Tuesday 12 May 2015

Mini Market _ Desa Kembangan


Dalam kesempatan kali ini admin sengaja menyita sedikit waktu disela - sela kesibukan admin, hanya untuk mengetik beberapa kata yang kemudian disusun sedikit rapih menurut anggapan admin ,. hehehe

Judul diatas " Mini Market " , agaknya sedikit aneh , kemudian muncul tanda tanya yang sangat besar , " Memang ada Mini market di desa kembangan ?? " sambil garuk - garuk kepala tentunya ! 

" Eeetth tunggu dulu jangan bilang gak ada  !! " ,. Sementara kita bedah dulu apa itu Mini Market , yang jelas pengawinan kata dari " Mini " dan " Market ", Mini yang berarti cilik (kecil) dan Market merupakan peken (Pasar) ,. jadi kalau di kawinkan menjadi Pasar kecil , di perjelas dengan susunan kata yang agak panjang mungkin jadi seperti ini , sebuah tempat yang kecil menjual barang yang variatif dan lengkap seperti dalam pasar , dari kapur barus (kamper) sampai kosek WC, dari buku sinar dunia sampe buku mirage (ups keceplosan merek, jadi nostalgia ) hahaha. dan lain - lain.

Setelah membedah Mini Market, ternyata ada kesamaan dengan toko klontong , atau lebih akrab di sebut warga desa kembangan dengan lijo ,. kemudian bicara persamaan " toko klontong atau lijo " dengan "Mini market",. untuk kesamaan bisa dimulai dari kepemilikan kasir ,. Mini market memiliki kasir tentunya lijo juga memiliki kasir ,. mungkin bedanya cuma kasir mini market sedikit menor dan kasir lijo apa adanya , lanjut dengan rak - rak yang terstandarisasi mini market memiliki rak - rak tentunya juga lijo mungkin dibedakan dari botekan (kotak - kotak khas lijo didepan kasir).. dan liyan liyane ,. hahahha

Karena Mini market dan Toko Kelontong (Lijo) adalah sama , maka sekarang bicara Lijo saja ok ,. " padal ujung - ujunge zo bahas lijo " (Ujung - ujungnya bahas Toko kelontong) ,. hihihihi

Dengan Toko Kelontong atau Lijo warga desa kembangan dimudahkan dalam memenuhi kebutuhan sehari - hari , tidak perlu kepasar Sekaran atau bahkan pasar Babat. ya bisa juga dibilang ngirit waktu dan sebagainnya , apalagi pada saat masak (kelo lodeh) Gak perlu nyari bumbu yang kurang ,. cukup jalan kaki dan cari apa yang dibutuhkan di mini market (lijo) terdekat ,., hehehhe

Bicara fasilitas desa yaitu Lijo , Toko Klontong , atau Mini Market Desa Kembangn , bisa kita jumpai dari RT 1 Sampai RT 7. 

Dimulai dari RT 1, kita dapat menamainnya dengan " Lijo Yu ti " yang sebelumnya di kelola oleh Hajah Tarmu selaku ibunda dari Almarhum Ibu masniati (yu ti) kemudian sekarang di manage oleh ibu Waro ( anaknya Almarhum yu ti ). ya bisa disebut juga dengan " Lijo Tiga Generasi ".

Kemudian ke RT 2, kita dapat menemui Lijo yang akrab di sebut Lijo " Wak kaji " atau "Kaji suarmi " . Kaji diambil dari sebutan Haji , karena yang mengelola adalah keluarga Bapak Haji Mansur (Suraman ) dan digawangi oleh Almarhum Hajah Suarmi . Dan sempat dikelola oleh Anak beliau yang bernama Anis. Tidak itu saja di RT dua telah dibuka juga Toko oleh Keluarga Ustadz Mad Rozi di kenal di lingkungannya dengan  " Lek Um " Atau " Mbak Um".

Lanjut ke RT 3, Sekilas RT 3 tidak ada lijo tapi setelah anda memasuki prapatan dari depan lijo wak kaji , dan lurus kearah utara akan menemukan lijo yang menghadap ke barat . sebut saja " Lijo Mar " lijo yang di kelola istri dari ketua RT 3 (Bpk Aguan) itu memang baru berdiri. sehingga banyak yang belum tahu lijo tersebut. Toko juga terdapat di RT 3 yaitu di Pojok RT 3 sebut saja " Toko Mbak Jamilah ".

Jalan ke RT berikutnya adalah RT 4 ,  di RT ini ada " Lijo Wak Masiah " Yang mengelola adalah ibu Masiah istri Almarhum Bapak Jono. Lijo yang menghadap ke arah timur ini cukup terkenal dan berdiri sejak lama . pernah juga ada " Lijo Wak ton " persis di sebelah selatan Masjid Raudlotul Fallah ,. ibunda Bapak Basori yang mengelolanya .

Nah terus ke RT 5 , RT lima terdapat Toko yang sangat besar pada eranya , yaitu " Toko Wak monsari " , toko ini tergolong menjual produk - produk yang lebih lengkap cuman bumbu dapur yang agak susah . kalau mau cari isi staples, dom dondom (jarum jahit) aneka ciki , ATK , kosmetik dan lain - lain . Dan mungkin sampai sekarang masih ada toko di blok utara RT 5 yaitu yang di kelola Bapak Maskuri dan keluarga (Petinggi dongkol).

Di RT 6 pernah ada " Lijo wak mad suli " Lijo yang menghadap ke arah selatan ini sepertinya sudah tutup . Pernah ada juga toko yang meng hadap ke SD kembangan di Rumah mas munir di sebelah timur rumah mas Arif roudli (Arip Srundeng). Oia hampir lupa terdapat lijo yang menghadap ke selatan depan rumah bapak Jugi , yang di kelola oleh Bpk Zaini dan keluarga.

Dan yang terakhir adalah RT 7 , " Lijo Asia "  lijo ini cukup mensuplay kebutuhan warga RT 7 Khususnya kebutuhan dapur. Lijo ini di kelola oleh istri dari Almarhum bpk Tarjid yaitu ibu Asia , yang di bantu oleh anaknya sekaligus ketua RT 7 yaitu sugeng bagus wijaya alias Subawy. nah di RT ini juga terdapat Toko bapak Lasmono yang persis berada di embong etan.

Itulah fasilitas Desa yang berupa Mini Market ( Lijo , Toko Klontong) yang dikelola oleh beberapa keluarga dari warga desa kembangan , Oia jika ada salah kata mohon maaf sebesar - besarnya dalam penyebutan nama atau yang lainya , jika ada yang ditambahkan monggo... Semoga semakin maju , semakin berkembang dan produk - produk yang di cari oleh warga selalu tersedia . serta selalu menjadi warna Desa Kembangan .. Amiin

.. Tumbas ..... tumbaaass, tumbaas.. dengan nada khas pembeli kecil (bocah cilik),..  marai kelingan kalo admin di suruh beli sama mbok'e sesuatu di Lijo . hikz hikz hikz hikz,., Kaangen kampung ,.,


No comments:

Post a Comment