpi di begal.

    Dari sini bisa kita simpulkan bahwa bila orang itu ditaqdirkan kaya tetapi tidak bekerja maka dia tetap akan kaya , begitu pula orang yang ditaqdirkan  pandai tetapi tidak pernah belajar maka dia tetap akan menjadi orang pandai , namun perlu diingat bahwa kaya dan pandainya itu hanya ada dalam mimpi tapi dalam alam nyata dia miskin dan bodoh, dan antara yang terjadi di dalam mimpi manusia dan yang terjadi dalam alam nyata adalah sama menurut Allah SWT, karena Allah tidak dilalui oleh tempat dan waktu.

    3. Bila semua ditentukan oleh Allah SWT , mengapa kita harus bekerja dan berusaha ?

    Tidak satupun manusia yang mengetahui akan taqdirnya , sekalipun semua itu sudah ditentukan oleh Allah SWT , sejak jaman azali sebelum manusia itu diciptakan . Dalam hadist Arbain Nawawi diterangkan bahwa penentuan manusia itu akan menjadi orang mukmin atau kafir , jadi orang beruntung atau kah orang celaka , jadi orang kaya ataupun orang miskin itu semua sudah ditentukan ketika janin masih dalam kandungan ketika berusia kurang lebih empat bulan , nah karena kita tidak tahu bagaimana nasib kita , apakah jadi orang miskin atau kah kaya maka kita bekerja dengan harapan semoga mendapat anugerah dari Allah SWT , bila Allah memang  menghendaki kita kaya maka usaha kita akan diberi keberhasilan oleh Allah , dan bila kita memang ditaqdirkan untuk menjadi orang miskin maka usaha kita mungkin gagal tapi semua harus kita terima dengan lapang dada, karena manusia sekedar ikhtiar dan Allah lah yang menentukan.

    4. Apakah taqdir bisa berubah?

    Secara hakekatnya memang takdir tidak bisa dirubah tetapi secara syariat bisa dirubah.

    Demikian apa yang bisa saya sampaikan , apabila ada benarnya semoga Allah SWT meridhoi dan bila ada kesalahan semoga Allah SWT mengampuni , amin. Sebelum saya akhiri saya mohon kepada teman - teman tolong sebisa mungkin jangan menanyakan tentang Tauhid atau Aqidah dalam grop ini , karena bukan pada tempatnya , sebab pembahasan Aqidah itu butuh penalaran yang mendalam yang hanya bisa dilakukan dalam majlisul ilmi , dan bila ingin tanya tentang Aqidah atau Tauhid bertanyalah kepada orang secara langsung biar penjelasannya bisa lebih terperinci dan mendalam . Terimakasih .

    وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

    Penulis  : Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur

    Sumber :
    1. Mushaf Al-Qur'an
    2. Hadits Al Arba'in Nawawi
    3. Beberapa kitab Tauhid Karya Ulama Salaf
    4. Al Lujainud Dani karya Ja'far bin Husain bin Abd. Karim Al Barzanji.