Tuesday 26 May 2015

"Obrolan Sehat _ Cangkru'e Desa Kembangan"


Pada halaman ini admin akan mengemas obrolan warga Desa Kembangan dalam Artikel yang berjudul "Obrolan Sehat _ Cangkru'e Desa Kembangan" , semoga bermanfaat . Monggo lanjut di baca ...

Beberapa waktu yang lalu di suatu Cangkru'e Desa Kembangan , bapak Syarif Hidayat beserta bapak Maszudi memperbincangkan sesuatu yang sangat bermanfaat dan patut untuk di perhatikan serta kemudian sangat di anjurkan untuk di aplikasikan.

Obrolan dimulai dari Bapak Syarif Hidayat yang mengharapkan, " bahwa sucofindo dan BPOM itu harus ekstra keras nyambot gawenya (untuk bekerjanya), karena kualitas makanan dan minuman yang beredar dan di kosumsi bangsa ini adalah sudah sangat memiriskan. Dari penggunaan pupuk kimia untuk pertanian hingga zat adiftif untuk makanan sehari - hari. Dinas / UPT kesehatan atau puskesmas  atau tenaga kesehatan sudah seharusnya memberikan pendidikan pemahaman tentang dasar - dasar kesehatan kepada masyarakat , kalau terjadi pembiaran maka jangan heran kalau sekarang di masyarakat muncul penyakit yang aneh - aneh karena pola dan menu makanan yang tidak sehat untuk dikonsumsi." _ dikutip dari obrolan Cangkruke Desa Kembangan (CDK).

Selang beberapa saat Bapak MasZudi mewakili dari tim Promkes PKM menanggapi hal yang dikemukakan oleh bapak Syarif Hidayat, Seperti yang di kutip dari CDK " Kami dari Tim Promkes PKM Sekaran setiap saat , bukan hanya tentang makanan saja tetapi kesehatan lingkungan (kesling) penyakit yang berbasis dilingkungan , bahwa saya sendiri ketika rapat lumbung dibalai desa selalu menyempatkan untuk menyampaikan informasi bahwa kualitas produksi pangan kita rendah karena penggunaan zat kimia, tetapi semua sekarang kembali ke masyarakatnya ".

Tidak hanya forum seperti rapat di balai desa , tetapi dengan adanya grup CDK , Mas Zudi anak kebanggaan Bapak Munari , mengharapkan media unik itu bisa dimanfaatkan untuk berkampanye tentang hidup sehat dengan pola yang sehat pula.

Setelah menerima tanggapan dari Bapak Maszudi , Kemudian Bapak Syarif Hidayat , menambahkan kegalauan dan kemirisan tentang kemirisan jajanan anak - anak sekolah yang di jajakan di lingkungan sekolah. berikut ungkapan beliau di kutip dari obrolan CDK , " Bapak Mas Zudi , Matur sembah nuwun atas kinerjanya selama ini bersama kawan - kawan. Ada semacam kegalauan sekaligus kemirisan tentang konsumsi jajanan anak - anak sekolah yang ada dan dijajakan di lingkungan sekolah , anak - anak sejak dini setiap hari mengkonsumsi jajanan yang kurang sehat bagi perkembangan / pertumbuhan anatomi tubuh mereka karena pengaruh zat adiftif yang terdapat di makanan tersebut . Ada semacam kekhawatiran karena semakin menumpuknya zat - zat adiftif ini yang nantinya kelak akan menimbulkan potensi penyakit berupa bom waktu , dimana anak - anak itu  kelak setelah beranjak dewasa di usia produktif sudah terjangkit penyakit yang aneh - aneh karena faktor pola / menu makanan yang dikonsumsi sehingga khawatir mereka tidak bisa produktif lagi untuk membangun diri, keluarga , daerah dan bangsa .
Dan untuk para penjaja makanan jangan di hardik karena mereka juga lagi cari makan untuk anak -istrinya (keluarga) tetapi para penjaja harus di beri pengetahuan dan pemahaman akan pengaruh negatif zat - zat adiftif itu apabila dipakai dalam makanan sehingga tidak hanya memburu dolar (untung) saja tetapi menghiraukan aspek kesehatan konsumen..
Dari pihak konsumen juga dididik untuk kritis terhadap makanan - makanan yang tidak sehat, tidak hanya memburu enak rasanya saja tetapi berdampak membahayakan bagi dirinya kelak atau tidak.
Kampanye dan kontrol rutin ke sekolah - sekolah , pondok - pondok pesantren , ke para penjaja makanan (Produsen makanan), kelompok -kelompok , komunitas dalah hanya salah satu cara melindungi generasi ini dari lembah penyakit. dan mungkin indonesia sehat dimulai dari sini bukan dari kartu sehat ".

" Dan nikmat Tuhan yang hampir setara dengan iman adalah nikmat sehat ,. sebagaimana yang sering diucapkan oleh para pendakwa ". Tambah dari seorang mantu bapak munawi RT 2 itu.

Kemudian Bapak Zudi meng - iyakan apa yang dijelaskan bapak Syarif H. dan melanjutkan perbincangan yang sehat , Bapak zudi menjelaskan beberapa tim yang turun secara rutin dalam kutipan berikut " Makanya selama ini tim kami sudah turun secara rutin kesekolah , tim yang turun terdiri dari ahli Gizi PKM, Programer Kesling, Programer UKS, Programer Promkes, dari PKM , Kami mengadakan kegiatan mulai dari penyuluhan , pemeriksaan kantin sekolah lingkungan sekolah dan lain - lain ,. itulah upaya kami. " _ dikutip dari obrolan CDK

" Yang tidak kalah pentingnya adalah peran orang tua ketika memberikan makanan pagi , karena sepertinya sepele tetapi makanan pagi sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh anak , sehingga berawal dari diri kita sendiri ". Tambah bapk zudi.

Itulah obrolan yang sehat , obrolan yang mengarah kepada masalah yang penting , kemudian dikupas dengan perlahan , tidak serta merta angkat tangan meninggalkan masalah yang terkupas , tetap muncul pemecah masalah , yaitu solusi yang insya Allah akurat tidak merugikan sebagian pihak.

Sekali lagi semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca , semoga kita selalu di beri kesehatan yang berarti ,. tidak hanya sekedar sehat ,., yaitu sehat yang digunakan untuk ibadah kepada Allah SWT ,. Amiiin.

Penulis : Admine dewe
Sumber : Obrolan di Cangkru'e Desa Kembangan , Syarif Hidayat  ,  Muh. Maszudi, S.Kep.,Ners

No comments:

Post a Comment