Tuesday 5 August 2014

Pengajian Akbar " Haul V "




اَلْحَمْدُ ِللهِ الْمَلِكِ الْحَقِّ الْمُبِيْنِ، الَّذِي حَبَانَا بِالْإِيْمَانِ واليقينِ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّد،ٍ خَاتَمِ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِين، وَعَلَى آلِهِ الطَّيِّبِيِن، وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ أَجْمَعِين، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ. أَمَّا بَعْدُ


Segala puji bagi Allah, al-Malik Al-Haqq, Al-Mubin, yang memberikan kita iman dan keyakinan. Ya Allah, limpahkan shalawat pada pemimpin kami Nabi Muhammad, penutup para Nabi dan rasul, dan begitu pula pada keluarganya yang baik, kepada para sahabat pilihan, dan yang mengikuti mereka dengan penuh ihsan hingga hari kiamat.

Alhamdulillah, admin sekali lagi di beri kesehatan sehingga mampu mengangkat salah satu kegiatan warga desa kembangan yang kaya akan manfaat di dalamnya , kali ini admin mengangkat kegiatan desa kembangan yang berbentuk Pengajian Akbar " Haul V ". Kamis 31 Juli 2014 Pkl 20.00 di Halaman Makam Desa pada tahun 2014.

Tidak terasa kegiatan rutin tahunan itu sudah mencapai usia ke lima (V) . yang mena panitia istiqomah menyalurkan tenaga dan pikirannya setiap tahunnya demi kelancaran acara yang penuh berkah itu.

Admin akan sedikit menjelaskan tentang haul agar para pembaca tahu apa itu sebenarnya haul. Pengertian Haul berasal dari bahasa arab , berma'na "telah lewat atau ulang tahun" ( lewat satu tahun) Masyarakat Jawa menyebutnya "khol".

Hukum mengadakan peringatan haul, selama dalam peringatan itu tidak ada hal yang menyimpang dari tujuan sebagaimana yang di sabdakan oleh Nabi atau yang di fatwakan oleh para ulama, maka haul hukumnya Jawaz (boleh). Jadi , salah besar jika ada orang yang mengatakan bahwa secara mutlak peringatan haul itu hukumnya haram atau mendekati syirik.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dalam acara haul desa kembangan tahun 2014
  1. Sementara lihat di undangan di selebaran warna merah muda ( bagi warga desa kembangan).
  2. Rangkaian kegiatannya di mulai dari Malam khotmil Quran di makam kembangan sehari sebelum acara HAUL terselenggara . 
  3.  sambutan-sambutan, 
  4. Tahlil bersama, di pimpin KH. Asnawi Abdurrohman. 
  5.  Tausiah atau ceramah  yang di bawakan oleh KH.Ahmad Muwafiq Pengurus PBNU dari Jogjakarta.. "Ngaji Dasar2 Islam AhlusSunnah wal jama'ah dan Islam Transnasional."
  6. kemudian di tutup dengan Doa.

 Peringatan haul yang di adakan desa kembangan itu manfaatnya sangat banyak, seperti contoh ,
  1. Mampu mengumpulkan para warga untuk mempersatukan warga desa.
  2. Memberi pencerahan kepada warga melalui tausiah atau ceramah sang kiyai yang di undang.
  3. Ilmu yang manfaat baik yang sudah pernah dipelajari atau hal yang baru (bagi yang belum pernah belajar).
  4. Mengingatkan para warga yang masih hidup untuk mengingat bahwa kelak yang hidup akan mati ( karena acara di adakan di lokasi kuburan)
  5. Memberi kiriman doa untuk semua yang ada di alam kubur.
  6. Tidak hanya warga desa kembangan yang hadir , warga dari desa sebelah juga menghadiri pengajian akbar tersebut. sehingga menjadi wadah pencarian ilmu bagi warga desa sebelah.
  7. dll
Akhir kata semoga , kegiatan yang penuh berkah itu terus di adakan setiap tahunnya,. semoga para panitia, serta insan yang hadir di dalamnya mendapatkan berkah dari berkumpulnya sehingga membentuk suatu majlis " pengajian akbar ". amiin ya robbal alamiin. 

Bagi yang di tahun 2014 tidak dapat menghadiri atau dengan sengaja dan malas melangkah kan kakinya ke RT 8, kami doakan di tahun 2015 yaitu haul pengajian akbar yang ke VI bisa di hadiri dengan penuh keikhlasan ., amiin yarobbal alamiin.

Lihat juga Kegiatan desa kembangan yg lain "klik"disini

No comments:

Post a Comment