Monday 7 July 2014

Kegiatan sekolah pertanian.."Penyuluhan Pertanian" di desa kembangan


Penyuluhan Pertanian adalah suatu usaha atau upaya untuk mengubah perilaku para petani, agar mereka mengetahui dan mempunyai kemauan serta mampu memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan bertani. Serta meningkatkan hasil usahanya dan tingkat kehidupannya. Penyuluhan pertanian ini merupakan suatu cara atau usaha pendidikan yang bersifat di luar bangku sekolah (non formal) untuk para petani  di pedesaan.


Ada beberapa fungsi penyuluhan pertanian yaitu:
  • Pembuka jalan bagi petani untuk mendapatkan kebutuhanya dibidang pertanian khususnya ilmu pengetahuan. ilmu pengetahuan tersebut akan menumbuhkan perubahan-perubahan dalam diri petani yang mencakup tingkat pengetahuan, kecakapan, kemampuan, sikap, dan motivasi petani terhadap kegiatan usaha tani yang dilakukan.
  • Penyuluhan pertanian merupakan jembatan antara praktek atau kegiatan yang dijalankan petani dengan pengetahuan dan teknologi yang selalu berkembang dan senantiasa dibutuhkan oleh petani.
  • Penyampaian, pengusahaan dan penyesuaian program bertani agar dapat dilaksanakan oleh petani dalam rangka mensukseskan para petani.
  • Kegiatan pendidikan non formal yang dilakukan secara terus-menerus untuk mengikuti perkembangan teknologi yang dinamis dan masalah-masalah pertanian yang berkembang.

Pada dasarnya masyarakat desa sudah paham betul dengan kegiatan bertani tetapi antusias mereka dalam  mengikuti penyuluhan nampak terlihat disana. senyum khas merekalah sebagai bukti bahwa mereka ingin menambah ilmu pengetahuan tentang bertani.

Ini merupakan foto bapak Agus dari RT 1 warga kembangan yang cukup memperhatikan demo penyuluhan yang sedang berlangsung . sekilas info selain bertani bapak agus juga berjualan mie ayam didepan rumahnya.
Nampak disana ibu penyuluh menerangkan bagaimana bertani dengan benar di era teknologi yang maju ini.
Bicara soal teknologi mengingatkan saya bahwa  sebelum ada desel atau pompa air (mungkin dulu sudah ada tetapi sewanya mahal). para petani menggunakan alat tradisional yang berupa boran di ikat di ujung bambu kemudian di rangkai sedemikian rupa sehingga berfungsi sebagai alat penciduk air dari kali sebelah sawah ke dalam petakan sawah. mungkin dengan perkembangan teknologi alat tradisional itu sudah hilang ditelan zaman. pada intinya petani harus perhatikan juga masalah pengairannya, sebab ini adalah unsur paling penting dalam pertanian. Tanpa pengairan yg baik, mustahil hasil maksimal.
Dalam frame ini ada bapak Monaser dan bapak kartaji sedang berbincang tentang penyuluhan.

Terlihat hijauh royo - royo tanaman padi yang sedang di airi membuat mata para rantau ingin segera pulang ke kampung halaman guna memanjakan mata dengan hijaunya sawah. Harapan admin semoga para peserta yang mengikuti penyuluhan bisa menyerap segala informasi pada penyuluhan kali ini . dan juga menjadi petani yang sukses seperti yang mereka harapkan. amiiin

Lihat juga Kegiatan desa kembangan yg lain "klik"disini


No comments:

Post a Comment