Friday 29 August 2014

Jalan Jalur Air Desa Kembangan

jalan jalur air sebelah utara desa kembangan
 Alhamdulillah admin masih diberi kesehatan yang tidak ternilai sehingga pada hari di mana admin menulis artikel ini admin tetap bersyukur kepada Allah SWT. "Alhamdulillah..."

Kali ini admin mengajak para warga desa kembangan pada umumnya, lebih khususnya para pembaca yang kali ini sedang luangkang waktu untuk membaca tulisan ini yang mana admin ingatkan pada semua  untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitar desa kembangan.

Pada kesempatan ini admin mengangkat tentang jalan jalur air desa kembangan sebagai pokok pembahasan dalam pelestarian lingkungan.

Pada saat pengambilan foto tentang jalan jalur air alias nggolongan admin sedikit tersentuh karena kali mulai terlihat dangkal. dan pohon bambu di sepanjang jalur itu di tumbangkan yang tidak tahu apa tujuannya penebangan rimbunan bambu yang memberi kesan teduh itu.

Saran admin jagalah kelestarian lingkungan di sekitar jalan jalur air tersebut , dengan menggali atau memperdalam kali . untuk subtitusi rimbunan bambu yang terlanjur ditebang habis, bisa di ganti dengan pohon yang lain, selain memberi keteduhan dan kesejukan juga menjadi serapan air hujan serta menjaga tanah sebelah kali tidak longsor atau jugrug. 

"oia sebenarnya hidupnya bambu di sepanjang jalan jalur air sangatlah berfungsi sebagai benteng masuknya angin besar yang mengancam perumahan warga, jadi cari solusi penggantinya"


jalan jalur air _ nampak jembatan kecil penghubung sawah dan desa
Nampak jembatan kecil yang sengaja dibangun untuk penyebrangan warga ke sawah lore omah, Jalan jalur ini cukup panjang , dimulai dari bong kembangan embong kulon sampai bong kembangan embong etan. dan sebenarnya fungsi dari sungai ini banyak sekali. misal:
  1. Seperti yang kita bahas sebelumnya menjadi jalan alternatif melalui jalur air, biasanya para petani memanfaatkan ini sebagai transportasi pengusungan gabah dari sawah ke rumah warga.
  2. Sebagai tempat mandi warga sekitar
  3. Sebenarnya juga menjadi salah satu nadi irigasi dari air rawa ke sawah etan desa
  4. Sarana memancing dan lain-lain
Sampai disini dulu sekilas tentang jalan jalur air dan fungsinya, kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikan. Ayo jaga lingkungan kita sejak dini.

No comments:

Post a Comment