Friday 15 May 2015

15 Kandungan Rokok Yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan.

Image pinjam di google
Hampir setiap lapisan mengenal apa yang dinamakan dengan rokok. Banyak hal yang bisa dipengaruhi oleh rokok antara lain ; kesehatan, keuangan, kebersamaan, perpecahan, kejahatan dan lain-lain yang tak mungkin bisa disebut satu per satu.

Yang ingin saya bahas disini adalah isi atau kandungan rokok yang dapat mempengaruhi kesehatan. Dan semua orang pasti tahu kalau merokok itu tidak baik untuk kesehatan. Sering kali kita jumpai peringatan akan bahaya rokok dalam bungkus rokok, seperti dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi dan lain sebagainya. Namun pada kenyataannya, peringatan ini hanya sebagai hiasan belaka, tidak pernah dipedulikan apalagi ditaati.

Dan saat ini benar-benar menghawatirkan. Banyak anak-anak yang memakai seragam baik SMA maupun SLTP yang sudah memegang rokok. Yang lebih miris lagi ketika saya melihat anak berbaju SD memegang rokok ditanganya dengan gagahnya. Kalo menurut dia sih.

Perlu sobat ketahui, ada kurang lebih 4.000 zat kimia dalam rokok dan 40 diantaranya adalah zat kimia berbahaya. Diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. ACROLEIN adalah zat kimia dengan unsur C3H4O, zat ini berbentuk cair tidak berwarna diperoleh dengan mengambil cairan dari glyceril atau dengan mengeringkannya.dasarnya zat ini mengandung alkohol yang pasti sangat mengganggu kesehatan. Alkohol bisa menyebabkan peradangan pada liver atau hepatitis bila diserap tubuh dengan rutin dan dalam jangka waktu yang lama.
  2. KARBON MONOXIDA adalah zat dengan dengan nama kimia CO. Zat ini berbentuk gas yang tidak berbau. Zat ini dihasilkan dari pernapasan dibawa oleh hemoglobin ke dalam otot-otot tubuh. Satu molekul hemoglobin dapat membawa empat molekul oksigen. Apabila didalam hemoglobin itu terdapat karbon monoxida, berakibat seseorang akan kekurangan oksigen yang disebut Hypoksia. Bila hal ini terjadi terlalu lama akan menyebabkan kematian sel dalam otak.
  3. NIKOTIN adalah zat kimia dengan unsur C10H14N2. Nikotin adalah cairan berminyak tidak berwarna. Zat ini bisa mengganggu beberapa saraf diotak yang dapat menghambat rasa lapar. Jadi menyebabkan seseorang merasa tidak lapar karena mengisap rokok. Ini akan sangat berbahaya bagi lambung si perokok. Lambung yang kosong tanpa adanya makanan maka asam lambung bisa mengiritasi dinding lambung sehingga bisa menyebabkan gastritis atau kalau orang awam menyebutnya penyakit maag.
  4. AMMONIA adalah zat dengan unsur kimia NH3. Zat ini berbentuk gas yang tidak berwarna, terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Memiliki bau yang sangat tajam dan merangsang. Zat ini sangat cepat memasuki sel-sel tubuh dan kalau disuntikkan sedikit saja pada aliran darah akan membuat pingsan atau koma.
  5. FORMIC ACID adala zat kimia dengan unsur HCO2H. zat ini berbentuk cairan tidak berwarna, tajam baunya, bisa bergerak bebas dan dapat membuat lepuh.
  6. HYDROGEN CYANIDE unsur kimianya HCN. Zat ini berbentuk gas tidak berwarna, tidak berbau dan tidak ada rasa. Zat ini paling ringan dan mudah terbakar. Cyanide mengandung racun berbahaya dan jika dimasukkan langsung ke dalam tubuh akan berakibat kematian.
  7. NITROUS OXIDE unsur kimianya adalah N2O. Zat ini berbentuk gas tidak berwarna dan jika diisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan membuat rasa sakit. Zat ini awalnya adalah untuk zat pembius pada saat operasi.
  8. FORMALDEHYDE dengan unsur kimia CH2O. Zat ini berbentuk gas tidak berwarna dan berbau tajam. Gas ini bersifat pengawet dan pembasmi hama. Pada zaman dahulu zat ini dipergunakan sebagai sterilisasi alat medis dari karet dan kain sebelum adanya alat yang bersifat disposable seperti saat ini
  9. PHENOL dengan unsur kimia C6H5OH. Zat ini terdiri dari campuran kristal yang dihasilkan dari distilasi zat-zat organik misalnya kayu dan arang. Phenol bisa terikat didalam protein dan menghalangi kerja enzyme. Enzyme yang terganggu bisa menghalangi proses metabolism dalam tubuh.
  10. ACETOL dengan unsur kimia C2H4O2. Zat ini adalah hasil dari pemanasan aldehyde dan menguap dengan alkohol.
  11. HYDROGEN SULFIDE dengan unsur kimia H2S adalah gas yang mudah terbakar dan berbau keras. Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi berisi pigmen).
  12. PYRIDINE ; cairan tidak berwarna dan berbau tajam. Zat ini mampu mengubah alkohol sebagai pelarut dan pembunuh hama.
  13. METHYL CHLORIDE : merupakan campuran zat-zat bervalensa satu atas mana hidrogen dan karbon sebagai unsur utama. Zat ini merupakan compound organis yang sangat beracun dan uapnya bersifat sama dengan pembius.
  14. METHANOL unsur kimianya adalah CH3OH. Zat ini berbentuk cairan ringan yang mudah menguap dan terbakar. Jika diminum dan diisap dapat berakibat pada kebutaan dan kematian. Methanol juga digunakan sebagai bahan bakar roket.
  15. TAR dengan unsur kimia C6H6. Zat ini berupa cairan kental berwarna coklat tua atau hitam didapatkan dengan cara distilasi kayu dan arang juga dari getah tembakau. Zat inilah yang menyebabkan kanker paru-paru.

Itulah sedikit dari ribuan zat kimia yang terkandung dalam rokok. Sekarang semua terserah kita. Kesehatan adalah nikmat yang tak terkira. So apa salahnya jika kita menjaganya sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap yang memberikan kesehatan kepada kita.

Penulis : Muh. Maszudi, S.Kep.,Ners
Sumber : Dikutip dari berbagai sumber oleh Muh. Maszudi,S.Kep.,Ns

No comments:

Post a Comment