Friday 23 November 2018

Urutan Keutamaan Makhluk


Masih di indahnya ngaji jarak jauh sareng ustadz Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur, Pada ngaji pada mimbar dakwa Cangkru'e Desa Kembangan. Kesempatan Kali ini Ustadz akan menyampaikan kemasan yang berjudul " Urutan Keutamaan Makhluk ".

Monggo ngaos sareng Ustadz Yusron Hasan.,,



Urutan Keutamaan Makhluk

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
بسم الله الرحمن الرحيم
وأن يعتقد أن أفضل الخلق كلهم نبينا محمد صلى الله عليه وسلم ثم الرسل ثم الأنبياء ثم الملائكة صلوات الله وسلامه عليهم ثم الصحابة رضي الله عنهم

Artinya :Dan Orang Mukallaf harus meyakini bahwa Makhluk paling utama secara menyeluruh adalah Nabi Kita Muhammad صلى الله عليه وسلم kemudian Para Rosul, kemudian Para Nabi, kemudian Para Malaikat صلوات الله وسلامه عليهم kemudian para Sahabat رضي الله عنهم

Maksudnya :
Setiap Orang Mukallaf wajib meyakini bahwa Rosulullah صلى الله عليه وسلم adalah merupakan makhluk paling mulia secara menyeluruh, dan bila diurutkan maka urutan kemuliaan para Makhluk adalah sebagai berikut :

1.      Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم
Maksudnya : Makhluk paling mulia adalah Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم mengalahkan semua makhluk termasuk para Nabi dan Para Rosul yang lain.

2.      Para Rosulعليهم الصلاة والسلام ,
Maksudnya : tingkatan ke-dua dalam kemuliaan adalah Para Rosul عليهم الصلاة والسلام, namun demikian terjadi perbedaan tingkatan secara individu di antara para Rosul عليهم الصلاة والسلام,

Rosul yang paling mulia adalah Rosul yang mempunyai gelar Ulul Azmi yang berjumlah lima Rosul dan nama mereka berdasarkan tingkatan kemuliaan adalah :
a. Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم
b. Nabi Ibrahim عليه السلام
c. Nabi Musa عليه السلام
d. Nabi Isa عليه السلام
e, Nabi Nuh عليه السلام

Untuk Para Rosul yang tidak termasuk dalam ulul azmi tingkatan kemuliaannya-pun berbeda-beda,namun kita tidak wajib mengetahuinya.

3.      Para Nabi عليهم السلام,
Maksudnya : urutan ke-tiga dalam keutamaan secara umum adalah Para Nabi yang tidak menjadi Rosul, sebagaimana Para Rosul maka kemuliaan Para Nabi-pun terjadi perbedaan secara individu  di antara mereka namun kita tidak wajib mengetahui tentang perbedaan kemuliaan di antara mereka.

4.      Para Malaikat صلوات الله وسلامه عليهم
Maksudnya : urutan ke-empat dalam kemuliaan makhluk secara umum adalah Para malaikat dan para Malaikatpun juga mempunyai perbedaan tingkatan keutamaan yang berbeda-beda yang terjadi di antara mereka.

Dari begitu banyak malaikat yang paling mulia di antara mereka adalah : Malaikat Jibril . Malaikat Mikail, Malaikat Izroil dan Malaiakt Isrofil. Sedangkan Malaikat yang lain kemuliaannya masih di bawah empat Malaikat tersebut dengan tingkatan kemuliaan yang berbeda-beda pula.

5.      Para Sahabat رضي الله عنهم
Maksudnya : Urutan ke-lima dalam segi kemuliaan makhluk secara umum adalah Para sahabat yaitu : mereka yang pernah melihat Rosulullah صلى الله عليه وسلم ketika Rosulullah صلى الله عليه وسلم masih hidup dan mereka beriman kepada Rosulullah صلى الله عليه وسلم
Dari sekian banyak Sahabat yang Paling Mulia adalah mereka yang mempunyai gelar Khulafaur Rosyidin, yaitu : Abu Bakar Ash-Shiddiq رضي الله عنه Umar Bin Khothob رضي الله عنه , Usman bin Affan رضي الله عنه dan Ali bin Abi Tholib كرم الله وجهه. Sedangkan sahabat yang lain keutamaannya masih di bawah empat sahabat tersebut dengan tingkatan kemuliaan yang berbeda-beda.

والله أعلم بالصواب
والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Penulis : Yusron Hasan bin H. Ahmad Mansur
Sumber : الرياض البديعة  karya : Syaikh Muhammad Hasbullah

No comments:

Post a Comment