Monday 7 July 2014

Pembangunan jalan program PNPM tahun 2014...

Program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM). Program ini dapat dikatakan sebagai program pemberdayaan masyarakat . Dalam pelaksanaannya, program ini memusatkan kegiatan bagi masyarakat di wilayah perdesaan. Program ini menyediakan fasilitasi pemberdayaan masyarakat / kelembagaan lokal, pendampingan, pelatihan, serta dana Bantuan Langsung untuk Masyarakat (BLM) kepada masyarakat secara langsung. Besaran dana BLM yang dialokasikan sebesar Rp750 juta sampai Rp3 miliar per kecamatan, tergantung jumlah penduduk. nah itu sekilas tentang PNPM.

Dalam tulisan ini , Admin akan memaparkan keseriusan sebuah pemerintahan desa yang kita cintai ini. pada dasarnya program  sudah cukup terorganisir dan tertata rapi, pemetaan program desa pun sudah tepat sasaran, khususnya dalam segi pembangunan desa.
 Setelah sukses dengan penataan desa, atau pembangunan desa di blok kuburan dan telogo (njar lor). pemerintah desa pada tahun 2014 ini melaksanakan pembangunan di blok utara (njar kidol), jadi admin rasa sudah terlihat jelas pembangunan yang adil dan merata.
Semangat  pemerintahan desa dalam program pembangunan sudah terwujud, untuk kesejahteraan masyarakat desa apakah sudah teratasi, mungkin dari fasilitas atau finansial yang dibutuhkan masyarakat??. nah itu semua tergantung dilihat dari sudut pandang para warga desa kembangan, beda kepala beda isi pikiran. jadi jika ada keluhan atau saran yang bisa menjadi acuan atau bisa di masukkan dalam program pembangunan berikutnya, informasi bisa di share ke kami atau langsung menemui bapak kepala desa kembangan di kantornya (balai desa).
Foto jalan diatas merupakan pengembangan jalan lurung kidol yang dulunya sungel (banyak demitnya ) dirubah menjadi jalan alternatif, untuk warga blok utara agar lebih mudah akses kemana - mana, misal dari warga RT 2 njar kidol dulu jika mau kepasar siman mesti ngerek (muter jalan) kedepan rumah bapak kades saat ini. namun saat ini dengan adanya jalan tersebut warga menjadi lebih enak melakukan perjalanan kepasar siman. dan masih banyak manfaat lainnya. oia kemungkinan jalan tembusan itu akan di kembangkan sampai kebelakang balai desa jika memungkinkan. sehingga jalan yang dimulai dari pojok rumah bapak masdar ini akan tembus ke jalan belakang balai desa dan bermanfaat untuk kita semua. namun pekerjaan ini baru sampai ke RT 2 saja , ya doanya saja , ok

Alhamdulillah, masih ada tradisi makan bersama, sebagai ciri khas warga desa kembangan. suasana diatas adalah para warga sedang menyiapkan sarapan bersama sebelum melakukan kegiatan kerja bakti. biar kerjanya gak loyo,. hehehe

 Tampak para warga desa kembangan melakukan gotong royong dengan semangat  untuk perbaikan jalan tepat di belakang rumah Almarhum bapak Supriadi (bapakne Heru, Agung & Guntoro) atau rumah Wak Mun jari.
 Nampak juga beberapa warga yang mulai lelah dan ber istirahat sejenak , sambil nunggu godho gedang sak kopine.


Wahyudin Ashar istirahat sambil tersenyum di tumpukan kercok dan wedi,. Har ojo kebablasan turu,. kerjo-kerjo., hehe 

Itulah sekilas tentang pembangunan jalan desa kembangan.. semoga maju dan tetap menjaga keasriannya., kebersamaan dan gotong royong lebih bahagian dan terlihat mudah untuk jalani hidup. semangat , salam warga desa kembangan.




No comments:

Post a Comment