Wednesday 27 May 2015

Dokumentasi Penyuluhan Kesehatan



Di halaman artikel ini , admin mengemas sedikit dokumentasi dari kegiatan yang dilakukan dari Tim Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Puskesmas Sekaran (puskismas berdomisili di desa kembangan), mulai dari penyuluhan tentang gizi, kesehatan lingkungan (kesling), pemeriksaan Tempat Tempat Umum ( TTU ) dan Depot Air Minum ( DAM), Posyandu Balita dan Lansia, Pemeriksaan kantin sekolah hingga pemeriksaan anak sekolah yang dilakukan baik oleh tim Puskesmas maupun kader kesehatan yang ada di desa.

Berikut beberapa dokumentasi yang berhasil kami kemas , semoga bermanfaat dan menjadi motivasi bagi kita semua untuk selalu hidup sehat .

Pemeriksaan Jentik oleh kader kesehatan desa kembangan Ibu Susiati ibu dari Ifan Putune Mbah Muchtar
Tampak Bu susi istri dari bapak senden Hamid, Ibu dari Ifan Putune Mbah Muchtar sebagai salah satu kader kesehatan yang ada di desa kembangan. Pemeriksaan Jentik yang dilakukan oleh Ibu Susiati memiliki beberapa sasaran seperti tempat penyimpanan air yang berpotensi bisa di gunakan sebagai sarang nyamuk seperti bak mandi , ember , gentong , padasan , genuk , dll. Tidak hanya memeriksa beliau juga memberi penyuluhan kepada masyarakat tentang kesehatan dimulai dari lingkungan rumah.


Penyuluhan tentang Bahaya Rokok di MTs.... Oleh Muh Maszudi, S.Kep.,Ns
Nampak penyuluhan tentang Bahaya Rokok di MTs.... Oleh Muh Maszudi, S.Kep.,Ns .  Seperti di artikel sebelumya bapak zudi memberi penjelasan bahaya merokok dalam artikel yang berjudul " 15 kandungan Rokok Yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan "  , kurang lebih isi dari penyuluhan juga sama dengan artikel tersebut. tidak hanya itu beliau juga nemperhatikan kesehatan lingkungan sekolah yang lainnya.

Penyuluhan tentang Gizi anak sekolah Oleh Bapak M. Nasir, Amd.Gz
Penyuluhan tentang Gizi anak sekolah Oleh Bapak M. Nasir, Amd.Gz , meliputi seberapa penting menjaga kesehatan , dan menjelaskan beberapa dampak buruk tentang kekurangan gizi. serta memberi motivasi kepada anak sekolah untuk selalu memakan makanan yang bergizi . 


Pemeriksaan kantin sekolah oleh Bpk Kasbu, SKM
Pemeriksaan kantin sekolah oleh Bpk Kasbu, SKM , kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan lingkungan sekolah sehat , dan juga pembinaan sekolah sehat.

Nampak balita sedang di imunisasi oleh tim posyandu
Posyandu Balita Desa Kembangan  , Kegiatan ini rutin di laksanakan oleh tim posyandu untuk membantu masyarakat mengontrol kesehatan buah hatinya , hal yang di lakukan adalah imunisasi balita dan timbang berat badan .

Penyuluhan ttg Kesehatan Gigi Balita oleh drg Ernaningrum Ditta Yuniarti.....
Penyuluhan tentang Kesehatan Gigi Balita oleh drg Ernaningrum Ditta Yuniarti... meliputi pemeriksaan gigi balita , kemudian pemberian gambaran kepada setiap orang tua bagaimana dan seperti apa gigi yang sehat bagi balita .

 Posyandu lansia olehTim Promkes UPT Puskesmas Sekaran yg dikoordinir oleh Bpk Sugiyono, Amd.Kep

Tidak hanya Posyandu balita , Posyandu lansia juga tidak ketinggalan , kegiatan tersebut di lakukan oleh Tim Promkes UPT Puskesmas Sekaran yang dikoordinir oleh Bpk Sugiyono, Amd.Kep. yang berfokus pada pelayanan kesehatan yang sesuai kebutuhan lansia.

Pemeriksaan Depo Air Minum Oleh Bpk Kasbu, SKM...
Pemeriksaan Depo Air Minum (DAM) Oleh Bpk Kasbu, SKM... , kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang tertuju pada inpeksi sanitasi DAM, dan pengambilan sampel air yang kemudian di kirim ke laboratorium , yang di uji meliputi , fisik air , apakah ada kandungan kimia , dan bakteriologi. 
Penyuluhan kepada Bumil persiapan persalinan dan kesehatan ibu hamil oleh Bidan UPT Puskesmas Sekaran.....
Dan yang terakhir adalah Penyuluhan kepada Bumil tentang persiapan persalinan dan kesehatan ibu hamil oleh Bidan UPT Puskesmas Sekaran...

Itulah sedikit gambaran , beberapa orang yang masih peduli akan kesehatan  , yang berdampak pada individu satu dengan yang lainnya sehingga sinergi menciptakan keharmonisan dan keselarasan dalam bentuk kesehatan , baik dari lingkungan rumah , sekolah , dan lingkungan lainnya.

Semoga kemasan kali ini memberi dorongan pada kita semua , untuk selalu hidup sehat ,. kalau sudah sehat,  gunakan kesehatan kita untuk ibadah kepada Allah SWT. Amiin.

Penulis : Admine dewe
Sumber : image / dokumentasi,  Muh. Maszudi, S.Kep.,Ners

No comments:

Post a Comment