Wednesday 3 September 2014

"Cetokan"



Semasa kecil admin dulu siapa yang nggak kenal permainan ini,. kalau jaman sekarang mungkin sudah sebagai benda asing.
Pertama admin akan menjelaskan bagaimana cara membuat cetokan ,. oia tapi mungkin desa kita akan kehilangan permainan ini,. bagaimana tidak rimbunan bambu blok bagian utara desa sudah di ratakan dengan tanah alias habis dan dalam wacana di tahun-tahun yang akan datang menyusul blok selatan. padahal bahan bakunya adalah bambu, hemmzt jangan bersedih kalau bisa kita harus tetap lestarikan permainan ini walau hanya dalam kenangan.

Kembali ke pembuatan cetokan, pertama ambil alat pemotong seperti , pisau , aret , calok , graji,. pokok yang penting bisa buat motong bambu,. kemudian ke mburitan atau mbarongan,. kemudian cari tangkai bambu yang dirasa pas,. dan potong satu sap (uku) bambu.

Dirasa bahan sudah siap, kemudian potong menjadi dua seperti gambar di atas, potongan pendek yang ada bonggolnya di jadikan gagang cetokan,. kemudian yang potongan panjang dengan lubang di dua sisinya adalah sebagai badan cetokan.

Setelah proses potong memotong tinggal membuat  alat pendorong , yaitu rautan bambu kecil panjang seperti gambar diatas yang akan di tancapkan di bonggol, oia pada saat dimasukkan ke badan cetokan jangan melebihi badan cetokan karena hasilnya tidak akan maksimal.

Nah tinggal cara memainkannya, permainan ini cukup mudah dimainkan , biasanya menggunakan rendaman (kum-kuman) kertas sebagai peluru,. pertama masukan peluru yang sudah di siapkan lalu pukul isi di lubang peluru supaya rapat (udara tidak bisa keluar, hasil makin maksimal). oia permainan ini bisa di mainkan jika ada dua pluru di dalamnya . yang pertama dimasukan  sebagai peluru yang dilontarkan dan peluru yang kedua sebagai tenaga pendorong.
 Bermain dalam keceriaan isi , dorong gagang dan berbunyi cletok - cletok,. seru bukan hehehe

Permainan ini bisa  juga dimainkan beramai - ramai untuk di bagi menjadi 2 tim dan bermain tempur tempuran,.. atau hanya buat iseng diri sendiri,. cletak - cletok bunyinya asheek. hehe,. ati ati ya kena mata teman,.

selamat mencoba....
Lihat juga permainan desa kembangan yg lain "klik"disini

No comments:

Post a Comment