Friday 25 July 2014

"""Bledoran ( meriam karbet)"""


Bledoran merupakan permainan jaman dulu yang sangat unik dan sangat terlihat macho hehe. dan murah meriah tidak perlu mengeluarkan kocek yang besar, permainan ini bertujuan untuk meramaikan suasana yang sepi, dan tentunya menjadi kepuasan tersendiri bagi yang membuat dan memainkannya.
  • Banyak Pemain 
              Permainan ini lebih menarik jika dimainkan rame - rame, tetapi sendiri juga tidak kalah seru. pokoknya kalau suaranya semakin menggelegar menjadi kepuasan tersendiri.,
  • Waktu Permainan 
Permainan ini bisa dimainkan kapan saja, yang penting jangan di sebelah rumah yang sedang sakit. hari - hari besar juga biasanya menggunakan meriam ini sebagai peramai atau pemeriah suasana. ayo ramaikan idul fitri tahun dengan bledoran hehehe.
  • Alat Permainan
            Bicara soal alat permainan bledoran ini sangatlah gampang dibuat, ya tinggal nyari bumbung terus di lubangi kecil di bagian atas belakang seperti pada gambar. jangan lupa brogalan karbet buat pengapian. Air buat pengumesan (uap) karbet, obor atau korek sentel yang di gunakan untuk menyalakan bledoran dan yang terakhir adalah peluru bledoran yang di buat dari untel-untelan kresek atau kain, dililit menyerupai bola, besar peluru harus bisa menutup lubang bledoran.

tips : agar bledoran tidak gampang pecah ikat saja dengan gedebog atau rotan.

  •  Cara permainan

Setelah alat sudah disiapkan semua, kini giliran memainkan bledoran. nah permainan ini cukup praktis dan tidak harus merogo kocek yang besar. tentunya permainan ini cocok bagi anda yang tidak bisa beli mercon yang kini harganya relatif mahal.

Cara menyalakan atau memainkan bledoran ini cukup mudah, cukup sumpel ujung bledoran dengan peluru yang sudah disediakan tadi yaitu untel untelan kresek atau kain tadi.

Setelah menyumpel ujung bledoran , masukkan karbet ke tempatnya, tempat atau wadah karbet bisa dibuat dari cawek atau tutup botol dan di ikat dengan kayu sebagai pegangan (soale biasae panas).

Jika karbet sudah siap , guyur dengan air secukupnya asal bisa umes dan masukkan ke dalam bumbung bledoran lewat lubang pembuangan angin , diamkan sejenak karbet umes didalam bumbung.

Pada saat karbit di dalam usahakan jangan ada udara yang masuk atau pun keluar, tutup semua sirkulasi udara, lubang kecil diatas yang sebagai penyulut itu juga harus di tutup. pembuangan angin juga harus di tutup.,

Setelah didiamkan beberapa saat dan sudah dirasa cukup untuk pengumesan atau penguapannya, bledoran siap di nyalakan dengan membuka lubang penyulut dan membuka lubang pembuangan angin tadi.

"""duwarrrr,. "" mengglegarr suaranya,. puas lah hati yang menyalahkannya. apalagi kalau bola peluru terlontar jauh,. tak jarang terkadang hanya berbunyi ""blug"" dan lontaran cuma satu meter sak ngglindinge., suasana seperti itu yang kadang pemain guyu kemekelen,. hehehe.

Pernah juga dulu bledoran digunakan permainan perang-perangan ,. ya di bentuk dua kubu gitu,. trus bledoran sebagai senjata andalan.

Sejarah bledoran sendiri pada jaman dulu di ciptakan nenek moyang kita untuk digunakan sebagai alat menakut-nakuti para penjajah. karena suaranya yang menggelegar itu ibaratkan bom -bom tank tentara penjajah , terkadang para penjajah yang sedang menyisir daerah pemukiman warga yang mula tujuannya untuk menjarah harta benda rakyat menjadi takut dan lari terbirit-birit., hahaha
Lihat juga permainan desa kembangan yg lain "klik" disini
jika ada yang kurang monggo dikasih tambahan .,, hehe selamat mencoba..dan lestarikanlah.!!


No comments:

Post a Comment