Friday 15 May 2015

Senyum Anak Adalah Penebus Segala Dosa


قال علي جاء رجل الى النبي صلى الله عليه وسلم فقال يارسول الله عصيت فطهر ني قال وماعصيانك قال استحي من ان اقول فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم اتستحي مني ان تخبرني من ذنبك ولم تستحي من الله تعا لى وهو يراك قم فاخرج من عندي حتى لاتنزل النارعلينا فخرج الرجل خائ باايسا وباكيا من عندالرسول فجاء جبريل وقال يا محمد لم ايست العا صي وله كفارة لذنوبه وان كانت كثيرة فقال رسول صلى الله عليه وسلم وماكفارته قال له صبي صغير فاذاخل في بيته والصي يستقبله فيدفع اليه شيا من الماكولات اوما يفرح به فاذا فرح الصبي يكون كفارة

Sayyidina Ali berkata : datang seorang laki - laki kepada Rosulullah SAW, kemudian dia berkata : ya Rosulullah , saya telah durhaka kepada Allah maka saya mohon kepada baginda untuk membersihkan dosa - dosaku, Rosulullah SAW kemudian bertanya : Apa kedurhakaanmu ? laki - laki itu berkata : Aku malu untuk mengatakannya , kemudian Rosulullah SAW bersabda : Engkau malu kepadaku untuk mengatakan kepadaku akan dosa - dosamu akan tetapi kamu tidak malu kepada Allah , padahal Allah melihatmu , berdirilah , dan pergilah kau dari hadapanku sehingga tidak akan turun api atas aku, kemudian laki - laki tersebut pergi dari hadapan Rosulullah dengan menyesal, putus asa dan menangis , kemudian datanglah malaikat Jibril dan bertanya kepada Rosulullah " Wahai Muhammad mengapa engkau buat putus asa orang yang telah durhaka , padahal dia itu mempunyai penebus dosa - dosanya sekalipun dosanya itu banyak", kemudian Rosulullah SAW, Bertanya kepada Malaikat Jibril " Apa yang menjadi penebus dosa - dosanya? " Malaikat berkata : " Laki - laki tersebut mempunyai seorang anak kecil , bila laki - laki tersebut masuk rumah dan anak kecilnya menyambutnya , maka laki - laki tersebut memberikan sesuatu kepada anak kecil itu baik berupa makanan atau pun apa saja yang bisa menyenangkan anak kecil itu, maka bila anak kecil itu  senang , apa yang diberikan kepada anak tersebut itu menjadi penebus dosa.

Dari hadist tersebut bisa diambil beberapa pelajaran antara lain:

  1. Manusia dilarang berputus asa atau membuat orang lain putus asa dari ampunan Allah SWT, atas dosa yang dilakukannya, karena Allah SWT itu maha pengampun.
  2. Sebesar apapun dosa yang dilakukan oleh manusia, asalkan dia mau bertobat masih bisa diampuni oleh Allah SWT.
  3. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghapus dosa - dosa kita , salah satunya adalah dengan menyenangkan hati anak kita yang masih kecil.
  4. Untuk membuat anak kecil bahagia tidaklah butuh biaya mahal cukup dengan pelukan dan ciuman kasih sayang kepada mereka, sebisa mungkin bawalah oleh - oleh untuk mereka sebagai buah tangan berupa apapun ketika kita datang dari berpergian.
  5. Membuat anak kecil tersenyum saat kita datang dari berpergian itu bisa menjadi penebus dosa - dosa kita sekalipun dosa kita sangat banyak, tetapi tentunya dosa yang berhubungan dengan haq Allah SWT.
Karena itu bila kita datang dari berpergian lebih - lebih pergi dalam waktu yang lama , maka jangan lupa untuk membawa oleh - oleh atau buah tangan untuk kita berikan kepada anak kita saat dia menyambut kedatangan kita , agar anak kita hatinya senang.

Disini bukan berarti kita harus selalu memanjakan anak - anak , tetapi mengingatkan kita bahwa anak - anak kita adalah amanat dari Allah SWT yang harus kita jaga, karena itu didiklah mereka dengan benar, nafkahilah mereka dengan nafkah yang baik, buatlah mereka selalu tersenyum bahagia, karena kebahagiaan anak kecil yang ada dirumah kita itu akan menjadi penebus dosa-dosa kita.

Bila diantara pembaca ada yang pernah membuat sedih anak kecil semoga Allah SWT mengampuni dan membuka pintu hatinya, bila diantara pembaca ada yang belum dikaruniai momongan semoga Allah memberikan anugerah seorang anak agar bisa sama -sama mempunyai kesempatan untuk menghapus dosa dengan cara membahagiakan anak - anak, bila diantara pembaca ada yang belum berkeluarga, semoga Allah memberikan kemudahan jalan untuk menemukan jodohnya, sehingga memperdekat jalan untuk mendapatkan ampunan dengan membahagiakan anak - anak , terima kasih.

 Penulis  : Yusron Hasan Bin H. Ah. Mansur
 Lainnya  : Link Mimbar dakwa desa kembangan

No comments:

Post a Comment