Thursday 11 September 2014

"Dul - dulan" dan "Bluron"

gambar nyila google bebek slurup

Dul - dulan dan Bluron adalah permainan kali dengan mengandalkan ketangkasan berenang, jika tidak bisa berenang otomatis tidak bisa ikut permainan ini.hehe

Pada permainan ini peraturannya cukup mudah,. dan gampang dimainkan,  media permainan juga hanya dengan mencari kali yang luas dan agak dalam. rekomendasi admin untuk sekarang ya di kolam renang saja,. hehe,

Sebelum kita ke peraturan dan bagai mana cara memainkan peraturan ini admin akan sedikit mengingatkan pada para pembaca, bahwa permainan yang berhubungan dengan berenang dengan resiko tenggelam ini harus dilakukan pemanasan terlebih dahulu untuk antisipasi datangnya kram didalam air sehingga menjaga kram yang mengakibatkan tenggelam.

Nah kembali kepada peraturan permainan dul-dulan , cukup muda saja,. karena permainan ini lebih ke tangkap menangkap ya berarti pemain lebih dari satu jika banyak pemain juga lebih seru, dan sebelum permainan dimulai cari satu orang siapa yang menjadi penangkap, bisa di undi dengan pingsut atau hompimpa,. "sut jleng" atau "hompimpa alaihum gambreng",. hehe

Jika sudah ditemukan siapa yang menjadi penangkap , semua pemain membentuk lingkaran di tengah kali , terus yang menjadi penangkap berada di tengah lingkaran.

Formasi lingkaran sudah di bentuk dan mulai permainan dengan kata "Dul" pertanda siap di kejar ( mengejar dengan cara berenang.). jika pemain penangkap berhasil menangkap (menyentuh saja juga boleh) salah satu pemain maka pemain yang tertangkap harus siap menjadi penangkap menggantikan penangkap sebelumya .

Untuk pemain yang dikejar jika naik kedaratan atau mentas dinyatakan kalah / tertangkap dan harus siap menjadi pemain pengejar / penangkap.

Gambar nyila google :bocah kakean polah

Bicara Bluron bisa kita katakan bermain dikali dengan konteks lebih umum, dibanding dengan permainan dul-dulan ,. dul -dulan lebih di khususkan dari bluron dengan kata lain dul-dulan adalah salah satu permainan  bluron dikali. bluron yang sederhana hanya dilakukan dengan berenang kesana kemari tanpa pernah lelah, tertawa lepas bersama teman -teman. melepaskan galau , penat dikala itu.

Pengalaman admin tentang dul-dulan dan bluron, admin pernah bluron di kali etan RT 6, kali  yang lebih dikenal dengan kali wak nem yang fungsi sebenarnya adalah dermaga perau ngusung gabah. hari itu hari jumat pas waktu libur sekolah. admin kecil bersama teman - teman bermain disana. tanpa pernah merasa lelah ,. berenag kesana kemari . loncat dari pohon ke kali , sampai -sampai ketika menyelam "selurup" nyasar ke bengok - bengok (enjeng gondok). hehe.  padahal kali itu terkenal angker,. pohon bambu yang tumbuh di pojok kali dan kayu rembese (kayu udan) menambah seram, tetapi niat admin dan teman-teman untuk sekedar bluron dan dul-dulan tidak surut demi mendapat kegembiraan diwaktu kecil. hehehe

"Oia kadang juga ada yang iseng, ngiseng nok jero mbanyu teros diteplokno kancane, hahaha whek sorrr" tp tetep kenangan,.

Nah itu lah sekilas tentang dul- dulan dan bluron,. disarankan jangan bermain terlalu lama biar tidak capek trus kram dan tenggelam. bila perlu di kolam renang saja biar aman ada pengawas penjaga kolam... selamat mencoba.
Lihat juga permainan desa kembangan yg lain "klik"disini


No comments:

Post a Comment