Friday 20 February 2015

Empat Syarat Mendapat Kebahagiaan di Akhirat


Image by arek kembangan

Assalamu alaikum warohmatullahi wabarokaahtuh,...

Alhamdulillah,., Insya Allah mulai hari jumat ini (20/02/2015) , di setiap hari jumat (insyaAllah) kita warga desa kembangan akan mendapatkan ilmu - ilmu islam melalui siraman rohani oleh ustadz yang insya Allah di bekali ilmu - ilmu yang bisa di pertanggung jawabkan di akhirat kelak.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

"Jika diserahkan urusan kepada yang bukan ahlinya maka tunggulah tibanya hari kiamat"
 
"…Merekapun ditanya lalu mereka berfatwa tanpa ilmu maka merekapun sesat dan menyesatkan"


Berdasarkan Sabda Rasulullah di atas admin mencari teman sekaligus guru, yang insyaAllah bisa menghindarkan diri kita dari kesesatan.

Karena tidak dapat di pungkiri ,., banyak pendakwa - pendakwa muda yang berkeliaran di luaran sana,. yang belum cukup ilmu sudah menjadi ujung tombak penyebaran agama islam. Apa lagi kalau bukan ahlinya dan hanya ikut - ikutan di santri kilat,. atau cuma baca - baca di mbah google,. padahal mencari ilmu salah satu syaratnya adalah waktu yang lama (Alala).  sekali lagi yang kita takutkan adalah sesat menyesatkan.

Di kesempatan kali ini guru kita Yusron Hasan Bin Mansur memaparkan Empat syarat mendapat kebahagiaan di akherat :
  1. Beriman kepada Allah SWT, ini merupakan syarat pokok untuk bahagia di akherat tetapi keimanan harus dibawa sampai mati ( husnul khotimah), semoga kita dan seluruh saudara kita diberi anugerah husnul khotimah oleh Allah SWT, amin.
  2. Berbuat kebaikan, berfungsi untuk meningkatkan derajat di akherat, jadi bila beriman tanpa berbuat kebaikan akan tetap selamat tetapi derajatnya rendah.
  3. Saling mengingatkan tentang kebenaran, ini menunjukkan bahwa menjadi orang islam itu tidak boleh individualis, tetapi harus juga memperhatikan orang lain, ingat lo.. masuk sorga itu gak ada yang sendiri - sendiri tapi berkelompok - kelompok, karena itu jangan hanya yg penting kita sendiri sudah baik, tetapi kita harus mengajak atau mengingatkan orang lain untuk berbuat baik.
  4. Saling mengingatkan untuk berbuat sabar, ini memberi pengertian kepada kita untuk saling berbagi dan saling memberi dukungan moral dalam kehidupan dan jangan pernah membiaran saudara kita sesama muslim menderita atau bersedih.
Semoga ilmu yang sudah di sampaikan oleh kang yusron hasan, bermanfaat bagi kita,. dan semoga forum / majlis kita ini mendapat barokah . amiin

Dan terakhir semoga kita meski jauh dari pesantren , jauh dari guru - guru kita, masih bisa mendapat ilmu - ilmu yang bisa di bawah sampai akhirat dan bahagia disana. Amiiiin

Penulis : Yusron Hasan Bin Mansur

No comments:

Post a Comment