Thursday 19 February 2015

Menjelajah Pesona Rowo _ Desa Kembangan

image by mukhsin RT 3
Indonesia banyak memiliki pesona alam , kali ini admin mengajak para pembaca berwisata menikmati indahnya alam ciptaan Allah SWT , wisata kita kali ini adalah  "Menjelajah Pesona Rowo _ Desa Kembangan".

Untuk mengisi liburan , berwisata ke rawa - rawa yang terbentang menghijau di musim penghujan seperti ini, . itu sangat mudah , pertama kita harus memiliki transportasi berupa perahu, perahu tong atau keling sama saja yang jelas harus bisa mengambang dan berjalan di atas tumpukan kangkung dan alang - alang yang mulai tinggi di permukaan air.

image by mokshen RT 3
Jika tidak memiliki perahu , pinjam saja salah satu warga desa kembangan, admin yakin di perbolehkan memakai perahunya karna warga desa kembanga baik semuanya kok. hehe. oia jangan sampai mbandrek (mbuka paksa) gembok yang sudah terpasang di perahu di dermaga The Kok ya,., hehe biar slamet saat menjelaja pesona rawa.

Disarankan anda di dampingi pemandu wisata profesional, pemandu wisata disini tidak perlu bisa beberapa bahasa asing karena di sana di jamin tidak ada outlet - outlet yang menjual produk asing,. cukup orang - orang yang biasanya bekerja di rawa  atau orang yang biasa menjelajah rawa ,. meski hanya untuk mancing atau mencari burung,. jika tanpa pemandu wisata untuk traveling pemula, alamat nyasar nggak bisa pulang ,. karena apabila sudah di tengah - tengah rawa dan pandangan terhalang ilalang yang menjulang , serta runsep (lebat) nya klorak bisa menghipnotis kita hingga bingung tujuh keliling. hehehe

image by mokhsen RT 3
Jika sudah di atas perahu perasaan semua menjadi ringan , tetapi bagi yang takut dengan air pasti spot jantung ,. hehe

Satang (dayung) pun di tancap kemudian di dorong sebagai bahan bakar alami tanpa polusi,. indah benar rawa menghijau sejuk,. suara burung seperti cikgrok dan pernjak pari menjadi musik alami menemani perjalanan kali ini.

image by Aan RT 3
Kadang kita akan melintasi jaring - jaring ikan milik warga yang sengaja di pasang, inilah hidup dimana saja bisa mengais rezki dan rezki pasti dari Allah SWT di tengah rawa sekali pun.

Nampak juga sangkar burung tikusan dan bebekan berisi telor - telor bersih yang siap menetas menjadi generasi baru bangsa burung dan para burung dewasa berlarian indah melihat perahu kita.

Saling bersautan suara mereka yang mengaret (sabit) kangkung untuk binatang ternaknya dengan jarak beberapa meter, mengobrolkan suatu hal yang ada didaratan.

image by mokhsen RT 3
Gemricik air yang di lalui badan perahu seakan menjadi obat pelepas penat saat didaratan, semakin ketengah rawa semakin sepi sunyi, semakin jauh dari kehidupan biasanya, disana kita bisa merenungkan sejenak tentang diri kita, betapa kecilnya diri ini dibandingkan luasnya rawa, betapa semakin kecilnya kita di saat kita melihat langit yang membiru diatas sana. Sungguh maha besar Allah..

Adzan terdengar mendayu merdu dari jauh , bersautan antara surau (langgar) satu dengan laiinnya, masjid pun lebih keras memanggil kita.

Tenang disaat waktu sholat tiba dan kita masih di tengah rawa, sedikit menepi gubuk - gubuk yang sengaja di bangun di pojok - pojok setiap tambak mungkin bisa kita jadikan tempat sholat dan bersantai atau makan sejenak disana. jika tambak masih milik keluarga sendiri dan sudah minta izin bisa juga kita memancing dan membakar hasil pancingan disana sebagai warna perjalanan wisata kita.

image by moksen RT 3
Angom atau berendam di titik air yang jernih pasti menciptakan relaksasi tubuh lebih fres ketitik kepala yang tegang untuk lebih santai.

Image By Aan

Fasilitas alami sudah tersedia disana, begitu juga dengan semua ciptaan Allah SWT , pasti ada manfaatnya , tinggal kita saja mampukah menemukan manfaat itu..

image by mokhsen RT 3
Nah puncak perjalanan kita adalah menunggu warna alami, pemandangan yang sangat mempesona, dari serunya berselancar dengan perahu dirawa, berintropeksi diri, merendamkan diri untuk lebih santai,. tidak kalah indahnya seperti di setiap pantai,., Sun set rawa menjadi bukti kebesaran Allah ,. lukisan yang indah membentang di sepanjang penglihatan kita,. mega merah menghiasi langit dan otomatis kagum akan ciptaan Allah SWT.

Matahari sudah terbenam, mega merah masih menjurat indah sebagai tanda waktu sholat magrib tiba, bergegas pulang sebelum adzan berhenti berkumandang karena magrib waktunya sangat singkat sekali hanya hingga mega merah sudah hilang dari pandang. Semoga kita termasuk golongan orang yang bertaqwa,., amiiin.

Seperti itu Allah menciptakan alam, dan tidak perlu jauh - jauh dan bingung mencari tempat wisata untuk mengisi liburan anda. Tanpa ongkos dan tidak boros mungkin Menjelajah Pesona Rowo _ Desa Kembangan bisa menjadi alternatifnya. Selamat mencoba,., salam warga desa kembangan,.,,
jika ingin membaca lebih banyak artikel desa kembangan klik disini!!

No comments:

Post a Comment